Senin, 02 Maret 2020

Astra Motor Pontianak Berikan Edukasi Safety Riding Untuk Komunitas Honda CBR

Edukasi safety riding merupakan pemberian pembekalan pemahaman yang sangat penting untuk masyarakat karena dalam edukasi safety riding para peserta akan dibekali berupa pemahaman serta praktek tentang tata cara menggunakan kendaraan sepeda motor yang baik dan benar pada saat dijalan raya. Astra Motor Ponianak tidak pernah berhenti dan secara terus-menerus melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang cara aman dan nyaman berkendara dijalan raya.

Tim Safety Riding Astra Motor melakukan eduksi keselamatan berkendara diberbagai kalangan. Mulai dari ke sekolah-sekolah, intansi pemerintahan, kantor swasta serta Komunitas  Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community). Beberapa waktu lalu Astra Motor Pontianak melakukan edukasi safety riding untuk Honda CBR Independent (HCI) Pontianak.



TUJUAN EDUKASI SAFETY RIDING

Kegiatan ini bertujuan guna mengurangi resiko kecelakaan di kalangan komunitas motor serta mencetak agent safety riding dari Community Honda yang ada di Kalimantan Barat. Seluruh peserta tentunya di bekali dengan berbagai macam materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan juga kesadaran pada saat berkendara. Untuk selanjutnya,diharapkan kepada para peserta yang telah mengikuti edukasi ini mampu menerapkan dan menyebarkan virus keselamatan kepada member club lainnya.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian mengatakan, Komunitas tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam hal mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli dengan keselamatan biker lainnya dilingkungan Komunitas. 

“Pelatihan Safety Riding merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan atau skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error. ” ungkap Dony.

PESERTA ANTUSIAS MENGIKUTI SAFETY RIDING

Sejumlah peserta yang mengikuti pelatihan tampak sangat antusias selama mengikuti pelatihan. Bukan hanya pelatihan namun juga ada berbagai hadiah yang dihadirkan untuk para peserta. Edukasi safety riding terdiri dari pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas, praktek yang meliputi teknik menikung, teknik berbelok, teknik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan di jalur yang sudah disiapkan.  


“Ini merupakan pelatihan yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam pelatihan ini.“ ujar salah satu peserta kompetisi.

Dony Adrian, juga menjelaskan bahwa terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan
Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab kecelakaan adalah nyatanya kendaraan yang kita gunakan, maka dari itu sudah semestinya sebelum kita berkendara, kita memastikan apakah kendaraan yang kita gunakan sudah siap untuk dikendarai. Kita juga harus rutin secara berkala mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan lain sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai dengan standar agar pada saat berkendara kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Lingkungan dan cuaca
Faktor kedua yang bisa menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.


3. Faktor manusia
Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI,  jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan  sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Sekian informasi yang dapat saya berikan untuk kamu tentang kegiatan Astra Motor Pontianak Berikan Edukasi Safety Riding Untuk Komunitas Honda CBR Independent Pontianak. Jika ada pihak sekolah maupun instasi pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi tentang edukasi safety riding maka bisa menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor:
Dony Adrian (Hp. 085249819160).

0 comments:

Posting Komentar