Minggu, 15 Maret 2020

7 Upaya Mengantisipasi Corona Virus


Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Kini dunia sedang digemparkan dengan wabah yang cepat sekali menyebarnya yakni Coronavirus. Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan mengakibakan tak sedikit merenggut korban jiwa. Wabah ini mulanya berasal dari Wuhan, China lalu kini sulit dibendung akan penyebarannya yang sudah ke penjuru dunia. Banyak negara yang warga negaranya terjangkit virus ini, sebut saja Italia, Iran dan termasuk Indonesia. Coronavirus diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan dapat menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antar manusia kemungkinan besar terjadi melalui percikan dahak pada saat batuk ataupun bersin.

Pada saat seseorang terinfeksi virus Corona, maka akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Akan tetapi, beberapa hari setelah itu, orang yang terserang infeksi virus corona dapat mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia). Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan infeksi virus Corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kepada masyarakat agar tidak memandang sepele virus yang satu ini dan senantiasa melakukan tindakan berupa pencegahan.


Agar tidak terkena penularan penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Honda Kalbar telah merangkum 7 Upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona:

1. Sering Mencuci Tangan Dengan Sabun
Upaya  pertama yang harus dilakukan untuk mencegah agar corona virus tidak masuk ke tubuh adalah dengan sering mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Cucilah tangan dengan air yang mengalir serta menggunakan sabun, setidaknya selama kurang lebih 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk pada bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan juga kuku. Setelah itu, keringkan tangan dengan menggunakan tisu, handuk bersih, ataupun mesin pengering tangan.


Untuk kamu yang lebih banyak melakukan aktivitas diluar ruangan maka biasanya akan sangat sulit menemukan air dan sabun maka dari itu kamu bisa membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Cucilah tangan secara teratur, terutama pada saat sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, serta setelah batuk atau bersin.

2. Menggunakan Masker
Upaya pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan corona adalah dengan cara menggunakan masker. Perlu kamu ketahui bahwasannya terdapat dua tipe masker yang bisa kamu gunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker tergolong sekali pakai yang umum digunakan. Masker jenis ini mudah sekali ditemukan, harganya juga terbilang terjangkau dan nyaman untuk digunakan sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini pada saat beraktivitas sehari-hari.

Cara menggunakan masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.


Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Konsumsi Gizi Seimbang
Tahukah kamu ternyata daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam jenis makanan sehat, seperti halnya sayuran ,buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

4. Menghindari Kontak Dengan Hewan
Coronavirus jenis baru sangat diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan jenis tersebut. Dengan kita menghindari kontak dengan hewan maka sebuah upaya agar corona tidak masuk ke tubuh kita.

5. Rajin Olahraga dan Tidur yang Cukup
Rajin olahraga dan tidur yang cukup dapat mencegah virus corona masuk kedalam tubuh kita. Dengan stamina tubuh yang fit maka virus akan tidak mudah merasuki tubuh. Selain itu, sangat dianjurkan juga untuk tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.


6. Jangan Mengonsumsi Daging Yang Tidak Masak
Jika ingin mengonsumsi daging ataupun ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar sebab sebagaimana kita ketahui jika corona berasal dari hewan, maka dari itu jika kita mengkonsumsi hewan dan tidak dimasak maka takutnya masih ada virus didalam hewan tersebut.

7. Memeriksakan Kesehatan Jika Mengalami Gejala
Bila kamu mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, maka segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Mungkin sekian yang bisa penulis sampaikan terkait 7 Upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona , semoga kita selalu sehat dan dijauhi oleh wabah ini. Agar tidak tertular virus corona, sangat disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.




0 comments:

Posting Komentar