Selasa, 24 Desember 2019

Masjid-Masjid yang Ada Di Mekkah Sejak Zaman Nabi


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, jika membahas tentang Mekkah pasti yang ada di benak Anda adalah masjid Masjidil Haram, benar tidak ? Ya, memang Masjidil Haram adalah masjid yang sangat identik dengan Kota Mekkah. Akan tetapi , ada loh lima masjid lain nya yang berada di Kota Mekkah yang kaya akan nilai sejarah nya yang dapat Anda kunjungi pada saat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah serta beribadah shalat di sana. Penasaran  Masjid apa saja itu? Yuks kita simak ulasan yang akan di berikan oleh deguh.com:


1. Masjid Ijabah

Yang pertama yang akan kita ulik sedikit adalah Masjid Ijabah yang memiliki arti di kabulkan. Pada saat itu, Rasulullah SAW melakukan shalat di masjid ini. Letaknya ialah berada sekitar daerah Al-Mu'abadah, lembah yang tempat dari perkampungan suku Qunfudz. Daerah yang satu ini berada di sebelah kiri dari Masjid Masjidil Haram pada saat menuju ke daerah Mina, dan lokasi bekas tempat shalat Rasulullah SAW telah di bangun sebuah masjid yang bernama Masjid Ijabah. Pada saat itu Allah SWT mengabulkan doa atas permintaan Nabi Muhammad SAW pada saat ia berada di Gua Hira. Apabila telah datang malam, beliau meninggalkan tempat itu lalu menuju ke Makkah, lalu Bani Qunfudz mampir untuk dapat beristirahat dan juga melakukan shalat. Istri Rasulullah SAW menjemputnya di pertengahan jalan , yakni di Masjid Ijabah. Maka dari itu tak ada salanya jika Anda pada saat ke tanah suci Mekkah untuk mengunjungi Masjid Ijabah.

2. Masjid Jin

Yang kedua yang akan kita bahas adalah Masjid Jin yang terletak sangat dekat dengan pemakaman Ma'lah. Jarak nya adalah sekitaran kurang lebih  1 kilometer dari area Masjidil Haram. Pada masjid jin  ini, Rasulullah SAW pernah berdialog dengan bangsa jin. Masjid yang terletak sangat dekat dengan pemakaman Ma'lah di Mantiqah Al-Hajun dengan jarak sekitar 3 kilometer dari Masjidil haram . Rasulullah pernah singgahi ke masjid yang satu ini pada saat perjalanannya bersama Abdullah bin Mas'ud. Maka dari itu tak ada salanya jika Anda pada saat ke tanah suci Mekkah untuk mengunjungi Masjid Jin.

3. Masjid ar-Rayah

Yang selanjutnya yang akan kita bahas adalah Masjid Ar-Rayah, yang memiliki arti bendera. Dahulu, pada saat sebelum masjid ini berdiri , pasukan Nabi Muhammad SAW pernah menancapkan bendera pasukan Islam di Masjid ar-Rayah . Pada saat pembebasan kota Makkah , Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan Zubair bin Awam agar dapat membawa bendera atau panji ini untuk dapat bergerak ke arah Kota Makkah . Pada saat sebelum tiba Kota Makkah tepatnya berada di daerah Hujun Nabi Muhammad SAW segera  beristirahat lalu mandi kemudian menentramkan pasukannya .  Setelah itu semua selesai Rasulullah lalu naik ke unta nya seraya berdoa untuk dapat memperoleh kemenangan pembebasan kota Makkah. Letak masjid ini sekitar kurang lebih 300 meter dari Masjidil Haram. Pada saat sekarang ini masjid ini di kenal dengan nama Masjid Al-Judariyah sebab terletak di Jalan Gaza dan juga Judariyah. Nah, untuk kalangan orang Indonesia , lebih di kenal dengan nama Masjid Kucing. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab pada zaman dahulu terdapaat sebuah restoran yang berada tepat di samping masjid ini dan banyak di datangi oleh puluhan kucing. Maka dari itu tak ada salanya jika Anda pada saat ke tanah suci Mekkah untuk mengunjungi Masjid ar- Rayah


4. Masjid Khalid bin Walid

Selanjutnya adalah kita akan membahas mengenai masjid khalid bin walid yang terletak berada di Jalan Khalis bin Walid di daerah Syubaikah. Masjid ini pernah dijadikan lokasi atau tempat panji Khalid bin Walid pada saat Fathul Makkah. Rasulullah SAW telah memerintahkan kepad Khalid untuk dapt bergerak ke bawah kota Makkah yang pada saat ini bernama Rai'u rasam . Rasul memerintahkan agar tak menyerang pasukan musuhnya terlebih dahulu, apabila mereka tidak menyerang , lalu bertemulah dengan pasukan Rasulullah di Shafa. Maka dari itu tak ada salanya jika Anda pada saat ke tanah suci Mekkah untuk mengunjungi Masjid Khalid bin Walid.

5. Masjid Hamzah Bin Abdil Muthalib

Yang terakhir adalah Masjid Hamzah Bin Abdil Muthalib yang terletak di antara pertemuan dua jalan. Jalan apakah itu? Yaitu Jalan Ibrahim dan juga Jalan Hamzah, di daerah Misfalah, Makkah. Maka dari itu tak ada salanya jika Anda pada saat ke tanah suci Mekkah untuk mengunjungi Masjid Hamzah Bin Abdil Muthalib.

Sekian informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk Anda semua para pembaca.


0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html