Rabu, 25 Maret 2020

Tips Melaksanakan Umrah Pada Saat Bulan Ramadhan


Banyak sekali umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia ini berbondong- bondong untuk dapat melaksanakan ibadah umrah pada saat memasuki bulan Ramdhan. Dengan dikatakan bahwasannya jika kita melaksanakan ibadah umrah pada saat bulan Ramadhan pahalanya sama dengan orang yang melaksanakan ibadah haji dan ibadah di bulan yang istimewa ini pahala kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Shalat wajib kita pahalanya akan dilipatgandakan, puasa wajib bulan Ramadhan, pahala membaca quran, berdzikir dan lain sebagainya akan memperoleh pahala yang akan dilipatgandakan.

Oleh sebab itu Anda jangan merasa heran apabila pada saat memasuki bulan Ramadhan banyak umat Islam dari berbagai penjuru dunia memadati Baitullah untuk beribadah. Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat penuh dengan keberkahan, pada bulan ini segala amalan baik akan dilipiatgandakan menjadi 70 kali lipat dari bulan-bulan lainnya maka dari itulah bulan yang satu ini disebut sebagai bulan yang sangat istimewa. 


Bulan yang penuh dengan rahmat ini, dimana rahmat ataupun kasih sayang Allah SWT turunkan seluas-luasnya pada bulan Ramadhan ini, dan juga merupakan bulan ampunan bagi seluruh umat muslim yang memohon ampun  pada Allah SWT, bulan yang dimana Allah SWT membuka pintu ampunan seluas-luasnya untuk hambaNya. Di bulan ini juga terdapat suatu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan, yaitu yang bernama malam lailatul qodar.

Pada saat mereka berangkat ke tanah suci guna melaksanakan rangkaian sesi ibadah umrah misalnya saja shalat dengan cara berjamaah, melakukan thawaf, sa’i, shalat taraweh di Masjidil Haram, membaca Quran, i’tikaf walaupun penuh sesak jama’ah lainnya.  Adapula hal-hal unik yang bakalan tak mudah untuk kita lupakan yakni pada saat hendak datang waktu berbuka puasa ataupun semenjak shalat ashar telah usai dilakukan maka akan mulai di persiapkan alaqah-alaqah yang akan digunakan untuk dapat berbuka puasa secara bersama-sama, di barbagai macam sudut akan mudah Anda jumpai para jama’ah yang  mulai bekumpul untuk dapat berbuka puasa bersama.


Ketika Adzan Maghrib telah di kumandangkan, terlihat juta’an umat Islam melaksanakan buka puasa bersama dengan hidangan yakni air zam-zam,buah  kurma yang mana sangat disunnahkan oleh Rasulullah SAW, ashir, ataupun nasi bukhari. Hidangan-hidangan itu, diletakan di atas plastik yang berbentuk memanjang.

Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit memberikan tips untuk Anda semua dalam hal menunaikan ibadah Umrah pada saat Bulan Ramadhan, penasaran? Berikut penjelasan singkatnya:

  1. Pada saat Anda baru pertama kali menginjakan kaki di tanah suci maka tak ada salahnya jika Anda mengenali lokasi-lokasi di sekitar Anda misalnya saja  lokasi hotel, jalan menuju ke Masjidil Haram, ataupun jalan-jalan lainnya.
  2. Sangat disarankan untuk Anda melaksanakan ibadah secara berjamaah guna memperoleh banyak pahala dan berlipat- lipat ganda.  Baik itu pada saat Anda melaksanakan ibadah umrah dengan berbagai macam rangkaiannya, shalat sunah, thawaf, sa’i, ataupun tahallul (memotong rambut).
  3. Ketiga adalah untuk dapat melakukan rangkaian umrah yang ke 2 dan juga seterusnya, maka dari itu ada baiknya Anda melakukannya pada saat malam hari, pada saat suhu mulai terasa dingin. Akan tetapi, perlu juga di ingat untuk dapat menghindari waktu-waktu yang terkategori sangat padat, seperti halnya pada saat bada magrib. Untuk waktu-waktu ini Anda dapat menggunakannya untuk  melaksanakan i’tikaf, membaca Al-quran, berdzikir dan pada saat setelah shalat isya Anda dapat melanjutkannya untuk melaksanakan shalat taraweh.
  4. Yang keempat adalah Anda sangat disarankan untuk beristirahat dengan durasi waktu yang cukup dan juga usahakan untuk tidur siang guna untuk mengumpulkan energi untuk dipergunakan beribadah pada saat malam hari.
  5. Tips selanjutnya adalah Anda sangat disarankan untuk dapat memperbanyak mengonsumsi air putih baik itu pada saat sahur maupun disaat berbuka puasa. Sebab dapat membantu Anda mengatasi masalah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang dapat membuat tubuh Anda merasakan lelah dan lemas.
  6. Memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan manfaat dalam hal membuat perut tahan lama kenyang. Anda dapat mensiasati hal ini dengan cara menyantap makanan-makanan pada saat sahur dan juga berbuka puasa guna membantu meningkatan kekuatan daya tahan tubuh untuk melaksanakan ibadah. Perlu juga diingat makanan atau minum secukup dan seperlunya saja jangan sampai rakus atau tamak.
  7. Selanjutnya adalah jangan pernah lupa untuk  membawa semacam tanda pengenal agar antara jama’ah satu dan jama’ah lainnya mudah mengenal, dan tak terpisah dari rombongannya. Anda juga dapat mebawa tas yang berukuran kecil untuk digunakan menyimpan berbagai macam dokumen-dokumen Anda yang tergolong penting.
  8. Pada saat hendak Anda berangkat ke Masjid maka tak ada salahnya Anda membawa kantong plastik yang dapat Anda gunakan mengamankan alas kaki Anda. 
Itu dia sedikit tips yang dapat penulis berikan untuk Anda semoga bermanfaat dan selamat beribadah.


0 comments:

Posting Komentar