Kamis, 30 April 2020

Honda Kalbar Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Di Rumah Warga


Selamat mejalankan ibadah puasa teman-teman, ada yang beda dari puasa tahun ini. Kita dianjurkan untuk beribadah dirumah dan berbuka puasa dirumah dan tentunya mengurangi aktivitas diluar rumah. Namun, tak perlu khawatir ini semua pasti ada hikmahnya. Kini, deguh hadir memberikan infotmasi untuk Anda, dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), maka salah satu upaya untuk menekan kasusnya adalah dengan cara melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Lalu kini timbul sebuah pertanyaan seberapa penting dan efektifkah langkah ini? Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik itu virus maupun bakteri) pada objek permukaan benda mati. Hal inilah yang membedakan antara disinfeksi dengan antiseptik. Jikalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup.


Perlu diketahui bahwasannya proses penyemprotan cairan disinfektan tentunya harus dilakukan oleh seseorang petugas yang harus mencuci tangan hingga bersih, menggunakan sarung tangan dan juga menggunakan pakaian khusus untuk melindungi tubuh. Melihat pentingnya cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan covid-19 maka dari itu Honda Kalimantan Barat menyusuri daerah Tanjung Hulu wilayah Pontianak Timur untuk melakukan penyemprotkan cairan disinfektan ke setiap rumah penduduk yang bersedia untuk disemprotkan cairan disinfektan dan juga melakukan penyemprotan di beberapa tempat fasilitas umum.

“Penyemprotan Disinfektan di setiap rumah warga dan fasilitas umum perlu dilakukan sebagai upaya mengurangi penyebaran virus-virus berbahaya supaya warga tetap sehat dengan wilayahnya yang terbebas dari virus, walaupun sudah dilakukannya penyemprotan disinfektan sangat diharapkan kepada para warga untuk tetap memperhatikan kebersihan sekitar terutama diri sendiri dengan cara sering-sering mencuci tangan dan juga menggunakan masker,” ujar Aziq selaku tim Honda Kalbar.


Penyemprotan cairan disinfektan sangatlah penting, namun hal yang lebih penting lagi dalam upaya mencegah penularan virus ataupun bakteri adalah tren hidup bersih dan sehat. Salah satunya adalah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun.  Selain itu, gunakanlah air bersih yang mengalir. Air yang bersih bukan hanya sehat dan aman , akan tapi juga bisa memberantas jentik nyamuk yang balap-balapan dengan virus corona. Kasus kematian DBD juga tinggi. Persoalannya di air dan yang tak kalah penting,adalah penggunaan jamban yang sehat dan menjaga rumah tetap bersih serta teruslah menjaga kesehatan mental. Dengan menjaga kesehatan dan tidak panik itu merupakan sebuah tindakan dalam upaya pencegahan dan mendukung program pemerintah.

Sebelumnya Honda Kalbar juga membagikan total 1000 masker kepada pengendara dan masyarakat sekitar di Kota Pontianak bersama Honda West Borneo Community. Pembagian 1000 masker yang dilakukan oleh Honda Kalbar bersama HWBC berlangsung di 4 titik wilayah Pontianak yakni di lampu merah depan Universitas Tanjungpura, lampu merah perempatan Jl. Jendral Ahmad Yani dan Jl. Slt. Abdurrahman, lampu merah Jl. Tanjung Pura (Pasar Parit besar) dan lampu merah Pasar Flamboyan.


Sangat diharapkan kita sama-sama berperan untuk melawan covid dan masyarakat diharapkan tetap senantiasa mendengarkan dan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk dapat menggunakan masker pada saat berkendara dan dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya masker bukan hanya dapat melindungi diri kita dari virus secara langsung, akan tetapi masker juga dapat melindungi area wajah dari debu yang ada dijalan, agar tetap aman dan nyaman maka gunakanlah masker yang bersih. Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan, kurang dan lebihnya penulis mohon maaf dan semoga dengan adanya program dari Honda Kalbar ini dapat membantu pemerintah menekan angka kasus covid-19 di Kota Pontianak dan masyarakat lebih sadar tentang pola hidup sehat. SALAM SATU HATI!


0 comments:

Posting Komentar