Sabtu, 05 Desember 2020

Tips Merawat Motor Honda BeAT Fuel Injection

 

Kehadiran motor sangat mmebantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dan salah satu tipe motor yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah motor matik. Betapa tidak, motor matik mempunyai keunggulan dalam kemudahannya untuk dikendarai karena tidak perlu memainkan gigi dan kopling, ditambah lagi dengan bentuknya yang trendi serta lebih ramping dibandingkan jenis motor lainnya. Sebut saja motot matik Honda BeAT dengan teknologi Fuel Injection (FI).

Maka tidak mengejutkan jika motor matik sekelas Honda BeAT FI ini paling banyak dipilih oleh para perempuan dan anak muda kekinian. Namun sayangnya, dua kelompok itu sering kali kurang perhatian terhadap perawatan motot matik sehingga berpotensi membuat kinerja motor matik tidak optimal dan akan menurun. Selain itu, motor Honda BeAT jika tidak terawat dengan baik dapat memicu kerusakan berbagai onderdil sehingga akan memaksa Anda untuk menguras isi kantong untuk memperbaikinya.

Sebagaimana pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal inipun berlaku juga dalam perawatan moto matik Honda BeAT FI. Merawat motor matik dengan baik merupakan langkah yang sangat bijak serta menguntungkan jika dibandingkan harus memperbaiki berbagai bagian motor yang rusak dan harus diganti. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor matik Honda BeAT FI agar performa mesinnya selalu optimal dan tidak gampang rusak.

1. Memanaskan Mesin Motor Setiap Pagi Hari Sebelum Dikendarai

Perawatan utama motor matik Honda BeAT FI yang pertama adalah memanaskan mesin sebelum digunakan atau dikendarai, biasanya pada pagi hari. Langkah ini sangat mudah dan simpel sekali untuk dilakukan. Namun pada kenyataannya masih banyak yang menyepelkan dan melupakannya. Padahal hal kecil ini sangat penting peranannya. Pasalnya, mesin motor Honda BeAT FI dipanaskan agar berbagai komponen seperti oli dan area mesin yang lain juga membutuhkan persiapan sebelum bekerja guna menghasilkan tenaga pada motor. Memanaskan mesin motor pun tidak perlu lama-lama dan tidak melebihi dari 5 menit. Perubahan suhu mesin Honda BeAT FI yang terjadi secara perlahan ini akan membuat performanya tetap prima dan komponen mesin pun menjadi lebih awet.

2. Lakukan Servis Berkala Secara Rutin di Bengkel Resmi

Seperti halnya jenis motor lainnya, Honda BeAT FI pun perlu diservis secara berkala. Hal ini bertujuan agar kinerja motor tetap dalam kondisi terbaik. Selain itu juga untuk mengatasi jika saja Anda memiliki keluhan terhadap motor matik Anda. Umumnya, servis berkala untuk Honda BeAT FI dilakukan sekaligus dengan penggantian oli mesin atau pelumas, yakni setelah mencapai jarak tempuh 2.000 km. Pastikan Anda melakukan servis secara rutin di bengkel resmi untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Ketika Anda menyervis motor di bengkel resmi, maka biasanya juga akan diperiksa berbagai hal penting lainnya, seperti aki dan kelistrikan, pengapian busi, serta kualitas belt dan lainnya.

3. Pilih Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bahan bakar terbaik untuk motor matik Honda BeAT FI adalah yang memiliki oktan tinggi di atas 90. Bahan bakar yang berkualitas semacam ini akan membuat pembakaran terjadi dengan sempurna sehingga sistem injector pun bisa maksimal kinerjanya. Sementara itu jika Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah, maka mesin Honda BeAT FI akan menjadi kasar dan tarikannya pun terasa berat. Ditambah lagi dengan munculnya kerak di sistem injeksi yang pada akhirnya bisa saja menyebabkan kerusakan.

4. Jangan Lupa Periksa ECU

Pada motor matik dengan sistem injeksi termasuk Honda BeAT FI, umumnya diotaki oleh Electronic Contro Unit (ECU). Jika ada gangguan pada ECU, maka sistem injeksi motor Honda BeAT FI Anda tidak akan bekerja dengan baik. Akibatnya, motor Anda bisa mogok dan tidak mau jalan. Karena itulah ECU ini perlu diperiksa secara rutin dan ada baiknya Anda lakukan di bengkel resmi untuk menghndari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Lakukan berbagai tips perawatan motor matik Honda BeAT FI di atas, sehingga motor Anda akan selalu terjaga performanya dan tidak suka rewel ataupun gampang rusak.

0 comments:

Posting Komentar