Sabtu, 25 April 2020

Wanita Harus Perhatikan Keamanan Pada Saat Berkendara


SELAMAT HARI KARTINI! Sudah bertahun-tahun kita selalu memperingati Hari Kartini. Hari Kartini jatuh setiap tanggal 21 April. Ibu kita Kartini merupakan wanita kelahiran Jepara, 21 April 1879. Peringatan hari kartini selalu meriah dengan kita merasakan keseruan menggunakan baju-baju adat di sekolah, ataupun melaksanakan upacara dengan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini.

Pada tahun ini kemeriahan perayaan kartini tidak terlalu meriah dengan menggunakan pakaian adat sebab pandemi yang masih berlangsung. Meskipun demikian, semangat juang kartini dalam memberdayakan perempuan tidak akan berhenti sampai kapanpun. Sebagai Kartini-Katini muda penerus perjuangannya, kaum wanita sangat perlu meniru sifat teladannya.

Dalam memperingati hari kartini 21 April 2020, Honda Kalbar melakukan diskusi lewat media sosial live Instagram yang bertajuk “Wanita Harus Aman”, Astra motor selalu memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mementingkan keselamatan berkendara pada saat di jalan raya  khususnya bagi wanita.


Lewat program online Honda Kalbar yang bertajuk BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online) yakni diisi dengan diskusi santai namun banyak informasi yang diberikan. Pada kesempatan kali ini membahas seputar edukasi safety riding. Bertindak sebagai pemateri yakni Instruktur Safety Riding Honda Kalbar berbagi informasi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan wanita sebelum berkendara agar aman dan nyaman pada saat berkendara. Diskusi online kali ini menjadi tambah seru dengan bincang-bincang bersama selebgram pontianak @memedaengg. Acara diskusi edukasi ini juga menghadirkan kuis-kuis berhadiah untuk para penonton.

Dalam penyampaiannya, instruktur safety riding mengatakan bahwasannya wanita pada saat sebelum berkendara harus terlebih dahulu memperhatian beberapa hal pada saat sebelum berkendara, diantaranya:

1. Kesiapan kendaraan

Hal pertama yang harus diperhatikan pada saat sebelum berkendara adalah kita harus melakukan berbagai macam pemeriksaan diantaranya kelistrikan, pastikan juga ban dalam kondisi tidak kurang angin ataupun kelebihan angin, kepakeman rem, dan juga yang tidak kalah penting yakni bahan bakar. Jangan sampai kita lalai dan tidak memperhatikan hal ini karena akan berakibat fatal apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Contohnya Lampu depan mati tiba-tiba saat berkendara malam, ban yang mengalami slip ketika melewati jalan yang licin, rem yang blong ketika melakukan pengereman dan bahan bakar yang habis ketika berkendara.



2. Riding Gear

Bukan hanya wanita, pria juga wajib menggunakan riding gear pada saat berkendara. Apa itu riding gear? Gunakanlah riding gear yang lengkap untuk menghindari gesekan apabila terjadi kecelakaan. Riding gear yang wajib digunakan adalah helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

3. Barang Bawaan

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika biasanya barang bawaan yang dibawa oleh wanita biasanya jauh lebih banyak dan tentu saja bentuknya beragam. Contohnya tas jinjing, pada kenyataanya tas tersebut susah dibawa pada saat berkendara. Ketika membawa tas jinjing resiko tas tersebut jatuh sangat besar oleh sebab itu disarankan untuk membawa juga tas gemblok untuk menyimpan terlebih dahulu tas jinjingnya kedalam tas gemblok, atau menaruhnya di dalam jok ketika berkendara. Tidak disarankan menaruhnya di stang motor ketika berkendara karena berisiko kecelakaan sebab susah ketika mau belok.

4. Mempersiapkan Baju Ganti

Terakhir adalah banyak sekali kasus kecelakaan wanita akibat pakaian yang nyangkut di rantai setelah pergi pesta ataupun pada saat mendatangi sebuah acara. Wanita akan menggunakan pakaian yang menawan, akan tetapi menggunakan baju tersebut pada saat berkendara sungguh rawan ketika mengalami kecelakaan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membawa baju pengganti agar aman ketika berkendara.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan mengenai pentingnya keamanan pada saat berkendara bagi wanita.

0 comments:

Posting Komentar