Sabtu, 01 Juni 2019

Edukasi Safety Riding di SMKN 01 Mempawah Hilir


PONTIANAK Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Apa kabar sahabat – sahabat deguh dimanapun kalian berada? Semoga selalu sehat ya dan semangat puasanya. Pada artikel kali ini penulis akan membahas seputar dunia otomotif.

PT. Astra International, Tbk – Honda selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Kalimantan Barat terus berupaya untuk dapat meningkatkan tingkat kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara dikalangan pelajar sekolah.  Pada kesempatan kali ini, tim safety riding Astra Motor berkesempatan untuk dapat berkunjung ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 01 Mempawah Hilir  yang menjadi sasaran edukasi safety riding kali ini, bertepat pada tanggal 29 Mei 2019 di ruang Aula Sekolah.


Masih diselimuti suasana Ramadhan, Astra Motor mengusung tema #Cari-aman Demi Kecerdasan Bangsa. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadikan generasi muda sebagai duta keselamatan berkendara. Kegiatan edukasi safety riding kali ini pun menjadi prioritas Honda dalam mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan Pelajar khususnya para pelajar di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding mengungkapkan bahwasannya kegiatan Edukasi Safety Riding for High School merupakan kegiatan yang secara rutin diselenggarakan oleh Honda. Kegiatan positif ini merupakan sebuah upaya untuk bisa memberikan berbagai macam pemahaman kepada para pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan metode #Cari_Aman. Diharapkan dari kegiatan seperti ini akan melahirkan duta-duta safety riding baru yang memiliki semangat dan menjadi tauladan yang baik bagi generasi muda lainnya.


“Dengan semangat Satu HATI, kami sangat berharap para generasi muda Indonesia akan menyadari bahwa mengenakan perlengkapan keselamatan berkendara bukan hanya untuk keselamatan. Akan tetapi, bisa menjadi bagian dari gaya hidup. Helm dan jaket tidak hanya akan membuat aman pada saat berkendara, tetapi juga dapat membuat penggunanya terlihat lebih menarik, keren dan stylish,” ujar Dony.

Kegiatan edukasi safety riding ini tentunya mendapat apresiasi setinggi-tingginya dari pihak Sekolah yang di kunjungi . Hal ini dikarenakan sangat jarang sekali ilmu safety riding ini yang di dapatkan oleh para pelajar di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah. Apalagi kegiatan ini bisa menjadikan para siswa dan siswi menjadi semakin sadar akan pentingya keselamatan berkendara pada saat di jalan raya.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memupuk kesadaran untuk mematuhi segala peraturan dan rambu lalu lintas. Serta menyadari bahwa semua aturan di jalan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan setiap pengguna jalan khusus nya di Kabupaten Mempawah,” ujar  Pak Erin selaku Guru Sekolah.

Pada kesempatan kali ini tim safety riding astra motor mengawali edukasi dengan memberikan contoh video kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian dari para pengendara, pemahaman sejumlah faktor penyebab kecelakaan, dan kerugian yang dialami apabila terjadi kecelakaan.

Dony Adrian, juga menjelaskan bahwa terdapat faktor-faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, misalnya saja Faktor kendaraan.  Maka dari itu, pada saat sebelum berkendara, pengendara sudah seharusnya memastikan apakah kendaraan yang digunakan sudah fit. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Selanjutnya tim safety riding astra motor memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik berkendara yang aman, postur tubuh yang baik, pemahaman rambu-rambu lalu lintas, hingga memperkenalkan tagline #Cari_Aman saat naik motor dengan gaya khas anak muda.


Jika ada pihak sekolah maupun instasi pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding maka dari itu bisa menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor .

Dony Adrian (Hp. 085249819160).
Pontianak, 30 Mei 2019
PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak


0 comments:

Posting Komentar