Selasa, 24 Desember 2019

Pilih Honda Beat Atau Honda Scoopy?

Honda Scoopy dan Beat, memang menjadi dua motor favorit yang digemari masyarakat. Meski berada pada perusahaan yang sama, yakni Astra Honda Motor, kedua motor ini juga berada di segmen mesin yang sama. Masing-masing motor ini dilengkapi dengan fitur dan desain yang berbeda. Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli diantara dua motor ini. Berikut ini kami akan review motor Honda beat dan Honda Scoopy, semoga bisa menjadi informasi bagi Anda dalam memilih motor sesuai dengan kebutuhan Anda.

Varian dan Harga

Honda Beat terdapat 3 varian yang terbagi lagi menjadi 7 tipe. Varian pertama adalah Sporty, yang sengaja dihadirkan untuk seluruh lapisan konsumen. Skutik ini dijual dalam 3 tipe, yakni Sporty Cast Wheel (CW) yang dibanderol seharga Rp 15,5 juta, Sporty Combi Brake System (CBS) seharga Rp 15,7 juta dan Sporty CBS-Idling Stop System (ISS) yang dijual dengan harga Rp 16,2 juta. Masing-masing varian punya opsi warna berbeda. Untuk CW hanya ada dua, Hard Rock Black dan Dance White. Lalu tipe CBS terdapat Techno Blue White, Garage Black, Funk Red White, sedangkan tipe CBS-ISS punya tiga pilihan: Fusion Magenta Black, Electro Blue White dan Soul Red White.


Varian yang lebih menyasar karakter konsumen muda, yakni terdapat Beat Pop. Sama seperti Sporty, ada 3 tipe yang disuguhkan Honda untuk Pop; Pop CW (Rp 15,05 juta), Pop CBS (Rp 15,25 juta) dan Pop CBS ISS (Rp 15,75 juta). Berbeda dengan Pop, pilihan warna tak dibedakan tipe, yaitu: Acoustic Black, harmony Black White, Symphony Blue White dan Groovy Red White. Sementara itu Honda Scoopy hanya ada 1 varian dengan 7 pilihan warna: Sporty Black, Sporty Red, Sporty White, Stylish Matte Brown, Stylish Black, Stylish Matte Red dan Stylish White. Harga Scoopy lebih mahal daripada Honda Beat, yakni seharga Rp 18, 3 juta.

Mesin

Scoopy di desain dalam format retro. Garis desainnya tidak tajam, Scoopy dipadukan pelek berukuran 12 inci, menjadikannya Scoopy sebagai motor yang cocok digunakan untuk Anda berkendara. Tak ketinggalan lampu proyektor LED yang dihadirkan Honda Scoopy memaksimalkan penerangan jalan. Di bawah joknya juga terdapat bagasi berkapasitas 15,4 liter. Untuk desain Honda Beat, masing-masing tipe punya tampilan berbeda. Sesuai namanya, Beat Sporty lebih punya lekuk yang tajam. Sedangkan garis bodi Pop lebih lembut, sehingga cocok untuk anak muda, khususnya untuk pengendara wanita.
Kedua skutik Honda ini, sama-sama ditenagai mesin 110cc berteknologi eSP (enhanced smart power), yang memastikan pembakaran lebih sempurna dan mengurangi gesekan antarkomponen. Sistem penyemprot bahan bakar ke ruang silinder mengusung injeksi PGM-FI. Selain itu, setelan diameter langkahnya juga sama yatu 50 x 55,1 mm dan rasio kompresi 9,5:1. Honda Scoppy disetel Honda lebih bertenaga daripada Beat. Keluaran daya maksimum skutik bergaya klasik ini mencapai 9,1 ps, sedangkan lini beat 8,69 ps. Begitu pula pada torsi, Beat mampu memproduksi 9,01 Nm, terpaut 0,39 Nm dari Scoopy atau tepatnya 9,4 Nm. Setingan ini sepertinya sengaja dibuat Honda, lantaran Scoopy punya bobot lebih berat 4-7 kg dibandingkan dengan lini Beat.

Urusan konsumsi bahan bakar, Beat diklaim mampu memperoleh angka 59 km per liter (Euro3) dan 63 km per liter (Euro2). Kedua angka itu didapatkan melalui metode ECE R40 dengan penggunaan ISS. Sedangkan pengujian tanpa ISS didapatkan 55 km per liter (Euro3) dan 57 km per liter (Euro2). Scoopy sendiri konsumsi bahan bakarnya 59 km per liter (Euro3) dan 61,9 km per liter (Euro2). Keduanya merupakan hasil dari pengujian menggunakan metode yang sama dengan Beat dan ISS aktif. Keduanya hampir sama dalam efisiensi bahan bakar.

Itu dia sedikit ulasan mengenai perbedaan Honda beat dan Scoopy, semoga bisa menambah referensi kamu pada saat menentukan motor baru kamu nanti, Sampai juma diartikel selanjutnya.

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html