Kamis, 26 Maret 2020

Tips Supaya Ibadah Haji Dan Umroh Terasa Nikmat

Telah menjadi hal yang tergolong lumrah bahwasannya ibadah haji dan juga umrah selalu dikait-kaitkan dengan perjalanan yang tergolong sakral dengan berbagai macam ritual ibadah yang panjang serta tergolong melelahkan. Padahal jika dengan niat yang sangat ikhlas serta persiapan yang sangat matang, maka ibadah haji dan juga umrah dapat dijalankan dengan rasa santai dan ringan serta penuh rasa kenikmatan. Supaya tak menjadi sebuah beban di hati, maka dari itu kami tertarik memberikan tips untuk Anda supaya Anda dapat melaksanakan perjalanan ke Tanah Suci tanpa adanya rasa beban dan mengurangi kekhusukan dari ibadah itu sendiri.

Yakinlah bahwasannya setiap ibadah yang Anda kerjakan semata-mata hanya kepada Allah SWT. Terdapat bimbingan dan petunjuk dalam hal melaksanakannya. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwasannya ibadah haji dan juga umrah dapat menghadirkan semacam kondisi emosional tersendiri. Hal yang paling umum terjadi pada para jama’ah haji ataupun jama’ah umrah adalah mereka kerap kali merasa takut melakukan kesalahan pada saat melaksanakan ibadah di tanah suci . Mereka sering menjumpai orang-orang yang mengatakan bahwa hal ini tergolong haram, itu haram, ataupun mengomentari bahwasannya apa yang Anda lakukan itu hanyalah sia-sia dan juga tak bernilai pahala di hadapan Allah SWT .



Ketakutan pada saat melaksanakan ibadah haji maupun umrah terkadang timbul secara berlebihan sehingga dapat menggangu dalam kekhusukan beribadah. Maka dari itu, Anda dituntut untuk melapangkan hati Anda dan juga jangan cepat mudah tersinggung apabila ada hal-hal yang sifatnya hanya biasa. Orang-orang yang nyatanya menegur atau memberikan saran untuk Anda sebenarnya mereka sedang mencoba untuk membantu Anda supaya tak terjerumus ke dalam hal-hal yang bersifat haram atau dilarang oleh Allah SWT.

Menjaga tubuh agar selalu segar dan bugar serta sehat pada saat melaksanakan ibadah di Tanah Suci adalah hal yang sangat serius yang harus Anda perhatikan agar prosesi ibadah Anda tak merasa terganggu. Banyaknya rangkaian ibadah yang sanagt menguras energi akan dapat membuat Anda merasakan kelelahan dan juga tubuh akan merasa lemah. Pada saat itulah imunitas tubuh akan mengalami penurunan dan berbagai macam penyakit akan mudah menghampiri Anda.


Anda wajib mewaspadai apabila telah mulai merasakan sakit di area tenggorokan, mengalami kesulitan pada saat bernafas, ataupun merasa lemas sebab dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Maka dari itu tak adasalahnya jika Anda mencoba beberapa tips singkat ini dalam hal menjaga kebugaran dan juga kesehatan tubuh pada saat beribadah di Tanah Suci agar tubuh selalu bugar:

  1. Yang pertama adalah Anda dapat mencuci tangan secara teratur dan juga menggunakan masker untuk melindungi dari hal-hal yang tak Anda inginkan biasanya penyebaran virus. Khususnya pada saat Anda melakukan aktivitas-aktivitas ibadah yang berada di luar ruangan. Disana mengingat, banyaknya manusia yang berkumpul dalam jumlah ratusan ribu hingga jutaan manusia dengan berbagai macam kondisi yang mereka berkumpul di suau tempat yang sama maka sangat mudah terjaring penyakit.
  2. Selanjutnya adalah ada baiknya Anda tak membeli makanan yang berada di pinggir jalan, hal ini dikarenakan Anda tidak dapat menjamin akan kebersihannya.
  3. Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan yang tergolong segar yang baru dikupas pada saat hendak dikonsumsi, untuk dapat menjaga kebersihan serta kesegarannya.
  4. Tak ada salahnay jika Anda ke tanah suci untuk membawa madu, sebab perlu Anda ketahui bahwasannya madu adalah obat yang sangat manjur untuk berbagai macam penyakit.
  5. Yang kelima adalam memperbanyak mengonsumsi makanan atau buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamun C sangat baik untuk dapat menjaga daya tahan tubuh Anda.
  6. Tips selanjutnya adalah sangat di sarankan untuk Anda untuk tidak mengonsumsi air zam-zam dalam keadaan dingin, sebab dapat memicu masalah pada tenggorokan Anda. Maka dari itu Anda dapat mensiasatinya dengan cara mencari air minum zamzam yang  bersuhu yang aman.
  7. Yang terakhir ialah ada baiknya Anda menggunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya misalnya Anda gunakan untuk beristirahat. Anda pastinya menginginkan untuk dapat ikuti dalam berbagai macam kajian haji ataupun umroh, menjelajahi kota ataupun hanya sekadar bercengkrama dengan rekan-rekan, akan tetapi wajib untuk Anda mengusahakan waktu untuk dapat melakukan hal itu pada saat setelah ibadah haji rampung atau selesai. Dengan beristirahat yang cukup , bukan hanya energi yang dapat terkumpul, Anda juga dapat menghindari diri dari pembicaraan-pembicaraan yang sifatnya ghibah atau tidak berguna yang berujung pada dosa.


Itu tips yang dapat kami berikan untuk Anda semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Penulis mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam menulis, Semogaa bermaaanfaat!

0 comments:

Posting Komentar