Selasa, 01 Desember 2020

Tips Menemukan Toilet di Masjidil Haram

 

Pada saat kita baru berkunjung ke suatu tempat yang kita baru pertama kali ke tempat tersebut maka hal yang sangat wajar apabila mengalami kebingungan dan juga tak hafal akan daerah tersebut. Begitu juga pada saat Anda berkunjung pertama kali ke Mekkah pastinya memiliki kendala akan suatu tempat yang baru kita datangi. Mungkin Anda telah mengetahui bahwa area utama dari Masjidil Haram tidak terdapat toilet. Anda diharuskan berjalan ke luar untuk dapat menemukannya. Ada baiknya Anda mengenali lokasi-lokasi sekitae dan mengetahu mencari toilet terdekat agar tak berputar-putar mencarinya.

Pada saat menjelang puncak dari ibadah haji, Masjidil Haram pada setiap harinya akan semakin padat. Berbagai macam Jama’ah yang datang dari berbagai macam Negara untuk menunaikan ibadah kepada Allah SWT. Dengan ramainya jama’ah ini pastinya dengan otomatis toiletpun ramai dipenuhi orang-orang yang membutuhkan toilet. Maka dari itu Anda  wajib memahami mengenai titik-titik lokasi toilet agar Anda tidak mengalami kesusahan dan salah jalan, karena pada saat sekarang ini proyek perluasan masih dapat dikatakan berlangsung, sehingga tidak semua akses jalan itu terbuka.

Sangat berbeda dengan toilet , tempat berwudhu di Tanah Suci memang lebih mudah di jumpai dan di akses serta di temukan akan keberadaanya. Lokasinya dapat Anda jumpai di pelataran, halaman masjid, di dekat jalan menuju area sa'i .  Jika Anda kebelet buang air kecil atau buang air besar , ada baiknya Anda mengetahui titik-titik lokasi toilet supaya tak salah jalan dan mudah menemukannya.  Berikut ini kami akan memberikan semacam tips dan trik untuk Anda menemukan toilet-toilet di dekat lokasi Anda berada , Penasaran? Yuk simak ulasan singkatnya:

1. Dari arah Ajyad

Jika Anda tiba dari arah terminal Ajyad ataupun RS (Rumah Sakit) Ajyad, maka Anda dapat menemukan sebuah toilet berukuran besar yang sangat terlihat jelas untuk Anda jumpai tepatnya berada di sebelah kiri menjelang pintu utama dari Masjidil Haram. Tulisan WC akan terpampang sangat jelas dengan adanya gambar sebagai penandatoilet ini. Tak usah khawatir disini terdapat toilet pria dan juga wanita .

Nah, apabila toilet ini penuh, Anda dapat mencari alternatif toilet lain yaitu yang berada di tower zamzam. Di dalam mal ini, mulai dari lantai dasarnya terdapat toilet untuk Anda yang berjenis kelamin laki-laki tepatnya berada di area mal sebelah kanan, dan bagi para wanita areanya berada di mal sebelah kiri, ataupun jika penuh juga Anda dapat menemukan toilet lagi pada lantai atasnya .

2. Dari arah Misfalah

Kedua adalah jika Anda tiba dari arah Misfalah, lalu merasa butuh akan kehadiran toilet untuk Buang Air Besar ataupun Buang Air Kecil maka Anda dapat menemukan toilet dengan cara keluar dari dalam masjid melalui gerbang utama King Fahd, maka ada baiknya pula Anda mencari toilet yang ada di bawah tanah. Posisinya berada di depan hotel Hilton dan juga Dar Al Tawhid. Anda juga harus memperhatikan bahwa jangan sampai tertukar dengan jalur bawah tanah yang menuju ke area penjemputan. Perhatikanlah logo serta tulisan WC dan juga gambar penanda toilet untuk pria ataupun wanita. Karena toilet bagi kaum pria dan kaum wanita nyatanya terpisah serta jaraknya yang sangat jauh .

3. Pada saat Anda berada di lokasi Sa'i

Apabila Anda tengah berada di lokasi sa'i dan pada saat itu hendak menuju ke toilet maka Anda tak perlu berjalan ke luar dalam hal ini menuju gerbang utama dari King Fahd sebab Anda dapat menemukan toilet dengan keluar melewati pintu Marwah kemudian berjalan sekitar kurang lebih jarak 100 meter menuju ke arah bangunan yang akan terpampang tulis WC. Di area lokasi toilet ini juga terpisah antara toilet pria dan wanita, sehingga Anda perlu memperhatikan akan gambarnya supaya tak salah memasuki toilet .

Bagi Anda para pria di Masjidil Haram Anda tak akan menemukan toilet untuk buang air kencing yang berdiri. Semua toilet memanglah menggunakan media pintu begitu juga dengan di Makkah dengan demikian terkadang antrean yang adapun tergolong panjang. Nah, kami akan memberikan sedikit tips nih untuk Anda pada saat mengantre yakni ada baiknya Anda tidak menunggu antrean di luar lorong, akan tetapi masuk ke dalamnya lalu menunggu di depan pintu toilet tersebut supaya memperoleh giliran yang lebih cepat. Disarankan pula Selain ada baiknya Anda memasuki toilet pada saat sebelum masuk jam-jam sibuk sebab pada saat jam-jam sibuk biasanya toilet akan ramai.

Demikianlah tips yang dapat kami sampaikan untuk Anda semoga bermanfaaat!

0 comments:

Posting Komentar