Minggu, 30 Juni 2019

Berapa Besarnya Pahala Shalat di Masjid Quba?


Pada saat berkunjung ke tanah suci untuk beribadah maka tak ada salahnya jika Anda mengunjungi sebuah Masjid yang bernama Masjid Quba yang mana merupakan sebuah masjid yang terletak di tepi dari Kota Madinah, tepatnya berada 3 km di arah selatan pada Masjid Nabawi. Perlu Anda ketahui bahwasannya Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW.

Pada saat setelah Masjid ini berdiri, maka Rasulullah SAW menjadi imam pada saat melaksanakan shalat yang dilaksanakan secara berjamaah yang sifatnya secara terbuka bersama dengan para sahabatnya di Masjid Quba’ yang mana kiblatnya mengarah kepada Masjid Al-Aqsha. Masjid Quba’ yang berada pada sebuah kawasan perkampungan yang bernama Quba.Jika Anda bertanya dalam hal jarak dari Kota Madinah menuju ke Masjid Quba’ yaitu sekitar 3 kilometer dari arah selatan. Nah, Anda harus mengetahui sejarah singkat dari Nama Quba’ yaitu diambil dari nama sebuah telaga yang mana terletak di tempat itu. Masjid yang memiliki bentuk persegi empat ini dan juga memiliki kawasan yang tergolong sangat luas yaitu diperkirakan memiliki ukuran mencapai 5.035 meter pada saat sekarang ini.


Jika dilihat dari sejarah Islam, maka Rasulullah SAW selalu menyempatkan untuk berkunjung dan pergi ke Masjid Quba’ pada setiap hari Sabtu dengan cara menaiki unta ataupun dengan cara berjalan kaki. Adapun Rasulullah SAW pergi ke Masjid Quba ini pada setiap hari Senin dan juga Kamis. Rasulullah SAW pernah bersabda yang berbunyi, “Barang siapa yang telah bersuci (berwudhu) di rumahnya,maka  kemudian ia mendatangi Masjid Quba kemudian ia shalat sebanyak dua rakaat, maka ia akan memperoleh sama seperti halnya memperoleh dengan pahala umrah.” Hadist ini diriwayatkan oleh ibn Majah, no 1412.

Dalam hal pelaksanaannya, tak terdapat ketentuan-ketentuan khusus pada saat melakukan salat tertentu, Anda dapat melakukan shalat sunah seperti halnya tahiyatul masjid, shalat dhuha ataupun shalat-shalat sunah lainnya. Dikarenakan akan kehebatannya inilah Allah SWT mengabadikannya dalam kitab Al-Quran dalam surat at-Taubah ayat 108:

“Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang suka membersihkan diri, dan Allah menyukai orang-orang yang membersihkan diri”.
Dari berbagai sumber telah disebutkan bahwasannya Masjid Quba telah mengalami renovasi dan juga di perluas oleh Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi. Sehingga masjid ini pada saat sekarang ini telah berubah apabila dibandingkan pada saat zaman Rasulullah SAW. Di katakan pula bahwasannya Masjid Quba’ pernah mengalami renovasi dan juga perluasan pada masa Raja Fahd ibn Abdul aziz pada tahun 1406 Hijriyah dengan mengeluarkan biaya sebanyak RS 90 juta. Masjid ini dapat menampung para jama’ah mencapai 2.000 jama’ah.

Masjid Quba yang memiliki pintu sebanyak 19 pintu dengan jumlah 3 pintu utama. Dua pintu yang digunakan untuk masuk para jama’ah laki-laki, satu pintu lainnya lagi digunakan untuk pintu masuk bagi jama’ah yang berjenis kelamin perempuan.Di sebelah utaranya dibuat semacam serambi yang digunakan untuk tempat shalat yang mana dengan menggunakan bertiang pohon kurma, beratap yang datar dari pelepah dan juga daun kurma, bercampurkan dengan tanah liat. Di tengah-tengahnya terdapat ruangan yang terbuka yang biasanya disebut dengan sah di tempat tersebut juga terdapat sebuah sumur yang digunakan untuk tempat wudhu. Akan menjaga kebersihan dari Masjid inipun terjaga maka cahaya matahari dan juga udara bisa masuk dengan leluasa dan sehat untuk Anda semua.

Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya pada saat Anda sholat di Masjid Quba maka akan memperoleh pahala seperti orang yang melaksanakan ibadah umrah. Dengan melihat sejarah yang kaya dari masjid ini maka tak ada salahnya jika Anda berada di tanah suci pada saat juga berkunjung ke masjid ini memperbanyaklah melakukan kegiatan ibadah seperti halnya sholat sunah, berdzikir, membaca qur’an dan ibadah lainnya yang memperbanyak pahala Anda.

Semoga dengan Anda membaca artikel singkat dari kami ini membuka pengetahuan dan wawasan Anda supaya megetahui betapa besarnya pahala yang dapat diperoleh pada saat Anda melaksanakan ibadah di masjid quba. Semoga juga pada saat Anda pulang ke tanah air mendapat gelar mabrub, penulis memohon maaf jika terdapat banyak sekali kesalahan dalam menyampakaian materi ataupun terdapat kata-kata yang sulit untuk pembaca pahami, sebab kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata dan kesalahan serta kekurangan hanya datangnya dari penulis. Demikianlah ulasan tentang Masjid Quba ini kita bahas semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua, Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.


0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html