Minggu, 06 Desember 2020

Penyakit yang Harus di waspadai Ketika Menunaikan Ibadah Haji Atau Umroh

 

Pada saat Anda memutuskan untuk dapat berangkat ke Tanah Suci Mekah untuk dapat menunaikan Ibadah Haji dan Umroh nyatanya akan membutuhkan kesehatan fisik yang sangat baik supaya dapat menjalankan ibadah dengan tergolong sempurna. Stamina dan juga daya tahan fisik sangatlah dituntut untuk selalu baik sebab rukun -rukun ibadah, baik itu ibadah haji ataupun umroh, akan dapat menguras tenaga Anda sehingga bisa menyebabkan yang namanya kelelahan. Selain rukun- rukun ibadah yang nyatanya membutuhkan kekuatan dan kesehatan fisik, cuaca yang tergolong ekstrem di tanah suci Mekah juga menjadi macam  yang tergolong lumrah bagi para jama’ah haji maupun umroh. Kelelahan, ditambah lagi dengan cuaca yang tergolong ekstrem yang tak biasa bagi para jama’ah ternyata bisa mengakibatkan kondisi tubuh Anda menjadi menurun dan juga daya tahan tubuh pun akan menurun juga. Menurunnya daya tahan tubuh ini akan mempermudah penyakit-penyakit menyerang Anda. Apabila Anda telah jatuh sakit, maka tentu untuk dapat melakukan setiap rukun ibadah akan terasa tak nyaman. Oleh sebab itu, perlu yang namanya perhatian besar bagi seluruh jama’ah haji ataupun jama’ah umroh untuk dapat selalu menjaga kesehatan tubuhnya.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang haruslah Anda waspadai pada saat berada di tanah suci agar Anda dapat mengantisipasinya:

1. Dehidrasi

Pertama adalah tentunya masalah dehidrasi yang akan sering dialami oleh para jama’ah haji dan umroh pada saat berada di tanah suci. Telah kita ketahui bersama bahwasannya cuaca pada saat berada di tanah suci pada siang hari yang sangatlah terik serta proses ibadahnya yang akan banyak menguras stamina akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan kandungan air. Untuk dapat mengatasinya, Anda bisa membawa botol yang berukuran kecil untuk dapat menampung air zamzam yang sangat mudah Anda temui pada saat berada di tanah suci Mekah dan Anda dapat mengonsumsinya pada saat sebelum melakukan kegiatan yang akan menguras tenaga, memperbanyak mengonsumsi air putih pada setiap harinya, dan juga usahakan membawa dan menggunakan payung jika dirasa suhu pada saat itu sangat panas. Anda bisa juga mengonsumsi buah- buahan yang kaya akan kandungan cairan, seperti halnya buah apel, jeruk, pir, kiwi, dan juga buah semangka.

2. Pusing Kepala

Pusing yang mana biasanya disebabkan oleh karena kurangnya kandungan oksigen ke otak serta kurangnya dari cairan tubuh yang disebabkan oleh dehidrasi. Untuk dapat mencegahannya tentunya Anda harus dapat meningkatkan kandungan cairan di dalam tubuh Anda, seperti halnya untuk dapat mencegah dehidrasi, yakni dengan cara memperbanyak mengonsumsi air putih dan juga memperbanyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak sekali cairan. Bisa pula Anda melakukan gerakan-gerakan dan juga pijatan yang bisa memperbaiki sistem sirkulasi darah ke otak sehingga dalam hal pengiriman oksigen ke otak akan menjadi jauh lebih lancar.

3. Diare

Diare merupakan sebuah penyakit yang sangat berkaitan dan berhubungan dengan tingkat kebersihan dan juga makanan. Untuk dapat menghindari dari penyakit yang satu ini Anda harus menghindari mengonsumsi makanan yang bisa merangsang lambung, seperti halnya makanan-makanan asam berasa dan juga pedas, serta Anda harus memastikan kebersihan dari makanan yang akan Anda konsumsi.

4.Flu

Flu adalah salah satu penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang mana disebabkan oleh virus. Penyakit Flu adalah penyakit  yang sering dialami oleh para jama’ah haji dan umroh. Penyakit yang satu ini bisa Anda atasi dengan cara memperbanyak minum obat dan juga mengonsumsi vitamin. Akan tetapi, ada baiknya Anda melakukan pencegahan yaitu dengan cara selalu menggunakan masker yang dilembabkan untuk dapat menutupi area hidung dan juga mulut Anda. Melembabkannya bisa dilakukan dengan cara dibasahi dengan menggunakan air. Lalu bisa juga dengan cara memperbanyak mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan gizi , vitamin dan juga cairan, seperti halnya sayuran dan juga buah – buahan, susu, madu, minuman hangat, dan juga  zam-zam.

5. Maag

Maag adalah sebuah penyakit yang mana produksi asam lambung tergolong berlebihan. Maag bisa disebabkan oleh karena faktor makanan ataupun faktor kejiwaan para penderitanya. Para penderita yang telah pernah memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya Anda sangat disarankan untuk dapat menghindari megonsumsi makanan -makanan yang bisa merangsang produksi asam lambung Anda berlebih, seperti halnya makanan yang berasa pedas, berasa asam, kopi, dan juga minuman yang mengandung soda. Kepekaan lambung masing-masing orang terhadap setiap jenis makanan itu nyatanya berbeda – beda. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu makanan jenis apa yang sangat dapat berpengaruh pada kambuhnya penyakit maag yang Anda derita itu. Selalulah membawa obat maag kemana pun Anda bepergian dan juga lakukan semacam pijatan secara  lembut di area perut dan juga pinggang untu dapat meredakan keluhan sakit maag tersebut .

0 comments:

Posting Komentar