Selasa, 19 Mei 2020

Honda Kalbar Selenggarakan Edukasi Safety Riding Online

Honda Kalbar tidak pernah berhenti untuk selalu memberikan berbagai macam promo menarik dan memberikan berbagai macam bentuk pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah edukasi safety riding. Meskipun kini kita tengah berjuang melawan pandemi covid-19 dan memaksa kita untuk memperbanyak waktu dan aktivitas dirumah bukan berarti menyurutkan semangat dari tim edukasi safety riding Honda Kalbar untuk memberikan edukasinya kepada masyarakat.

Dengan memanfaatkan aplikasi Instagram, instruktur safety riding ingin tetap melakukan edukasi yang bermanfaat terhadap masyarakat Kalimantan Barat. Edukasi ini berupa edukasi ringan seputar keamanan berkendara yang mana disela edukasi juga diisi dengan kuis serta terdapat berbagai macam hadiah menarik tentunya.

Bukan hanya memberikan edukasi dan juga kuis, instruktur safety riding juga memberikan kesempatan kepada para penonton untuk melakukan tanya jawab seputar safety riding dan juga produk honda. Edukasi safety riding secara online ini berlangsung selama kurang lebih satu jam dan biasanya dimulai pada waktu 16:00 WIB pada tanggal yang sudah ditetukan. Masyarakat dapat mengetahui kapan dilaksanakannya edukasi online ini dengan selalu memantau instagram Honda Kalbar dengan username @honda_kalbar.

Memanfaatkan Medsos Untuk Edukasi Safety Riding

Teknologi yang saat ini paling banyak digunakan hampir di seluruh lapisan masyakarat terutama di Indonesia adalah social media misalnya instagram, twitter, facebook dan lain-lain. Nah, jangan buat stalking mantan atau baca gosip aja dong sosial medianya, karena ada banyak edukasi, informasi menarik dan pejalaran dari sosial media itu sendiri. Bicara soal sosial media, Honda Kalbar pada saat ini sedang gencar melakukan edukasi online terkait safety riding, dengan memanfaatkan aplikasi instagram instruktur safety riding ingin tetap melakukan edukasi yang bermanfaat terhadap masyarakat Kalimantan Barat. Edukasi tersebut berupa edukasi ringan seputar keamanan berkendara yang tentunya disela edukasi juga ada kuis dan hadiah yang menarik.

Jika kamu belum follow instagramnya Honda Kalbar, yuk difollow sekarang juga di @honda_kalbar. Selain melakukan edukasi dan juga kuis, instruktur juga memberikan kesempatan kepada penonton untuk melakukan tanya jawab seputar safety riding dan juga produk honda. Edukasi berlangsung selama satu jam dan biasanya dimulai pada waktu 16:00 WIB pada tanggal yang sudah ditetukan. Masyarakat dapat mengetahui kapan dilaksanakannya edukasi online ini dengan selalu memantau instagram Honda Kalbar dengan username @honda_kalbar.

Edukasi yang diberikan meliputi postur tubuh saat berkendara, pemakaian riding gear, kebersihan riding gear dan masih banyak lagi mengenai keamanan berkendara. Masyarakat dapat menyaksikan langsung edukasi online ini dengan memfollow akun honda kalbar dan jangan kelewatan setiap live honda kalbar setiap minggunya. Mengetahui berbagai macam rambu lalu lintas bukanlah hal yang sepele, mengingat banyak berita yang menyapaikan kecelakaan dalam perjalanan adalah tidak tertibnya pengendara dalam mengetahui rambu lalu lintas. Wajar saja, kadang mereka tidak tau maksud dan artinya apa.

Dalam hal ini, manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas. Peningkatan kemampuan dan kesadaran dalam menghindari potensi kecelakaan merupakan upaya strategis yang dapat ditempuh untuk mencapai tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Fokus terhadap kemampuan dan kesadaran manusia tentu saja bukan hal yang sederhana sebab rentang upaya untuk mencapai hal tersebutu sangat luas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan sejak dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan, yang merupakan cara untuk membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak dalam rangka membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan.

Kita semua sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.


0 comments:

Posting Komentar