Selasa, 03 Desember 2019

SMKN 7 Pontianak Menjadi Sekolah Binaan Pertama Safety Riding Di Kalbar

PT. Astra International, Tbk - Honda selaku main dealer motor Honda di Kalimantan Barat, tidak henti-hentinya untuk selalu memberikan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah efukasi safety riding yang selalu diselenggarakan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar. Astra Motor Pontianak memberikan edukasi safety riding diperuntukkan ke berbagai kalangan, misalnya saja sekolah TK, SD, SMP, SMA, UNIVERSITAS dan Instansi Pemerintahan. 

Astra Motor sangat fokus terhadap keselamatan berkendara untuk masyarakat di Kalimantan Barat . Bukan hanya, memberikan pengetahuan tentang cara berkendaraan yang baik dan benar serta aman, Astra Motor Pontianak melalui tim safety riding-nya menjadikan SMK Negeri 7 Pontianak sebagai sekolah binaan Safety Riding Honda yang pertama di Kalimantan Barat.


Sebagai binaan, Astra Motor sudah membangun insfratruktur keselamatan sekolah. SMK Negeri 7 Pontianak dipilih sebagai sekolah pertama binaan safety riding di Pontianak karena memiliki konsep dan pemikiran keselamatan yang sama dengan Honda dan sekolah tersebut juga merupakan sekolah binaan Technical Service Astra Motor yang sudah lama bekerja sama dengan Astra Motor.

"Kami sangat berharap Sekolah Binaan Safety Riding Honda ini mampu memberikan kesadaran dan sebagai pelopor keselamatan bagi para pengguna sepeda motor khususnya bagi para pelajar di SMKN 7 Pontianak yang pada akhirnya bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas", ujar Dony Adrian selaku instruktur Safety Riding Astra Motor.


Beberapa bentuk peralatan keamanan lalu lintas yang dibangun berupa rambu-rambu lalu lintas seperti rambu di area parkir, rambu penyeberang jalan, rambu wajib helm, rambu wajib SIM dan STNK, helm, rambu batas kecepatan, papan Kontrol keselamatan, dan papan kontrol pelanggaran yang berfungsi sebagai parameter tingkat pelanggaran yang dilakukan para siswa di kawasan sekolah. Dengan adanya papan kontrol pelanggaran tersebut memudahkan pihak sekolah menganalisa kecelakaan secara periodik.

Selain itu juga Team safety Riding Astra Motor memberikan bekal kepada Team Task Force SMKN 07 Pontianak yang terpilih berkenaan Skill kemampuan Safety Riding di sekolah tersebut seperti pengetahuan teori safety riding, skill ballacing, skill slalom course, teknik menikung agar mereka bisa memberikan edukasi safety riding kepada siswa lainnya.
Manager Marketing Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat Pontianak perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. 


Maka dari itu, Astra Motor selaku pelopor keselamatan berkendara yang juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan berbagai instansi pemerintahan seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan guna memberikan dan menyebarkan virus positif arti pentinya edukasi safety riding dengan tagline keselamatan berkendara Honda #cari_aman.

Dengan adanya program Sekolah Binaan Safety Riding Honda ini, kita ingin menjadikan institut pendidikan sebagai model dan pelaku aktif dalam pendidikan berkendara yang aman dan nyaman. Sehingga sekolah sebagai sumber pendidikan keselamatan berkendara bagi guru dan siswa pada khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya. Terangnya.

Honda Kalbar atau Astra Motor Pontianak selalu memberikan manfaat bagi semua kalangan. Bukan hanya berkonsentrasi pada penjualan unit motor mereka saja, namun lebih dari itu. Mereka hadir memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat salah satunya lewat edukasi safety riding ini. Sangat diperlukan sosialisasi semacam ini guna menekan angka kecelakaan lalu lintas yang ada di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak.


Dengan adanya edukasi dan layanan ke sekolah ataupu  instansi merupakan wujud nyata sebuah terobosan yang baik dan bermanfaat sebagai sarana untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang merugikan kita semua baik yang sifatnya materi maupun korban jiwa.

Saat ini, tindak kecelakaan memang sangat tinggi dan mengakibatkan banyak korban jiwa maupun kerugian harta benda. Celakanya, generasi muda memiliki persentase korban tertinggi setiap tahunnya. Emosi yang terbilang tak stabil dan jiwa muda yang menggelora menjadikan kaula muda sebagai persentase tertinggi tingginya tingkat kecelakaan, maka dari itu dengan adanya kegiatan ini, semoga kedepannya dapat mengurangi hal-hal yang tidak kita inginkan dan tindak kecelakaan lalu lintas semakin menurun. Untuk para peserta juga sebaiknya menjadi guru bagi orang-orang terdekat mereka tentang ilmu yang telah mereka dapatkan tentang mengendarai sepeda motor yang baik dan benar serta aman.

0 comments:

Posting Komentar