Selasa, 15 Desember 2020

Cara Sederhana Merawat Motor Baru Honda Milikmu

 

Saat memiliki motor baru yang telah lama Anda inginkan tentunya Anda merasa sangat senang, ingin segera mengendarai dan mencoba performanya. Tidak hanya memakai, motor baru perlu juga dirawat agar lebih awet dan performanya tetap bagus. Inilah beberapa tips untuk merawat motor baru Anda. Apapun tipe motornya, apakah bebek, matik ataupun motor sport sekalipun, lakukan beberapa hal di bawah ini agar motor Anda lebih awet.

1. Panaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Panaskan motor sebelum digunakan, biasanya dilakukan saat pag hari setelah mesin motor mati semalaman. Panaskan motor tidak lebih dari 5, karena memanaskan motor lebih dari 5 menit hanya akan membuang bahan bakar Anda. Dalam waktu 5 menit itu mesin sudah cukup hangat dan biarkan suhu meningkat secara alami ketika digunakan. Hal sederhana ini membantu motor Anda menjadi awet lebih lama.

2. Hanya Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Untuk motor-motor terbaru khususnya keluaran Honda, sudah didesain dengan teknologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik andan perlu menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90. Bahan bakar beroktan tinggi menjadikan pembakaran dalam mesin berjalan sempurna dan tidak menyisakan kerak pada injector sehingga mesin jadi lebih awet.

3. Hindari Membawa Barang Bawaan Melebihi Kapasitas Motor Anda

Perlu Anda ketahui beban maksimal sepeda motor adalah antara 120 – 130 kg. Beban yang berat membuat tekanan pada ban yang bertambah, kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas maksimalnya. Jika sangat terpaksa membawa beban melebihi kapasitas maksimal sebaiknya tidak dipakai terlalu jauh, karena selain memberatkan kerja ban dan mesin juga memberatkan kerja shockbreaker motor Anda.

4. Manfaatkan Layanan Servis Gratis dengan Baik

Ketika Anda membeli motor baru, biasanya Anda akan memperoleh 4 kali jasa layanan servis gratis. Untuk servis gratis ini tanggal servis sudah ditentukan. Selama periode servis gratis ini sebaiknya Anda gunakan sebaik mungkin. Selain jangan sampai terlewat Anda juga harus jeli, jika merasa ada yang tidak beres dengan motor Anda segera laporkan saat servis.

5. Sering-sering Bersihkan Motor

Membersihan motor dapat dilakukan dengan cara mencuci ataupun mengelap. Pembersihan motor ini tidak hanya berguna menjaga tampilan motor agar enak dipandang saja, tetapi juga membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau pada kanvas rem. Ketika mencuci motor biasakan menggunakan shampoo motor agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu juga semprotkan air dengan kencang pada bagian berdebu agar tidak menimbulkan goresan saat digosok. Untuk bagian roda, Anda bisa membersihkannya dengan sikat lembut dan kecil seperti sikat gigi agar dapat menjangkau bagian celah kecil. Saat musim hujan, segera cucilah motor setiap habis kehujanan karena air hujan sifatnya cenderung asam dan dapat menimbulkan karat yang akan membuat bagian yang terbuat dari besi cepat keropos. Setelah dicuci, segera keringkan motor agar tidak menyisakan bercak putih pada body motor dan lanjutkan dengan silicon agar lebih mengilap.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Papaan sinar matahari secara langsung dan sering menyebabkan retakan pada kaca spedometer dan juga membuat warna body motor menjadi kusam dan memudar. Usahakan untuk mencari tempat yang teduh saat parkir atau gunakan mantel penutup agar motor terlindung dari paparan UV secara langsung.

Itulah 6 cara sederhana merawat motor baru yang bisa Anda lakukan di rumah. Perawatan secara rutin akan membuat motor lebih awet, tidak gampang rusak dan performa tetap maksimal.

0 comments:

Posting Komentar