Kamis, 10 Desember 2020

Cara Merawat Motor Honda CBR 150 Agar Performa Mesinnya Tetap Terjaga

 

Motor sport memang didesain sedemikian rupa hingga dapat memberikan kesan manly dan sporty sekaligus. Tak heran banyak pria dari berbagai kalangan usia memilih motor sport untuk digunakan sebagai transportasi harian. Diantara sekian banyak jenis dan tipe motor sport yang beredar di pasaran, Honda CBR 150 adalah salah satu yang memiliki jumlah penjualan yang cukup tinggi di Indonesia. Honda CBR 150 ini banya dijadikan pilihan karena desainnya memberi kesan elegan, dinamis, dan sporty. Tidak hanya tampilannya, jika dilihat dari spesifikasi mesin yang diusungnya juga kuat dan bertenaga. Nah keunggulan lainnya adalah Honda CBR 150 yang satu ini juga hemat biaya, karena dengan produk Honda lainnya motor ini cenderung irit bahan bakar dan mesinnya juga berkualitas sehingga lebih awet. Dengan segala keunggulan yang dimiliki Honda CBR 150, sangat disayangkan apabila perawatannya tidak dilakukan dengan tepat. Bagi anda pemilik Honda CBR 150 berikut adalah cara merawat Honda CBR 150 agar performa mesin tetap terjaga:

1. Panaskan Mesin Setiap Pagi

Honda CBR 150 memiliki mesin dengan kapasitas besar. Jika dipaksa bekerja setelah mesin dingin cukup lama seperti saat malam hari, akan membuat kinerja mesin menurun dan performa tidak maksimal. Maka sebaiknya panaskan mesin saat pagi hari sebelum motor dibawa berkendara. Panaskan mesin selama 5 – 10 menit agar suhu mesin naik secara perlahan sebelum dipakai berkendara. Saat memanaskan cukup nyalakan mesinnya, Anda tidak perlu menggeber gas karena justru dapat memicu kerusakan pada mesin.

2. Servis Secara Rutin

Seperti halnya motor bebek dan motor matic, motor sport Honda CBR 150 juga perlu dirawat dengan melakukan servis secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi motor secara keseluruhan, mengganti oli dan mengganti sparepart yang sekiranya dibutuhkan. Dikarenakan servis berkala dilakukan bersamaan dengan penggantian oli, maka sebaiknya dilakukan setelah motor menempuh jarak sejauh 2.000 km, atau jika tidak terpenuhu anda dapat melakukannya dalam jangka waktu 2 hingga 2,5 bulan. Jangan lupa utnuk menyampaikan keluhan jika sekiranya ada yang lupu dari pengamatan mekanik yang melakukan servis. Biasakan servis di bengkel resmi Honda.

3. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Honda CBR 150 adalah salah satu produk unggulan Honda. Salah satu kelebihannya sepeda motor ini sudah menggunakan mesin dengan sistem fuel injection (FI). Yaitu motor yang memiliki sistem pembakaran terkomputerisasi sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Kinerja injektor ini akan menjadi maksimal motor diisi dengan bahan baka beroktan tinggi. Penggunaan bahan bakar deroktan diatas 90 ini akan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada mesin sehingga motor dapat bekerja lebih halus dan bertenaga. Bahan bakar ini juga mampu mengurangi timbal yang biasanya mengendapdan menjadi kerak pada mesin.

4. Selalu Memeriksa Kelistrikan

Pada sepeda motor Honda CBR 150 yang memiliki jenis mesin injeksi Kinerja injektor sangat tergantung terhadap kelistrikan kendaraan. Karena itulah dibutuhkan kelistrikan yang stabil, untuk Honda CBR 150 sendiri sistem kelistrikan yang digunakan adalah sistem kelistrikan sederhana. Aki yang digunakan adalah aki kering yang terbukti tahan lama dan minim perawatan. Jika tidak bisa mengecek sendiri anda bisa meminta mekanik memeriksa kondisi aki setiap servis berkala.

Demikianlah beberapa tips dan cara merawat motor Honda CBR 150 agar performanya tetap prima. Tidak terlalu berbeda dengan perawatan motor Honda pada umumnya, yang dibutuhkan adalah ketelatenan Anda sebagai pemilik motor. Dengan perawatan yang tepat, kinerja motor Honda CBR 150 Anda akan optimal.

0 comments:

Posting Komentar