Jumat, 04 Desember 2020

Ganjaran Pahala Jika Sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

 

Sholat merupakan sebuah ibadah yang sangat wajib dan harus dilakukan oleh seluruh umat muslim. Pada saat Anda berada di tanah suci Mekah baik itu untuk melakukan ibadah umroh ataupun ibadah haji, pastinya Anda secara otomatis akan melakukan sholat di Masjidil Haram dan juga di Masjid Nabawi. Jika Anda melaksanakan Sholat dikedua tempat ini maka Anda akan mendapatkan semacam rasa kebanggaan dan juga rasa syukur terhadap Allah SWT. Ditambah lagi kedua tempat ini merupakan tempat yang tergolong besar dan juga memiliki arsitektur bangunan yang megah. Apabila Anda berada ditanah suci Mekah namun tidak melakukan sholat pada kedua tempat ini maka sungguh sangat amat disayangkan. Hal ini dikarenakan Pahala Sholat di Masjidil Haram dan juga di Masjid Nabawi yang sangat besar.

Akan tetapi, bukan hanya sholat yang sifatnya wajib saja, namun sholat yang sifatnya sunnah pun banyak sekali para jama’ah yang melakukannya pada saat berada di tanah suci Mekah terutama di tempat yang terkenal yakni Masjidil Haram dan juga Masjid Nabawi serta mereka tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini.  Sebab pada saat mereka berada disana, semua pahala yang berbentuk amalan Sholat di Masjidil Haram dan juga di Masjid Nabawi, maka pahala Anda akan dilipatgandakan lebih banyak dari pada sholat di masjid lainnya yang ada didunia ini. Baik itu ibadah sholat wajib ataupun sholat sunnah. Hal ini telah dijelaskan didalam sebuah hadits dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda : “Sholat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 sholat di masjid lainnya selain di Masjidil Haram. Sholat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya” (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah No. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Dikatakan oleh Syaikh Al Albani bahwa hadits ini shahih. Lihat shahih At Targhib wa At Tarhib No. 1173).

Bukan hanya  pahala Sholat pada saata berada di Masjidil Haram dan juga di Masjid Nabawi yang bisa Anda peroleh, tak sebatas dikedua tempat ini. Bahkan ternyata diseluruh Kota Mekah pun juga akan memperoleh pahala yang sama yakni dilipatgandakannya. Sebab di dalam Al Qur’an danjuga  As Sunnah telah dijelaskan bahwasannya seluruh Kota Mekkah ialah Masjidil Haram. Untuk kaum wanita yang sedang berada di hotel Kota Mekah juga berlaku dilipatgandakannya pahala ini. Namun, beribadah apapun terutama melaksakan sholat yang Anda lakukan pada setiap harinya haruslah dengan tujuan niat utama yakni niat untuk mengerjakan ibadah hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT. Masjidil Haram dan juga di Masjid Nabawi, biasanya sangatlah sepi dari para Jama’ah yang berjenis kelamin wanita. Hal ini diKarenakan sebaik-baik ibadah sholat bagi para wanita lebih baik dilaksanakan di rumah, hotel, ataupun di penginapan dan pahala yang akan di peroleh Insya Allah akan sama dengan pahala Sholat yang Anda lakukan di Masjidil Haram dan juga Masjid Nabawi.

0 comments:

Posting Komentar