Kamis, 19 Maret 2020

5 Kelemahan Umrah Backpacker

Seluruh umat muslim yang ada di dunia ini tentu saja ingin dapat berkunjung ke tanah suci Mekkah guna melaksanakan ibadah umrah maupun haji. Benar tidak? Berbagai macam cara mereka lakukan demi dapat menjadi tamu Allah SWT di Baitullah baik itu dengan cara menabung bertahun-tahun dan lainnya. Pada saat sekarang ini banyak sekali informasi-informasi  yang menawarkan sebuah umroh dengan basis backpacker dan juga membanding-bandingkannya dengan umroh biasa yang menggunakan jasa biro perjalanan. Tujuannya adalah satu setiap muslim menginginkan menginjakkan kaki mereka ke Tanah Suci Mekkah, akan tetapi terkadang masih terkendala dengan yang namanya biaya.

Memang telah kita ketahui bersama jika ibadah umroh memanglah lebih ekonomis dan juga lebih fleksibel apabila dibandingkan dengan ibadah haji. Oleh sebab itulah, ibadah haji kecil ini sangat banyak diminati oleh para jama’ah . Bahkan, yang sekarang ini menjadi sebuah tren adalah umroh backpacker.


Apa itu Umroh backpacker? Umroh backpacker adalah suatu rangkauan ibadah umroh yang di lakukan secara mandiri tanpa adanya mengikuti paket dari agen biro perjalanan (travel), oleh karena itu para jama’ah dapat mengatur waktu dan diri mereka sendiri segala sesuatunya dengan lebih leluasa dan juga efisien. Misalnya saja , biayanya yang jauh lebih hemat. Walaupun demikian, Anda harus tetap selalu memperhitungkan akan segala macam resikonya yang dapat kapan saja timbul mengahantui Anda selama perjalanan beribadah ke tanah suci.

Berikut ini adalah berbagai macam masalah atau kekurangan jika Anda melaksanakan umroh backpacker, Penasaran? Simak ulasan lengkapnya:

1. Waktu

Yang paling pertama kekurangan melakukan umrah backpacker adalah waktu yang di butuhkan itu menjadi jauh lebih lama. Hal ini disebabkan oleh para jama’ah ini tidak langsung menuju ke Negara Arab Saudi , melainkan mereka harus mengalami transit di beberapa negara bahkan hingga berjam-jam. Hal ini mereka lakukan demi menghemat biaya akomodasi transportasi tiket pesawat.

2. Visa

Nah, yang kedua adalah yang perlu Anda ketahui dan Anda catat saking ketatnya pemberian visa dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuat beberapa orang yang menggunakan umrah backpacker ini berangkat ke tanah suci dengan menggunakan visa pendidikan ataupun visa bekerja. Walaupun terdapat beberapa jama’ah yang memperoleh visa umrah dengan meminta bantuan dari pihak travel.

3. Adanya masalah yang diluar dugaan

Selanjutnya adalah kita sebagai manusia tidak akan pernah tau kapan masalah akan muncul, benar tidak? Pada saat selama Anda berada di Tanah Suci Mekkah, maka Anda bisa saja tertimpa masalah misalnya saja penyakit, ataupun masalah kehilangan dokumen yang tergolong penting. Maka dari itu apabila Anda menggunakan jasa biro perjalanan maka bantuan akan lebih mudah Anda dapatkan dari pada Anda menggunakan cara umrah backpacker.


4. Bisa membuat ibadah menjadi kurang khusyuk

Selanjutnya dan yang keempat adalah bisa membuat ibadah menjadi kurang khusyuk hal ini disebabkan segala macam keperluan umrah backpacker dilakukan secara sendiri atau mandiri, yang mana pada artinya Anda memang telah harus mengurus sendiri hal-hal tersebut hingga hal yang tergolong kecil sekalipun. Bagi Anda yang baru pertama kali dan belum memiliki pengalaman maka dalam hal mengurus hal seperti hal semacam ini akan terasa sangat sulit. Seperti halnya mengurus tempat hotel atau penginapan, akomodasi tiket transportasi pesawat , ataupun visa seperti hal yang telah kami sebutkan di atas. Dampaknya adalah, apabila Anda merasa kelelahan akibat repotnya mengurus akan semua hal itu maka ibadah Anda bisa menjadi kurang fokus alias menjadi kurang khusyuk.


5. Tak adanya pendamping

Yang terakhir adalah tak adanya pendamping, seperti sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap biro perjalanan umrah maupun haji memiliki pembimbing yang mana telah kaya akan pengalaman di tanah suci Mekkah. Dengan adanya pendamping ini kita bisa bertanya-tanya mengenai seputar ibadah haji maupun umrah dan juga ia merupakan semacam tour gaide untuk memberikan informasi kepada kita semua yang belum paham dan belum tau akan kondisi yang ada di Arab Saudi. Jika, Anda melakukan umrah backpacker maka telah di bahas tadi yakni dilakukan dengan cara mandiri atau sendiri tentunya akan sangat sulit untuk Anda lakukan apalagi Anda baru pertama kali menginjakkan kaki di tanah suci. Niat dan tujuan Anda memanglah sangat amat baik untuk dapat berkunjung ke Baitullah tuk menjadi tamu Allah SWT.

Itu dia 5 kekurangan atau dampak jika Anda melaksanakan ibadah umrah secarabackpacker tanpa menggunakan jasa biro perjalanan umrah maupun haji. Maka dari itu kami sangat menyarankan untul Anda memperhatikan dan memikir ulang jika ingin melaksanakan ibadah haji dengan cara umrah backpacker ini.




0 comments:

Posting Komentar