Rabu, 02 Desember 2020

6 Tips Bagi Lansia yang Hendak Ke Tanah Suci

 

Jika dilihat dalam hal pelaksanaan ibadah umrah dari segi waktunya memanglah lebih fleksibel di bandingkan dengan ibadah haji. Pada setiap tahunnya perlu Anda ketahui bahwasannya jumlah jama’ah yang menunaikan ibadah umrah yang berasal dari Indonesia dapat di katakan yang terbesar apabila di bandingkan dengan negara lainnya. Perlu juga digaris bawahi bahwasannya sebagian dari jama’ah yang menunaikan ibadah umrah tersebut ialah kaum yang berusia lanjut (lansia). Ibadah umrah pastinya memiliki keistimewaan ataupun keutamaan yaitu dalam hal untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT dari berbagai macam kesalahan yang berbentuk dosa yang selama ini di perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja . Bukan hanya itu, dengan melakukan ziarah ke Tanah Suci Mekkah seorang Muslim bisa memperbaharui atau meningkatkan kualitas ibadah serta imannya. Terdapat tips atau cara dalam hal persiapan yang harus disiapkan dan diperhatikan oleh kaum lansia pada saat sebelum memutuskan untuk menunaikan ibadah umrah:

1. Serahkan dan niatkan hanya kepada Allah SWT

Pertama ialah setiap kaum muslim yang akan menunaikan ibadah umrah harus dapat mempersiapkan niatnya yang bersih hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sebelum berangkat Anda juga dapat bertaubat dan meminta segala macam ampunan kepada Allah SWT. Masalah niat sebenarnya bukan hanya di peruntukan bagi jama’ah yang lansia, akan tetapi di peruntukan ke siapa saja yang hendak melaksanakan ibadah haji atau umrah ke Baitullah . Setiap muslim yang memiliki hati yang ikhlas dan pergi ke Baitullah semata-mata untuk memenuhi panggilan Allah SWT tanpa ada unsur riya ingin di pandang hebat oleh lingkungannya serta hanya berniat beribadah karena Allah SWT dengan tulus maka tak akan merasa berat pada saat melaksanakan berbagai macam rangkaian ibadah umrah atau haji di Tanah Suci . Bukan hanya itu, niat yang ikhlas akan dapat menjadi pemacu seseorang untuk dapat beribadah lebih khusyu lagi dan beribadah secara maksimal.

2. Persiapan fisik yang baik

Tips yang selanjutnya adalah Anda sebagai orang yang tergolong lansia pastinya dengan usia yang tak lagi muda masalah penyakit mudah menyerang Anda. Dengan mengingat banyaknya rangkaian ibadah haji maupun umrah di Baitullah maka dari itu Anda harus mempersiapkan fisik sebaik mungkin agar ibadah Anda di tanah suci dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang mengganggu. Anda dapat mensiasatinya dengan cara latihan berjalan dan sebagainya. Belum lagi padatnya jama’ah yang berasal dari berbagai macam Negara akan membuat kondisi di Baitullah sesak padat merayap. Untuk dapat menjaga kesehatan maka Anda dapat mensiasatinya dengan cara  mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi , mengandung banyak serat, dan makanan yang tidak banyak mengandung lemak.  Jika ada waktu luang maka manfaatkanlah untuk beristirahat dengan cukup serta tak ada salahnya melakukan olahraga yang tergolong ringan yang pas bagi para lansia. Para lansia tak ada salahnya untuk divaksin meningitis dan juga influenza hal ini di lakukan supaya tak mudah tertular penyakit. Persiapan dalam hal obat-obatan juga sangatlah di perlukan dalam hal menjaga kesehatan.

3. Perdalam ilmu yang berkaitan dengan umrah dan haji

Tips yang ketiga adalah Anda dituntut untuk dapat memperdalam ilmu umrah atau haji , tergantung Anda ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Maka dari itu ada baiknya Anda belajar mengenai rukun umrah atau haji, wajib umrah atau haji, sunnah umrah atau haji, urutan umrah atau haji, dan gerakan-gerakannya. Oleh sebab itu, manasik umrah, seperti ihram dari miqat, tawaf, dan sa’i sangatlah penting untuk dilakukan supaya Anda para lansia benar-benar memahami mengenai tata cara melaksanakan ibadah umrah. Dengan mengingat hal ini peran dari pembimbing umrah sangatlah penting.

4. Membawa perlengkapan seperlunya dan yang bermanfaat

Para jama’ah yang berusia sangat di sarakan untuk dapat membawa perlengkapan-perlengkapan seperlunya saja, antara lain adalah pakaian secukupnya, bahan makanan yang tergolong kering, peralatan untuk makan, kain ihram, alas kaki baik itu sandal, pelengkapan mandi dan juga perlengkapan shalat.

5. Membawa uang seperlunya saja

Tips yang kelima adalah Anda sangat di anjurkan untuk membawa uang secukupnya saja dan tidak membawa perhiasan- perhiasan yang mencolok . Sebab apabila Anda membawa perhiasan yang banyak dan mencolok maka akan mengundang orang bertidak jahat kepada Anda .

 

6. Membawa pendamping

Tips yang terakhir adalah Anda sebagai jama’ah yang telah berusia lanjut dengan melihat usia yang tidak lagi muda dan kondisi fisik yang tak lagi kuat maka dari itu kami sangat menyarankan untuk Anda membawa seorang pendamping untuk dapat membantu segala macam bentuk aktivitas Anda di Tanah Suci seperti halnya Anak Anda ataupun seseorang yang masih terikat hubungan keluarga.

Semogaa bermanfaat tips yang kami berikan untuk para jama’ah lansia ini.

 

 

 

0 comments:

Posting Komentar