Sabtu, 05 Desember 2020

5 Masjid yang Wajib Di Kunjungi Ketika Berada Di Tanah Suci

 

Masjidil Haram adalah telah menjadi semacam lokasi tujuan utama bagi setiap umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah haji dan juga umroh. Di masjid yang satu ini terdapat sebuah bangunan Ka’bah yang mana menjadi bangunan pertama yang ada di muka bumi yang digunakan untuk dapat menyembah Allah SWT. Perlu Anda ketahui bahwasannya selain Masjidil Haram, terdapat 5 buah masjid yang layak untuk tak Anda lewatkan dalam hal rencana kunjungan Anda pada saat berada di tanah suci Mekah, penasaran apa saja itu:

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi yakni sebuah masjid yang terletak di Kota Madinah. Masjid  yang satu ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, dan pada saat sekarang ini masjid yang satu ini pun telah menjadi situs makam bagi Rasullullah SAW dan juga para sahabat. Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa umat Islam yang mana melakukan ibadah sholat di Masjid Nabawi, maka akan memperoleh pahala yang diberikan kepadanya sama dengan pahala ia mengerjakan 1000 ataupun 10.000 rakaat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram. Janganlah Anda sampai melewatkan untuk dapat mengunjungi Raudlah ataupun taman susrga, yang terletak di antara mimbar dan juga makam dari Rasulullah SAW.

2. Masjid Quba

Masjid Quba yakni sebuah masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan juga oleh para sahabatnya dalam sebuah perjalanan hijrahnya ke Madinah yaitu pada tahun 1 Hijriyah ataupun pada tahun 622 Masehi. Masjid yang satu ini berlokasi kurang lebih 5 kilometer di sebelah tenggara dari Kota Madinah. Dalam sebuah hadist yang mana diriwayatkan oleh HR. Ahmad, Nasai, Ibnu Majah dan Hakim, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang berwudlu di rumahnya kemudian mendatangi Masjid Quba dan sholat di dalamnya, maka ia memperoleh pahala seperti mengerjakan umrah”.

3. Masjid Qiblatain

Yang ketiga adalah masjid yang bernama Masjid Qiblatain. Sejarah nama dari masjid ini dikarenakan masjid yang satu ini memiliki dua mihrab, yakni satu mihrab yang mana menghadap ke arah selatan (arah Ka’bah) dan juga yang satu mihrabnya yang akan menghadap ke utara (ke arah Masjid Al-Aqsa). Dalam sejarahnya, di masjid inilah Allah SWT menurunkan ayat Al-Qur’an yang mana memerintahkan untuk berkiblat ke arah Ka’bah, dimana sebelumnya kiblat umat Islam ke arah masjid Al-Aqsa.

4. Masjid Al- Aqsa

Masjid Al- Aqsa yaitu sebuah masjid yang terletak di Kota Yerusalem. Masjid yang satu ini memiliki sejarah yang sangat amat penting bagi umat Islam sebab pernah menjadi kiblat pertama bagi umat islam dalam hal menjalankan shalat sebelum kiblat berada di Ka’bah. Di masjid ini telah menjadi akhir dari perjalanan isra’ mi’raj Rasulullah SAW dari Masjidil Haram, dan di masjid ini pula RasulullahSAW memulai perjalanan ke Sidrat Al – Muntaha (langit ke- 7). Masjidil Aqsa berdiri diatas kompleks suci tiga agama, yakni Islam, Nasrani, dan juga Yahudi. Di kompleks Masjid Al-Aqsa Anda bisa menemui banyak sekali masjid, salah satunya yakni Masjid Al Sakhra ataupun yang lebih dikenal sebagai Dome of the Rock atau Masjid Kubah Emas. Selain masjid, Anda juga bisa  melakukan ziarah ke makam para nabi, akan tetapi belum ada catatan pasti berapa banyak nabi yang di makamkan di sekitar Masjid Al-Aqsa. Di dalam Masjid Al- Aqsa Anda bisa menemui sebuah mimbar legendaris yang sangat indah. Mimbar ini dibuat tanpa menggunakan paku maupun lem. Mimbar ini disebut mimbar Salahuddin Alayyubi.

5. Masjid Jin

Yang terakhir dan yang kelima adalah Masjid ini disebut dengan nama Masjid Jin sebab di masjid inilah para jin mengakui bahwasannya Rasulullah SAW ialah Rosul Allah. Masjid ini juga dikenal dengan nama yaitu Masjid Al- Bai’ah sebab di masjid ini pula para jin berbai’at ataupun berjanji kepada Rasulullah SAW untuk dapat beriman kepada Al-Qur’an dan juga ajaran Rasulullah SAW. Keistimewaan lain dari masjid yang satu ini yakni, tempat dimana Allah SWT menurunkan ayat Al-Qur’an surat Al-Jin ayat 1 dan 2.

0 comments:

Posting Komentar