Rabu, 20 Mei 2020

Dana Yang Dipersiapkan Pada Saat Berangkat Ke Tanah Suci

Pada saat Anda memutuskan untuk berangkat ke Tanah Suci Mekkah guna menunaikan ibadah haji ataupun umrah, tentu saha Anda memikirkan betul berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan dan harus Anda bawa sebagai bekal perjalanan dan biaya lainnya . Bukan hanya modal mental dan keimanan , pada saat kita berangkat ke tanah suci pasti memerlukan biaya yang tidak tergolong kecil . Baik itu membayar tiket akomodasi perjalanan , penginapan hotel dan biaya lain sebagainya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan semacam tips untuk Anda semua mengenai alokasi dana apa saja yang harus Anda bawa dan Anda perhatikan serta persiapkan pada saat memutuskan untuk berangkat ke tanah suci Mekkah, penasaran? Yuks simak ulasan singkatnya. Berikut ini adalah alokasi dana yang harus Anda siapkan selama beribadah di Tanah Suci :

1. Persiapan Dana Transportasi

Yang pertama dan dapat di katakan paling utama adalah dana yang di pergunakan untuk transportasi akomodasi perjalanan dari tanah air menuju tanah suci . Meskipun Anda telah melunaskan biaya tiket pesawat pulang pergi , namun perlu juga di catat bahwa Anda juga harus membawa dana transportasi yang di pergunakan di Arab Saudi nanti misalnya saja untuk biaya taksi ataupun angkutan umum lainnya.



2. Persiapan Dana Konsumsi

Kecuali Anda adalah seorang umrah backpacker , ketersediaan masalah konsumsi dari sarapan pagi hingga makan malam biasanya akan terjamin dengan disediakan oleh pihak biro travel , karena telah menjadi satu paket dalam hal pembiayaan haji ataupun umrah . Walaupun demikian , ada waktunya Anda merasa lapar ataupun adanya rasa ingin membeli dan bahkan ingin mencicipi kuliner khas Arab Saudi yang dijual di sekitaran area tempat ibadah . Oleh sebab itu , tak ada salahnya untuk Anda mempersiapkan dana guna keperluan ini .

3. Persiapan Dana Komunikasi

Pada saat ini perkembangan dalam dunia teknologi internet akan membuat akses komunikasi menjadi jauh lebih mudah serta murah , namun akan tetapi tak selalu dapat mengakses internet selama berada di tanah suci Mekkah . Untuk itu Anda disarankan untuk mempersiapkan anggaran untuk dana persiapan komunikasi baik itu di pergunakan untuk membeli kartu telepon ataupun membeli simcard lokal yang dapat digunakan sewaktu - waktu untuk menghubungi sanak keluarga di Tanah Air ataupun kerabat yang khawatir akan keadaan kita , ataupun di pergunakan untuk menghubungi pendamping ataupun teman satu rombongan ketika berada di Tanah Suci .


4. Persiapan Dana Sedekah

Perlu Anda ingat dan Anda ketahui bahwasannyaa setiap ibadah yang Anda lakukan di Tanah Suci Mekkah misalnya saja bersedekah , akan memperoleh semacam ganjaran yang sangat berlipat ganda dari Allah SWT apalagi dengan kunci yakni ikhlas. Untuk itu, apabila Anda ada rezeki lebih , tak ada salah nya Anda mempersiapkan dana alokasi untuk bersedekah pada saat berada di Tanah Suci .

5. Persiapan Dana untuk membeli Buah Tangan

Nah , ini yang biasanya anggaran yang paling besar di siapkan oleh para jamaa’ah yaitu dana untuk di pergunakan membeli oleh-oleh . Untuk itu Anda di tuntut untuk dapat bersikap bijak dalam hal menetapkan anggaran dana untuk urusan ini . Anda juga sangat di sarankan untuk mencatat dengan jelas siapa-siapa saja yang akan Anda berikan buah tangan itu serta tak ada salahnya jika Anda  mencari tahu oleh - oleh apa saja yang terkategori murah meriah dan juga dapat di beli banyak dengan kisaran harga yang sangat terjangkau.

6. Persiapan Dana Lainnya

Yang terakhir adalah dana lainnya . Apa itu dana laainnya ? Dana lainnya adalah pengeluaran yang nyatanya tak kita duga dan tak kita pikirkan sebelumnya. Maka dari itu tak ada salahnya Anda mempersiapkan dana anggaran ini guna untuk di pergunakan dalam hal – hal yang tak dapat di duga.

Demikian sedikit tips yang dapat kami berikan untuk Anda semoga Anda merasa senang dengan membaca artikel dari kami ini. Penulis juga berharap dengan artikel kali ini menambah wawasan Anda dalam dunia haji maupum umrah. Penulis juga meminta maaf jika terdapat kesalahan– kesalahan pada saat menulis maupun terdapat bahasa yang sulit di merngerti. Kesalahan hanya datang dari penulis dan Allah SWT lah yang maha benar. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Semoga pada saat Anda pulang ke tanah air memperoleh haji mabrub dan menjadi orang yang jaug lebih baik lagi dan pulang tanpa ada kekurangan sesuatu apapun.


0 comments:

Posting Komentar