Minggu, 06 Desember 2020

Hikmah Menunaikan Ibadah Umroh Sesuai dengan Sunnah

 

Setiap umat Muslim yang ada didunia ini tentu saja menginginkan untuk dapat ke tanah suci Mekah baik itu untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Telah mencatisemacam cita-cita dari kita semua untuk dapat menjadi tamu Allah SWT berkunjung ke Baitullah. Tentunya jika kita memiliki kesempatan untuk dapat kesana pastinya akan dimanfaatkan sebaik mungkin dan akan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dalam hal melaksanakan ibadah umroh tentu saja para Jama’ah akan merasakan semacam hikmah dalam hal melaksanakannya. Hikmah Umroh ini diantaranya ialah:

  1. Hikmah umroh yang paling pertama adalah sebagai media untuk menghapus dosa dan juga untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT. Disebutkan sebagai penghapus dosa dan juga pengampun dosa, hal ini dikarenakan terdapat didalam sabda Rasulullah Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW berkata : “Antara satu ibadah umroh dengan umroh yang lain merupakan penghapus dosa dari dosa dan kesalahan yang diperbuat diantara keduanya” (H.R Mutafaq’alaih). Menunaikan ibadah Umroh dengan cara hati yang ikhlas dan juga niat yang tulus pastinya Jama’ah yang melaksanakannya akan memperoleh akan hikmah Umroh ini.
  2. Penenang hati dan juga pikiran bagi para Jama’ah yang melaksanakannya. Jama’ah yang mana pada kesehariannya berada di rumah, pastinya selalu akan mengalami permasalahan pada rutinitas keseharian Anda. Umroh merupakan sebuah ibadah yang tempatnya tak berada di rumah. Maka dari itu rutinitas keseharian bisa dihentikan terlebih dahulu dalam kurun waktu beberapa hari. Sehingga, pikiran dan juga permasalahan yang muncul pada saat berada di tanah air akan terhenti dalam kurun waktu beberapa hari.
  3. Selanjutnya adalah Ibadah umroh bernilai pahala yang sangat besar. Umroh tentu saja berpahala besar sebab ibadahnya yang jarang dilakukan dan juga ibadah nya dilakukan dengan perjuangan kemampuan rohani ,jasmani, ilmu pengetahuan, dan juga dengan segi biaya untuk dapat melaksanakannya yang tak kecil pula. Maka Allah SWT menggantinya dengan cara memberikan pahala yang tergolong besar. Akan tetapi hanya orang-orang yang melaksanakan ibadah Umroh dengan memiliki niat dan ikhlas serta tuluslah yang akan memperoleh hikmah dari ibadah Umroh ini. Mengerjakan ibadah umroh dengan hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT.
  4. Umroh merupakan sebagai salah satu media cara untuk dapat berdakwah. Orang-orang yang telah menjalankan ibadah umroh, tentu saja akan memiliki pengetahuan mengenai ibadah umroh. Apa yang dilihat dan juga dirasakan oleh para jama’ah, maka secara otomatis akan menambah sebuah pengalaman hidup dan juga akan mampu menambah ilmu pengetahuan dan juga ilmu pengetahuan ini akan bisa dibagikan kepada orang-orang yang berada disekitar Anda.
  5. Yang kelima adalahsebagai media untuk dapat menambah ketaqwaan serta untuk memantapkan tingkat keimanan. Orang yang melaksanakan ibadah umroh nyatanya akan merasa takjub sebab bisa melihat kebesaran dari Allah SWT dan juga perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam hal membangun serta menjaga kota yang sering dikunjungi oleh umat Islam yang ada diseluruh penjuru dunia ini (Kota Mekah). Hikmah dalam hal melaksanakan ibadah Umroh yang satu ini tekadang membuat Anda menjadi terharu bagi yang sangat merasakannya.
  6. Selanjutnya adalah sebagai media untuk dapat mengurangi sifat keburukan serta kedzaliman diantara sesama umat manusia ataupun dengan makhluk Allah lainnya. Sebab orang yang melaksanakan ibadah umroh pastinya ingin sempurna ibadahnya dihadapan Allah SWT . Oleh sebab itu, sifat keburukan dan juga kedzaliman akan terlatih dengan cara sendirinya sebab jama’ah akan melakasanakan umroh untuk dapat beribadah bukanlah untuk yang lainnya.
  7. Terakhir adalah sebagai sebuah media untuk bersilaturahmi antar sesama umat manusia. Hikmah dalam hal melaksanakan ibadah umroh yang satu ini, tentu akan dirasakan oleh para jama’ah pada saat berada di tanah suci Mekah. Sebab semua manusia dari berbagai macam negara yang berbeda akan suku, bangsa, ras, dan juga lainnya akan berkumpul dalam satu tempat dengan memiliki niat yang sama yakni untuk beribadah kepada Allah SWT.

Itu dia hikmah-hikmah jika Anda menunaikan ibadah umroh semoga Anda dapat menunaikan ibadah umroh dengan selamat dan memperoleh hikmah-hikmahnya Aamiin...

0 comments:

Posting Komentar