Selasa, 15 Desember 2020

Manfaat Umroh atau Haji di Usia Muda

 

Umroh merupakan ibadah suci yang hanya dapat dilakukan dan dikerjakan di tanah suci Mekah. Banyak sekali orang yang mana memiliki sebuah pendapat bahwasannya ibadah suci seperti halnya Umroh dan juga Haji hanya dilakukan pada saat usia telah tergolong tua. Tak jarang banyak sekali anak muda yang sangat jarang memiliki semacam keinginan untuk dapat beribadah ke tanah suci Mekah dengans alah satu alasan mereka takut sebab belum memiliki persiapan yang matang. Mereka beralasan bahwasannya ibadah suci nyatanya membutuhkan banyak sekali biaya, keimanan yang tergolong kuat, dan juga belum siap sebab amalan baiknya yang tergolong kurang. Hal-hal ini pada biasanya telah menjadi semacam alasan pada saat seorang anak muda ditanya mengapa tak mau menunaikan ibadah Umroh ataupun menunaikan ibadah Haji pada saat usia muda. Padahal ibadah Umroh dan juga melaksanakan ibadah Haji pada saat usia muda memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan. Berikut ini alasan-alasan mengapa Anda harus melaksanakan Umroh pada saat usia masih muda :

1. Stamina yang masih kuat

Usia muda merupakan usia yang mana tubuh manusia ini mencapai suatu titik kondisi yang tergolong sangat prima. Pada saat usia muda kekuatan fisik serta stamina yang lebih kuat dibandingkan pada orang tua maupun anak-anak. Diketahui bahwasannya ibadah Umroh akan membutuhkan kondisi fisik dan juga stamina yang sangat kuat sebab ibadah Umroh memiliki rukun yang tergolong banyak. Salah satu rukun dari ibadah Umroh yang sangat menguras stamina yakni tawaf yang mana akan mengelilingi Kabbah. Bukan hanya itu, terdapat pula  rukun Umroh yang mengharuskan untuk dapat bolak-balik untuk mengerjakan Sa’i di Bukit Shofa hingga ke Marwah dan juga akan berdesakan demi dapat mencium atau menyentuh Hajar Aswad. Hal-hal ini tentunya akan membutuhkan stamina yang sangat banyak .

2. Tenaga yang dapat membantu sesama

Dengan mengingat Ibadah Umroh banyak sekali dilakukan oleh orang-orang yang tergolong berusia lanjut atau berusia tua.  Maka banyak sekali orang tua yang mana memiliki fisik yang tergolong lemah , akan tetapi mereka tepat untuk dapat melakukan ibadah Umroh. Anda sebagai anak muda yang melakukan ibadah Umroh yang tentunya memiliki fisik dan juga stamina lebih berkualitas dibandingkan dengan para orang tua tersebut. Dengan kelebihan fisik Anda inilah yang tergolong  prima maka bisa Anda gunakan untuk dapat membantu orang tua tersebut pada saat mereka berada dikesusahan. Jika Anda melakukan ini dengan niat yang tulus Insya Allah akan memperoleh imbalan dari Allah SWT pahala yang besar . Aamiin .

3. Berkaca akan kehidupan ditanah suci

Pada saat Anda melaksanakan ibadah Umroh maka Anda akan memperoleh pelajaran dan melihat bagaimanakah semacam kehidupan masyarakat Islam yang berada di tanah suci Mekah. Mulai itu dari kehidupan sehari-hari mereka seperti halnya dalam hal berdagang, beribadah, dan lain sebagainya. Hal ini akan memberikan sebuah pelajaran mengenai bagaimana kehidupan yang di ajarkan oleh agama Islam. Pada saat telah memasuki waktu adzan dan adzan dikumandang maka seluruh masyarakat akan meninggalkan segala macam bentuk aktivitasnya untuk dapat segera menuju ke masjid. Hal ini akan memberikan semacam pelajaran yang sangatlah berguna untuk dapat mengintrospeksi diri Anda wahai anak muda. Keadaan kehidupan di tanah suci Mekah bisa memberikan sebuah perubahan positif bagi hidup Anda .

4. Membantu menentukan jalan hidup

Pada saat Anda sedang berusia muda hal itu adalah kondisi usia dinama kondisi jiwa Anda akan berada pada masa “kegalauan”,. Dimasa ini Anda akan sering merasa bimbang dalam hal menentukan kemanakah arah dari jalan hidup Anda. Dengan Anda melakukan ibadah haji maupun umroh le tanah suci Mekah guna memenuhi panggilan Allah SWT bisa menjadi semacam pilihan yang sangat tepat untuk dapat menentukan dalam hal jalan hidup Anda dimasa muda. Berserahlah diri kepada Allah SWT mengenai kebimbangan yang ada didalam hidup Anda dan Insya Allah Anda bisa menemukan pentunjuk dari Allah SWT mengenai jalan jalan hidup Anda .

5. Memberikan dampak positif

Melaksanakan Ibadah Umroh pada saat usia muda bisa memberikan semacam dampak positif bagi hidup Anda. Hal ini dikarenakan pada saat sebelum Anda melakukan ibadah Umroh pastinya Anda akan berusaha untuk dapat memperbaiki diri supaya layak untuk berkunjung ke tanah suci Mekah dan menjadi tamu Allah SWT . Usaha untuk dapat memperbaiki diri ini akan membuat dampak yang positif bagi hidup Anda. Bukan hanya itu , pada saat Anda telah selesai melakukan ibadah Umroh maka terdapat semacam kebiasaan pada saat sebelum Umroh dan juga pada saat Umroh akan terbawa ke kehidupan mu yang baru ini. Hidup Anda akan menjadi jauh lebih baik pada saat setelah melakukan ibadah Umroh di tanah suci. Anda secara perlahana akan menjauhi segala bentuk larangan nya dan akan menjalankan segala macam bentuk ajarannya.

Itu dia manfaat dalam hal melaksanakan ibadah umroh dan haji diusia muda, semoga Anda termotivasi Aamiin...

0 comments:

Posting Komentar