Sabtu, 21 Maret 2020

Barang-Barang Yang Dapat Dijadikan Buah Tangan Dari Tanah Suci


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai oleh-oleh makanan dan minuman yang dapat dijadikan buah tangan pada saat pulang ke tanah air selesai menunaikan ibadah haji maupun umrah di Baitullah. Pada artikel kali ini kita akan lebih fokus kepada barang-barang yang dapat Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga maupun sanak saudara yang ada di tanah air. Penasaran apa saja barang-barang yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang juga kaya akan manfat-manfaatnya? Penasaran apa saja barang-barang tersebut? Ini dia penjelasan singkatnya:

1. Sajadah

Sajadah merupakan sebuah media yang digunakan sebagai alas dari umat muslim untuk sujud pada saat sholat. Sajadah dapat di jadikan sebagai barang buah tangan untuk sanak keluarga dan kerabat, banyaknya manfaat dari sajadah ini dan juga sajadah lebih praktis dengan harga yang juga terjangkau membuat sajadah banyak digandrungi oleh jama’ah yang ada di tanah suci guna dijadikan oleh-oleh ketika pulang ke tanah air. Harga sajadah berkisar mulai dari Rp250.000,00 hingga mencapai Rp3.500.000,00 per kodinya. Relatif terjangkau, bukan? Selamat mencobanya.

2. Tasbih

Yang kedua adalah tasbih. Tasbih merupakan media yang mana digunakan untuk berdzikir kepada Allah SWT. Tasbih juga terdiri dalam berbagai macam jenis ukuran dan juga warna serta bahan. Anda bisa membeli oleh-oleh tasbih yang berbahan dasar kayu ataupun batu yakni sesuai dengan selera Anda. Nah, perlu Anda ketahui pula terdapat tashbih yang terdiri dari bahan kayu koka yang sangatlah identik atau khas serta banyak sekali di buru oleh para jama’ah haji maupun umrah.


3. Mukena

Mukena adalah media yang digunakan sebagai alat ibadah bagi kaum hawa. Mukena memanglah sangat populer untuk dijadikan sebagai buah tangan pada saat selesai menunaikan ibadah haji.
Terdapat  banyak model mukena dengan berbagai macam bahannya yang dijual grosiran di pasar. Terdapat mukena Dubai spandex ,mukena katun paris bermotif, mukena dengan bahan polyester, mukena katun Jepang, dan juga parasut Anda bebas memilihnya

4. Kopiah

Kopiah atau juga yang biasa disebut dengan peci merupakan perlengkapan salat bagi kaum adam. Kopiah atau peci biasanya digunakan pada saat salat guna menutup bagian kepala dan juga ujung rambut kaum adam. Apabila, Anda menginginkan kopiah atau peci digunakan sebagai oleh-oleh pada saat selesai ke tanah suci guna menunaikan ibadah umrah atau haji, maka ada baiknya Anda membeli kopiah atau peci dengan berbahan benang kait. Bukan hanya bahannya yang sejuk, kopiah dengan benang kait juga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala Anda.

5. Siwak

Kayu siwak merupakan kayu yang berukuran kecil yang dipergunakan untuk dapat bersiwak atau menggosok gigi. Terdapat banyak sekali pedagang yang menjual kayu siwak. Anda dapat membeli kayu siwak yang masih terkategori segar, sebab getahnya mampu membunuh berbagai macam kuman di dalam mulut.

6.Pacar (pewarna kuku dan kulit)

Nah yang keenam yang pastinya tak luput dari perhatian adalah pacar atau pewarna kuku dan kulit. Biasanya di Arab Saudi pacar digunakan sebagai ritual perkawinan. Terdapat dua jenis pacar, yakni pacar yang berbentuk pasta (henna) dan berbentuk bubuk.

7. Berbagai Kosmetik

Yang ketujuh adalah barang-barang yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh seusai dari tanah suci adalah berbagai macam kosmetik, misalnya saja celak pensil, parfum, dan juga lipstik. Jika Anda bertanya mengenai harga nya. Maka harga satu lusinnya yakni sekitaran angka Rp60.000,00. Oleh-oleh ini sangat mudah untuk dibawa serta  tak banyak memakan tempat apabila disimpan di dalam koper.


8. Baju Khas Timur Tengah

Nah, yang terakhir ini dapat dijadikan solusi buat Anda yang lupa atau tidak sempat membelikan oleh-oleh ketika berada di Arab Saudi. Maka Anda dapat mensiasatinya dengan cara membeli oleh-oleh baju khas dari Timur Tengah, Anda dapat dengan mudah membelinya di Tanah Abang, Jakarta, ataupun di Kampung Arab di Jalan Ampel Suci, Kota Surabaya. Di sana terdapat berbagai macam model baju yang sangat khas dari Timur Tengah baik itu bagi kaum pria maupun kum wanita.

Itu dia delapan barang-barang yang dapat Anda jadikan sebagai barang oleh-oleh pada saat Anda berada di tanah air untuk sanak keluarga maupu tetangga yang berada ditanah air . Demikianlah 8 barang yang dapat penulis sarankan dan hidangkan untuk Anda para pembaca. Semoga Anda menjadi haji yang mabrub Aamiin. Saran juga untuk Anda apabila membeli barang-barang tersebut dengan grosiran maka akan memperoleh harga yang jauh lebih murah. Selamat mencoba dan semoga berkah apa yang Anda berikan untuk sanak keluarga, kerabat, tetangga, teman kantor dan lain sebagainya.

0 comments:

Posting Komentar