Selasa, 10 Maret 2020

Keutamaan Menunaikan Umrah Di Bulan Rajab


Banyaknya para jama’ah yang melaksanakan ibadah umrah pada setiap bulannya selain pada saat bulan haji merupakan hal yang lumrah terjadi di tanah suci dengan padatnya suasana kota akibat kedatangan tamu dari berbagai macam penjuru dunia dengan tujuan melaksanakan ibadah umrah. Kini Anda bertanya-tanya apa sajakah atau adakah keistemawaan pada saat melaksanakan ibadah umrah dibulan – bulan tertentu? Jawabannya adalah penulis akan merangkumnya dibawah ini yakni di bulan Rajab.

1. Pertama:

Sepengetahuan dari kami, tak ada yang namanya ketetapan dari Nabi Muhammad SAW mengenai keutamaan khusus untuk para jama’ah melaksanakan ibdah umrah di bulan Rajab ataupun semacam anjuran untuk melaksanakannya. Yang memiliki ketetapannya ialah keutamaan melaksanakan umrah pada saat bulan Ramadhan dan juga di bulan-bulan Haji yakni Syawwal, Dzulqaidah dan Dzulhijjah.



Tak ada riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW s menunaikan ibadah umrah pada saat bulan Rajab,  bahkan Aisyah mengingkarinya dengan mengatakan: “Rasulullah SAW tak pernah menunaikan umrah pada saat bulan Rajab.” (HR. Bukhari, 1776 dan Muslim, 1255)

2. Kedua:

Di antara bid’ah dalam agama ialah apa yang dilakukan sebagian orang dengan mengkhususkan  menunaikan ibadah umrah pada saat bulan Rajab. Sebab orang yang telah terkena kewajiban tak diperkenankan  mengkhsususkan ibadah pada waktu-waktu tertentu kecuali terdapat  ajaran dari agama.

Ibnu Al-Atthar, murid dari Imam Nawawi rahimahumallah pernah berkata: “Di antara riwayat yang sampai  kepadaku dari sumbernya penduduk Mekkah, semoga Allah SWT menambahi kemuliaan, ialah kebiasaan memperbanyak ibadha umrah pada bulan Rajab. Hal Ini tak aku ketahui asalnya dari mana. Yang ada ialah hadits bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Umroh di bulan Ramadhan (pahalanya) akan setara dengan melaksanakan ibadah haji.”


Syekh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah berkata dalam fatwanya, 6/131: ”Adapun mengkhususkan beberapa hari pada bulan Rajab dengan cara berziarah (umrah) dan juga lainnya, hal ini tak ada dasarnya. Sebagaimana telah di nyatakan oleh Abu Syamah dalam kitab Al-Bida’ wal Hawadits bahwasannay tak boleh mengkhususkan ibadah pada waktu yang dikhusukan oleh agama. Tidak ada keistimewaan antara satu waktu apa saja di bandingkan dengan waktu lainnya kecuali apa yang telah di tetapkan keutamaannya dalam, baik cabang di antara ibadah ataupun keutamaan semua amalan kebaikan di dalamnya di bandingkan pada (bulan-bulan) lainnya. Oleh sebab itu para ulama mengingkari pengkhususan bulan Rajab dengan memperbanyak umrah di dalamnya.”

Akan tetapi , tak ada salahnya Anda melaksanakan ibadah umrah di bulan Rajab sebab tak ada larangannya. Niatkan lurus bahwa Anda ke tanah suci adalah untuk menunaikan ibadah sebagaimana yang dianjurkan oleh Allah SWT serta niatkan untuk mensucikan diri dari banyalnya dosa dalam tubuh ini. Semoga Anda pulang ke tanah air tanpa ada kekurangan sedikitpun dan pulang memperoleh title mabrub Aamiin Ya Rabbal Alamin.


0 comments:

Posting Komentar