Minggu, 15 November 2020

Gunakan Oli yang Tepat Untuk Motor Matic

 

Hampir semua pengguna sepeda motor pasti ingin mengendarai motornya untuk jangka panjang. Untuk itu kita sebagai pemilik sepeda motor harus memperhatikan perawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor tergantung dari pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. Jadi gak ada salahnya kalau kita cermati tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motor. Pelumas atau oli adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor. Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor milik kita merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan. Umumnya orang beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.

Kerusakan pada sparepart motor biasanya pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untuk mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidak normal/tidak seperti biasanya pada sepeda motor kita. Sikap demikian akan membantu dan memudahkan kita untuk mendeteksi kerusakan lebih dini. Hal yang harus kita perhatikan saat mengganti oli motor adalah jangan sering mengonta-ganti merk oli dengan terutama tidak memperhatikan tingkat kebersihan pada saat mengganti (sisa pelumas lama tersisa) karena dapat menyebabkan kerusakan. Buat kita yang menggunakan motor Honda sebagai alat transportasi maka sebaiknya gunakan pelumas atau oli asli motor Honda.

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh oli asli moyang diproduksi AHM ini, antara lain; Kinerjanya yang maksimal hingga dapat melumasi bagian mesin yang celahnya sangat sempit, yang berguna untuk menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin supaya performa mesin tetap dalam kondisi terbaik. Menggunakan oli asli motor Honda juga dapat berdampak motor lebih irit penggunaan bahan bakar dan menghemat biaya perawatan. Pastikan selalu menggunakan oli motor Honda yang asli agar mesin motor kita tetap dalam kondisi terbaiknya yakni AHM OIL SPX 2 (Superior Protection Expert) diformulasikan oleh Honda R&D Japan yang memadukan bahan dasar oli Fully Synthetic extra superior untuk seluruh motor matik Honda dan AHM OIL MPX 2 diformulasikan oleh Honda R&D Japan dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor Honda menjadi lebih irit namun bertenaga.

Penggantian oli ini harus dilakukan secara rutin, tidak harus dalam waktu yang berdekatan tidak masalah, asalkan bisa rutin dalam penggantiannya. Permasalahan ketika terjadi kekurangan oli yakni piston tidak dapat bergerak, lantaran pelumasnya sudah habis. Jika oli berada dibawah batas normalnya, dan pemakaian motor masih tetap dilakukan, maka nanti akan ada kotoran ruang bakar yang jatuh ke bagian dinding blok silinder, kerak juga akan masuk ke pinggiran piston, hingga pada akhirnya tenaga yang dihasilkan pun tidak bisa maksimal. Bahkan kasus yang parah bisa bikin mesin tekor dan harus turun mesin untuk memperbaikinya secara keseluruhan, dan pastinya biaya yang ditelan tidaklah sedikit.

Fungsi utama dari oli yakni melumasi komponen mesin, sehingga gesekan yang terjadi di dalam mesin tidak macet. Oli sendiri juga memiliki fungsi sebagai pengatur suhu dalam mesin, sehingga ketika terjadi proses pembakaran dalam silinder, oli ini bisa melakukan netralisir suhu baik ketika suhu mesin panas ataupun dingin. Akan tetapi semakin lama, oli juga bisa merusak mesin lantaran volumenya yang terus berkurang. Dan berikut beberapa alasan kenapa Anda harus dengan rajin mengganti oli mesin motor secara rutin.

Seal Oli Motor Bisa Bocor Kapan Saja

Semua komponen motor pastinya memiliki usia, termasuk seal oli. Dimana bisa saja mengalami kebocoran kapan saja, dan itu bisa membahayakan peforma mesin motor Anda. Kebocoran pada seal ini bisa disebabkan oleh pengisian oli yang melebihi kapasitas sealnya, dan ketika berlebih maka oli akan meluber dan masuk ke lubang pernafasan menuju ruang karburator. Jika sudah begini, akan timbul asap putih pada knalpot, sehingga ini nanti akan menjadikan oli mesin cepat berkurang. Dikarenakan untuk mesin yang terbakar ini akan membuat ol semakin cepat meluap juga, dan seal tidak lagi bekerja dengan baik. Untuk itu, jangan sampai berlebihan kapasitas ketika mengisi oli ke dalam motor, dan pastikan seal oli juga tidak penyok ketika diisi oli baru agar diameter seal juga tidak mengalami perubahan.

Performa Motor Tidak Nyaman

Ketika oli sudah cukup lama tidak diganti, rasanya berkendara itu berat banget, apalagi ketika melakukan akselerasi. Jelas saja hal semacam ini membuat pengendara semakin tidak nyaman menggunakan sepeda motornya. Untuk itu, jika motor merasa sudah berat banget tarikannya, segera periksakan ke bengkel dan jangan lupa tanyakan tentang keadaan olinya. Oli cepat berkurang juga disebabkan pemakaian yang tidak normal, dimana motor dipakai terus-menerus dalam kecepatan tinggi, maka throttle bisa jadi tidak beraturan lagi, kencang lalu berhenti mendadak juga bisa menyebabkan mesin cepat panas. Di saat seperti inilah oli akan meluap dan berangsur habis dengan sendirinya. Biasanya ini sering dialami oleh pengguna motor matic, namun motor ini sudah dilengkapi dengan pendingin tambahan sehingga cukup aman.

0 comments:

Posting Komentar