Senin, 02 Maret 2020

Cara Mengolah Daging Kambing Yang Benar


Daging kambing merupakan menu favorit bagi para pencinta kuliner, kelebihan dari daging kambing adalah harganya yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan harga daging sapi dan unta. Oleh karena itu, daging kambing selalu menjadi dominasi dan juga paling banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat.

Salah satu ciri yang sangat identik dengan daging kambing ialah aromanya yang sangat khas atau berbau prengus. Prengus merupakan aroma yang sangat khas pada kambing yang mana bau ini berasal dari cairan yang bernama feromon yang mana dihasilkan oleh tubuh kambing itu sendiri, terutama pada kambing yang berjenis kelamin jantan. Dengan aroma yang sangat khas dari kambing inilah yang akan dapat menimbulkan aroma yang tak akan hilang walaupun telah dimasak hal ini disebabkan oleh kesalahan dalam hal mengolahnya . Hal ini akan berefek hidangan itu sangat tidak berasa lezat untuk dinikmati.
     


Lantas, bagaimanakah cara untuk dapat menghilangkan aroma yang khas pada daging kambing ini serta bumbu apa yang dapat digunakan guna membanu menghilangkan aroma in? Yuk kita simak tips nya untuk Anda:

1. Jangan cuci daging kambing tapi langsung rebus saja

Biasanya pada saat sebelum memasak daging maka hal yang paling pertama dilakukan adalah mencuci terlebih dahulu daging tersebut. Namun, hal ini tak berlaku pada daging kambing, sebab jika Anda mencucinya tekstur dari daging kambing akan jadi lebih keras dan aroma yang ada pada kambing akan semakin tak hilang.

Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk langsung merebus daging kambing tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu. Jika telah selesai maka segera buang air rebusan tersebut baru setelah itu Anda dapat mengolahnya. Akan tetapi, jika Anda merasa kurang yakin akan kehigienisan rumah tempat Anda membeli daging tersebut  maka Anda dapat mencucinya guna dengan tujuan menjaga kebersihan daging tersebut. Tapi, perlu diingat bahwa daging tersebut boleh dicuci asalkan tak terendam oleh air dan segera Anda tiriskan.

2. Manfaatkan Jeruk Nipis

Untuk dapat menghilangkan aroma yang tak sedap pada daging kambing, maka Anda dapat mensiasatinya dengan cara menggunakan cairan yang berasal dari perasan jeruk nipis untuk dapat menghilangkan aromanya. Bukan hanya bisa membantu melunakkan dan juga mengurangi bau amis dari daging tersebut. Namun, air jeruk nipis bisa membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di daging tersebut. Lumurilah daging kambing yang mentah tersebut dengan menggunakan air perasan dari jeruk nipis. Diamkanlah selama kurun waktu kurang lebih setengah jam, lalu masak seperti biasanya.

3. Siramkan Cairan Nanas Pada Daging Kambing

Getah dari buah nanas yang sangat tajam dapat Anda manfaatkan untuk dapat melunakkan dari daging kambing yang tergolong alot. Bukan hanya itu buah nanas juga dapat membantu mengatasi aroma amis yang berasal dari daging kambing. 


Cara pengaplikasiannya adalah dengan cara melumuri daging kambing yang masih mentah dengan parutan buah nanas, lalu diamkan kurun waktu kurang lebih setengah jam. Setelah proses itu selesai maka olah seperti biasa.

4. Manfaatkan Daun Jambu Biji

Bukan hanya dapat membantu mengobati masalah diare, namun daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan bau prengus yang sangat khas berada di daging kambing. Lalu kini Anda bertanya bagaimana cara pengaplikasiannya? Caranya adalah dengan cara pertama ambil beberapa lembar daun jambu biji, lalu remas-remas daun tersebut  bersama dengan daging kambing pada saat sebelum dimasak. Lakukan hal ini beberapa menit lalu daging kambing siap untuk dapat dimasak.

5. Bersihkan Lemak Daging Kambing

Kandungan lemak yang mana menempel pada area daging kambing dapat menjadi salah satu penyebab akan timbulnya bau prengus ini meskipu telah dimasak. Oleh sebab itu, pada saat sebelum dimasak ada baiknya lemak yang menempel didaging kambing haruslah Anda bersihkan terlebih dahulu. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda sebab daging yang tanpa lemak akan hanya mengandung sedikit kandungan kolesterol dan akan lebih aman serta sehat untuk Anda konsumsi.


7. Bungkus Daging Dengan Daun Pepaya

Bukan hanya menggunakan buah-buahan yang dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing, namun daun pepaya juga dapat Anda gunakan untuk dapat melembutkan serta membantu mengatasi aroma yang tak sedap pada daging kambing. 


Caranya adalah bungkuslah daging kambing yang masih mentah dengan menggunakan media daun pepaya. Kandungan Enzim yang terdapat didalam daun pepaya mampu membantu menjadikan daging kambing menjadi lebih empuk.

8. Gunakan Susu

Bukan hanya menggunakan media rempah-rempah saja untuk dapat menghilangkan bau prengus yang ada pada kambing. Namun, Anda dapat mengatasi hal ini dengan memanfaatkan susu. Kandungan zat gizi yang terdapat didalam susu mampu melunakkan daging kambing sehingga akan menjadi lebih empuk dan juga enak. Rendamlah daging kambing tersebut selama kurun waktu sehari semalam dalam cairan susu guna memperoleh hasil yang sangat maksimal.

Sekian informasi yang saya sampaikan untuk Anda tentang Cara Mengolah Daging KambingYang Benar, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan jaga terus kesehatan ya sobat.

0 comments:

Posting Komentar