Kamis, 05 Maret 2020

Patroli Keamanan Sekolah Mendapatkan Pembekalan Keselamatan Berlalu Lintas


Team Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota secara resmi telah memberikan pembekalan keselamatan berlalu lintas kepada siswa/siswi SMP Negeri calon Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang ada di Kota Pontianak. Para siswa – siswi ini yang nantinya akan menjadi anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) dibekali tentang tata cara mengatur lalu lintas yang baik dan benar serta sejumlah aturan yang berkaitan dengan berlalu lintas di jalan raya. Selain program 'Police Goes to School' dan edukasi safety riding, Astra Motor Pontianak bersama satlantas Pontianak Kota juga menjalin kegiatan kepada sekolah-sekolah lewat kegiatan PKS dan merupakan salah satu bentuk kerjasama dengan pihak sekolah terkait bidang lalu lintas.

Perbedaan mendasar antara PKS dan edukasi safety riding adalah PKS lebih memberikan pelatihan sebagaimana menjadi petugas keamanan lalu lintas, misalnya saja teknisnya pada saat jam masuk dan pulang sekolah, anggota PKS akan berusaha mengatur arus lalu lintas disekolah, sedangkan edukasi safety riding hanya memberikan materi kepada pesertanya.

"Pelajar yang menjadi anggota dari PKS tentunya akan mendapat pelatihan dari kami," ujar salah seorang Polantas yang memberikan pelatihan pada agenda ini.

KRITERIA KHUSUS MENJADI PKS

Tidak ada kriteria khusus yang dipilih menjadi PKS dan yang menerima pelatihan, yang terpenting siswa tersebut memiliki kemauan dan tidak merasa terbebani. Para pelajar yang mendapatkan pelatihan ini nantinya akan dapat membantu dalam bidang lalulintas. Terutama membantu pengaturan lalu lintas di depan sekolah, baik pada saat masuk dan juga pada saat pulang sekolah.

Para siswa yang menjadi anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) telah dilatih untuk menjadi semacam polisi diruang lingkup sekolah. Bukan hanya itu, banyak juga pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Anggota PKS akan mendapatkan pelajaran mengenai lalu lintas, senam lantas. Ini Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mereka tahu bagaimana cara berlalu lintas yang baik.

"Selain itu mereka juga diajarkan latihan baris berbaris, kekompakan, terutama gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasa diterapkan disekolah masing-masing,"tambahnya.



Disamping tugas PKS juga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Sementara untuk peranan PKS adalah menanamkan kebiasaan kepada para pelajar agar sejak duduk dibangku sekolah dasar telah mengenal dasar-dasar pengaturan/peraturan lalu lintas dan cara-cara bertingkah laku yang benar dijalan.

"Selain itu, mereka diharapkan mampu mengatur penyeberangan dijalan umum disekitar sekolah,"tutupnya.

Selama pelatihan, para peserta juga diberikan berbagai macam materi seperti UU Nomor 22/2009 tentang LLAJ, 12 gerakan pengaturan lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan penanganan awal pada saat terdapat korban kecelakaan lalu lintas. Pelatihan semacam ini, sangatlah penting dalam pembentukan karakter bagi anak-anak, sehingga para siswa akan dapat menerapkan sikap tertib dan disiplin baik di sekolah maupun dan diluar sekolah dalam hal berlalu lintas.

Siswa/siswi yang menjadi anggota PKS diharapkan dapat menumbuhkan tingkat kesadaran siswa dalam hal tata tertib dan cara berlalulintas yang baik dan benar serta membentuk siswa agar disiplin, tegas dan bertanggung jawab dalam melaksanaan tugas.



Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan tentang Patroli Keamanan Sekolah Mendapatkan PembekalanKeselamatan Berlalu Lintas. Yuk untuk kamu yang tertarik menjadi polisi sekolah, buruan daftarkan dirimu sekarang juga sebab sebagaimana yang dibilang diatas bahwasannya banyak sekali ilmu maupun pengetahuan pada saat kamu menjadi anggota Patroli Keamanan Sekolah. Mohon maaf apabila dalam penyampaian informasi ini terdapat kesalahan baik Bahasa maupun penulisan dan semoga informasi yang penulis sampaikan ini bermanfaat untuk kamu.

0 comments:

Posting Komentar