Rabu, 11 Maret 2020

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Helm


Masyarakat Indonesia kini lebih senang menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan transportasi umum. Hal ini tentunya banyak faktor yang membuat masyarakat lebih senang menggunakan kendaraan pribadi, apalagi sepeda motor. Mudah dan murahnya untuk mendapatkan sepeda motor melalui kredit dan lain sebagainya menjadikan masyarakat sangat mudah untuk memiliki sepeda motor. Masyarakat juga lebih senang hal-hal yang praktis dan mudah makanya masyarakat lebih senang menggunakan sepeda motor. Akan tetapi, maraknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi membuat arus lalu lintas dijalan raya semakin padat dan membuat tingkat resiko kecelakaan dijalan raya semakin tinggi. Tingkat kesadaran masyarakat tentang cara aman dan nyaman untuk berkendara yang baik dan benar pada saat ini masih terbilang sangat rendah.

Hal yang Harus dilakukan Sebelum Berkendara

Dari hal sederhana yang seharusnya dilakukan oleh pengendara sebelum berkendara adalah pengendara harus melengkapi surat-surat sebelum berkendara baik itu SIM dan STNK. Selain itu, sepeda motor juga harus lengkap tentang peralatannya baik itu spion, lampu dan lainnya serta pengendara wajib menggunakan helm. Banyak pengendara yang tidak menggunakan helm dengan alasan jarak yang dekat, padahal menggunakan helm berfungsi sebagai alat pelindung kepala jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat terjadi kecelakaan dijalan raya.


Mindset yang harus diubah dimasyarakat adalah menggunakan helm bukan hanya untuk menghindari razia polisi , akan tetapi menggunakan helm bertujuan agar dapat melindungi kepala dari benturan. Pernahkah kita berpikir jika kecelakaan bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun serta tidak memandang dekat atau jauhnya jarak tempuh kita.

Kepala merupakan salah satu organ terpenting bagi manusia, banyak kasus kecelakaan yang terjadi jikalau kepada sudah kebentur maka akan sedikit susah untuk diselamatkan. Banyak resiko yang bisa terjadi apabila kepala sudah kebentur, bisa saja gegar otak hingga yang lebih parah adalah kematian.

Kenapa Harus Menggunakan Helm Ketika Berkendara?

Dengan melihat pemaparan diatas bahwasannya banyak pengendara sepeda motor yang masih rendah tingkat kesadarannya untuk menggunakan helm , maka pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang alasan kenapa pengendara wajib menggunakan helm, ini dia alasannya:

1. Melindungi Kepala
Seperti yang dikatakan diatas bahwasannya yang menjadi alasan kenapa kita wajib menggunakan helm pada saat berkendara adalah agar bisa melindungi kepada dari berbagai macam benturan yang bisa saja terjadi pada saat kita berkendara dijalan raya.

2. Membuat Rasa Aman
Hal lain yang menjadi alasan kenapa kita wajib menggunakan helm pada saat berkendara adalah untuk membuat rasa aman pada saat berkendara. Pada saat hati kita menjadi tenang dan merasa aman maka berkendara lebih menjadi menyenangkan.

3. Menambah Kepercayaan Diri
Menggunakan helm nyatanya bisa menambah kepercayaan diri. Jadikah menggunakan helm sebagai style dan membuat penampilan jadi lebih keren. Gunakan helm yang modis dan keren, misalnya saja untuk kamu pengguna motor sport bisa menggunakan helm full-face. Jadi helm bukan hanya bisa membuat melindungi kepala, akan tetapi juga bisa menambah kepercayaan pada saat berkendara dan membuat kita menjadi lebih aman dan lebih pede berakselerasi.

4. Melindungi Wajah Dari Paparan Matahari
Selain berfungsi untuk melindungi kepala dari berbagai macam benturan, nyatanya helm juga berfungsi sebagai pelindung dari paparan teriknya matahari yang dapat membuat kulit diarea wajah menjadi hitam akibat paparan matahari dan polusi. Dengan adanya kaca (visor) mata juga berfungsi agar terhindar dari serangga, debu dan kerikil.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Alasan Mengapa Harus Menggunakan Helmkurang dan lebihnya mohon maaf. Yuk mulai membiasakan menggunakan helm pada saat berkendara sepeda motor.


0 comments:

Posting Komentar