Sabtu, 21 Desember 2019

Pembalap Binaan ART Kalimantan Siap Tampil di PON Papua

Kalimantan Barat tidak pernah henti-hentinya melahirkan bibit-bibit muda pembalap profesional. Kali ini kabar baik datang dari Azi Firdaus, seorang pembalap muda Kalbar, yang membela Astra Motor Racing Team (ART) Kalimantan, dirinya mengaku siap untuk tampil pada ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020.

Mengenal lebih dekat sosok Azi Firdaus

Azi Firdaus adalah pembalap kelahiran Pontianak yang lahir pada tanggal 30 Januari 2004. Anak muda berbakat ini memulai membalap secara profesional bersama ART Kalimantan pada musim 2019. Ia tampil penuh pada Kejurnas Motoprix Region C Kalimantan dan Honda Dream Cup (HDC).

Performanya yang teebilang sangat berkesan dengan berhasil meraih gelar Juara Kelas Rookie Region C. Sementara di HDC ia adalah juara di kelas yang sama. Dengan raihan tersebut, maka Azi diutus oleh Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar untuk mewakilkan Kalbar pada ajang Pra-PON 2019 Cabor Balap Motor.


“Pada saat sekarang ini masih jeda kejuaraan, namun saya dan rekan-rekan ART Kalimantan, tetap terus berlatih, terutama untuk menjaga kebugaran fisik,” ujarnya.

Azi Firdaus, yang masih duduk dibangku salah satu SMP Negeri di Kota Pontianak ini, sangat optimis nantinya ia akan mampu mengeluarkan performa terbaiknya pada gelaran PON XX Papua, yang direncakan akan berlangsung pada 9-21 September 2020. Lewat pengalaman balapnya di Kejurnas MP Region C dan 3 seri HDC, dua region dan satu final, menjadi salah satu andalannya.

“Tim dan rekan-rekan sangat mendukung. Demikian pula dengan Pengprov IMI Kalbar. Semoga musim 2020 dapat berjalan dengan baik, sehingga saat PON, adalah puncak performa saya,” tuturnya.

Tidak hanya Azi Firdaus, terdapat pula nama lain yakni pembalap senior Kalbar, M Zaki Fuadi yang juga berhasil lolos dalam kualifikasi Pra-PON di Sirkuit Sentul Bogor, pada 12 September 2019. Zaki Fuadi akan bertarung disirkuit di nomor Beregu Kelas Usia di atas 20 Tahun dan pada Kelas Usia di atas 20 tahun Nomor Road Race Perorangan.

Tiga Pembalap ART Kalimantan lainnya juga tampil pada Pra-PON XX Tahun 2019. Pra-PON Cabor Balap Motor berlangsung di Sirkuit Sentul, Jakarta, 11-12 September 2019. Ketiganya adalah Achmad Fahri Sayidan dan Azi Firdaus, yang membela Tim Pra-PON Kalbar, serta Adieta Herianoor, yang membela Tim Pra-PON Kalsel. Fahri, Azi dan Adieta tampil di nomor kategori di bawah 20 tahun (junior).

Terpilihnya ketiga pembalap ART Kalimantan, tentu saja menjadi kebahagiaan sendiri bagi Manager ART Kalimantan, Iwan Hari Susilo. Pria yang juga menjabat sebagai manager service Astra Motor Pontianak tersebut menyatakan dengan tampilnya ketiga pembalap muda tersebut ke Pra-PON, akan semakin memotivasi. 

“Tentunya ketiga pembalap muda ART akan tampil maksimal di Pra-PON, karena membela nama baik Provinsi masing-masing,” ujar Iwan. PON Cabor Balap Motor, sesuai dengan nomor pertandingan, hanya kelas 150 cc kategori di bawah 20 tahun dan di atas 20 tahun. PB PON dan PP IMI juga telah menetapkan nomor road race dan motorcross diperlombakan pada PON XX di Provinsi Papua Tahun 2020.

Ketua Pengprov IMI Kalbar, Yuliansyah menjelaskan, para pembalap yang lolos ke PON XX merupakan mereka yang tampil di Kejurda dan Kejurnas 2019. Menurutnya tiga seri kejurda dan satu seri Kejurnas tahun ini menjadi acuan untuk melihat potensi pembalap road race Kalbar.

“Dari Kejurda Cabor Balap Motor 2019 sudah menyiapkan kelas wajib Pengprov, dengan persyaratan penggunaan motor standar mulai dari mesin dan cc yang sama, sehingga setiap pembalap akan unjuk skill dan kebolehan menunggapi kuda besi untuk ditahui siapa yang paling tercepat,” tutur Yuliansyah.

0 comments:

Posting Komentar