Senin, 16 Maret 2020

Honda Beat Tampil Stylish Dengan Desain Lampu LED


Honda BeAT kini tampil dengan desain lampu depan yang sudah LED dan tampil dengan desain semakin modern hingga dapat menambah kepercayaan diri para pengendaranya. Teknologi LED atau Light Emitting Diode hadir di Honda BeAT sebagai  bagian lampu utama. Lampu LED sendiri dipilih karena mempunyai banyak keunggulan dibandingkan bohlam halogen konvensional.

Lampu LED merupakan diode pancaran cahaya yang tersusun menjadi sebuah lampu. Jenis lampu ini terbuat dari bahan semikonduktor . Penggunaan Lampu LED juga diterapkan di beberapa varian terbaru Honda, termasuk Honda BeAT. Tentu ada banyak hal yang mendasari alasan digunakannya lampu jenis ini. 


Apa saja keunggulan dari Lampu LED pada saat digunakan pada bagian lampu utama sepeda motor? Berikut ini beberapa keunggulan dari Lampu LED:

1. Awet dan Tahan Lama
Lampu utama merupakan salah satu komponen sparepart sepeda motor yang biasanya sering rusak dan perlu penggantian. Untuk dapat meningkatkan daya tahan dan keawetan dari komponen ini, maka pabrikan motor bergeser ke jenis LED. Ketahanan lampu ini disebabkan karena pemakaian daya yang kecil sehingga dapat memperpanjang usia pakai lampu. Selain itu juga, faktor penyebab lampu LED bisa lebih awet dan tahan lama adalah dalam hal pengontrolan suhu. Lampu tidak akan mengalami overheat meskipun dihidupkan dalam durasi lama.

2. Cahaya Lebih Terang
Kelebihan lampu LED pada motor selanjutnya adalah intensitas cahaya yang lebih terang apabila dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional maupun lampu halogen. Selain itu, lampu LED mempunyai daya penyinaran yang lebih panjang. Pancarannya juga stabil karena tidak mengikuti putaran mesin dan bisa dinyalakan sejak motor diputar kunci kontaknya ke posisi “ON”.

3. Tahan Guncangan
Lampu LED merupakan komponen elektronik solid state, sehingga membuatnya tahan terhadap guncangan. Dimensi juga cukup kecil sehingga praktis dari sisi penempatan karena tidak memerlukan ruangan yang besar.


4. Lebih Fokus
Kelebihan dari lampu LED bukan hany intensitas pencahayannya yang terang, akan tetapi sinar cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED juga lebih fokus. Hal ini menjadi salah satu poin penting dalam hal berkendara roda dua, terutama pada saat malam hari.

5. Objek Tampak Nyata
Karena sinar LED berwarna terang dan netral, warna yang dipancarkan seperti sinar matahari pada siang hari. Jadi , apabila terkena suatu objek maka warna yang dihasilkan akan realistis seperti warna sebenarnya. Hal ini sangat berbeda dengan bohlam konvensional yang warnanya lebih ke warna filamen kekuning-kuningan.

6. Lebih Efisien
Salah satu yang menjadi dasar diciptakan lampu LED pada motor adalah berkaitan dengan efisiensi daya yang digunakan. Efisiensi lampu LED bisa dibilang lebih tinggi karena membutuhkan daya yang kecil dari segi konsumsi listrik yang dibutuhkan. Dengan tingkat efisiensi daya yang tinggi, membuat lampu LED lebih hemat daya serta tidak memberikan beban daya dari aki maupun sistem kelistrikan motor. Keunggulan lampu LED semakin terasa ketika diberlakukan aturan penggunaan lampu pada sepeda motor pada saat ini harus dinyalakan sepanjang berkendara.

7. Menjadi Lebih Hemat
Karena usia pakainya yang lebih panjang dibandingkan dengan lampu bohlam biasa pada motor, maka lampu LED menjadi sangat hemat karena tidak sering membutuhkan penggantian. Ongkos perawatan pada bagian komponen lampu pun bisa menjadi efisien.

Hadirnya Honda Beat menggunakan lampu LED menjadikan tampilan dari motor ini menjadi terlihat stylish serta keren. Meskipun tidak memerlukan perawatan yang rumit, sebaiknya pengecekan tetap dilakukan saat servis rutin untuk memastikan kinerjanya. Dengan demikian, penggunaan lampu LED tidak hanya memberikan kesan estetika saja tetapi juga fungsi dan kualitas penerangan juga menjadi sangat baik. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.


0 comments:

Posting Komentar