Jumat, 01 Mei 2020

Honda Kalbar Bersama HWBC Bagikan 1000 Masker Gratis di 4 Titik Wilayah Pontianak


Ditengah pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, maka dari itu salah satu cara untuk memutus mata rantai persebaran virus ini adalah dengan cara mengikuti anjuran pemerintah untuk berdiam diri dirumah, akan tetapi tidak sedikit masyarakat yang harus tetap bekerja dan melakukan aktivitas diluar rumah. Oleh sebab itu, WHO juga telah menghimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan akivitas diluar rumah untuk menggunakan masker supaya masyarakat tetap aman pada saat melakukan aktivitas.

Mengapa Harus Menggunakan Masker?

Studi terbaru oleh Komisi Tetap Penyakit Menular dan Ancaman Abad 21 di Amerika Serikat menyebut virus corona bisa menular melalui percakapan dan pernapasan normal dengan orang yang terpapar. Kesimpulan studi yang dipublikasikan di laman Academy of Science Engineering Medicine menyebutkan bahwasannya virus corona dapat menyebar hanya melalui percakapan dan pernapasan.
Penggunaan masker diharuskan juga terkait dengan percikan liur atau droplet. Penelitian terbaru menunjukkan batuk dan bersin dapat membuat percikan liur terlontar lebih jauh daripada yang diperkirakan sebelumnya. Ilmuwan yang memimpin penelitian ini, Prof Lydia Bourouiba dari MIT, mengaku khawatir dengan konsep pengaturan jarak fisik yang disarankan WHO saat ini, yaitu satu meter.


Partikel yang diembuskan lewat batuk atau bersin adalah gas yang memiliki momentum tinggi yang bisa terbawa melewati jarak jauh, termasuk di dalam ruangan. Bourouiba menjelaskan dalam situasi tertentu, terutama di dalam ruangan berventilasi buruk, memakai masker memang tepat karena akan mengurangi risiko tertular penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Ketika menghadapi seseorang yang terinfeksi, misalnya, masker dapat membantu mengalihkan aliran napas mereka dan menjauhkan virus dari mulut kita.

Honda Kalbar Bersama HWBC Berikan Masker Gratis

Tidak pernah tinggal diam dan selalu peduli terhadap keadaan sekitar, Honda Kalimantan Barat ikut serta dalam mendukung gerakan pemerintah dalam hal penggunaan masker bagi masyarakat. Honda kalbar menggandeng paguyuban komunitas Honda Kalimantan Barat HWBC (Honda WestBorneo Community) dengan membagikan total 1000 masker kepada pengendara dan masyarakat sekitar di Kota Pontianak.

Honda West Borneo Community atau yang disingkat HWBC merupakan paguyuban komunitas Honda yang berada di Kalimantan Barat. Pada aksi social kemarin turut hadir dari komunitas-komunitas motor Honda yang ada di Pontianak seperti halnya komunitas HCI (Honda CBR Independent), Grand Riders Pontianak, Scoopy Club Pontianak, Genk Beat Pontianak, Honda Street Fire Club Indonesia, Vario Owner Club, Honda Sonic Owner Indonesia, Honda Pcx Club Indonesia, Honda Blade Club Pontianak, Revo Club Pontianak, Khatulistiwa Motor Bebek Club, Pontianak Tiger Club, Honda Blade Community Pontianak, dan masih banyak komunitas honda yang ikut bergabung dalam partisipasi pembagian masker ini.



Pembagian 1000 masker yang dilakukan oleh Honda Kalbar bersama HWBC berlangsung di 4 titik wilayah Pontianak yakni di lampu merah depan Universitas Tanjungpura, lampu merah perempatan Jl. Jendral Ahmad Yani dan Jl. Slt. Abdurrahman, lampu merah Jl. Tanjung Pura (Pasar Parit besar) dan lampu merah Pasar Flamboyan.

Dengan adanya pembagian masker ini tentunya disambut hangat oleh pihak kepolisian dan juga masyarakat yang kebetulan melewati jalan tersebut. Diharapkan agar masyarakat tetap senantiasa mendengarkan anjuran pemerintah untuk dapat menggunakan masker pada saat berkendara dan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya masker bukan hanya dapat melindungi diri kita dari virus secara langsung, akan tetapi masker juga dapat melindungi area wajah dari debu yang ada dijalan, agar tetap aman dan nyaman maka gunakanlah masker yang bersih.


0 comments:

Posting Komentar