Minggu, 29 Desember 2019

Mari Berwisata Halal Ke Rusia Dan Spanyol Yang Kaya Akan Situs Peradaban Islam


Mari Berwisata Halal Ke Rusia Dan Spanyol Yang Kaya Akan Situs Peradaban Islam. Eropa merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer yang ada di dunia ini dan paling banyak dijadikan tujuan wisata oleh berbagai macam wisatawan manca negara. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit untuk pat , Eropa yang memiliki beragam macam daya tarik yang seolah tak pernah habis dan juga selalu berhasil memberikan semacam kenangan manis bagi para pengunjungnya, termasuk dalam hal situs peradaban Islam yang sangat menarik untuk dapat di telusuri. Tak hanya cantik dan juga menarik untuk dapat di kunjungi, destinasi bernuansa Islami juga kaya dengan nilai sejarah serta religi, seperti halnya yang terdapat di Negata Rusia dan juga Spanyol.

Baca juga : Gua Hira, Gua Yang Disukai Oleh Rasulullah

Apabila Rusia terdapat di dalam daftar rencana travelling Anda, maka jangan sampai lupa untuk dapat mengunjungi beberapa tempat-tempat situs yang akan menjadi bukti dari perdaban Islam. Islam yang merupakan agama yang telah masuk ke dalam daratan Rusia sejak 1000 tahun yang lalu dan pernah mengalami sebuah kejayaan pada saat pemerintahannya dipimpin oleh Sultan Mohammed Oz Beg, Khan dari Gorden Horde, dan juga Sultan Tamirlane.


Saint Basils Cathedral adalah salah satu ikon yang berasal dari Negara Rusia yang telah unjuk gigi akankeindahan arsitektur Byzantine yang mana menyatukan kebudayaan Islam dan juga Kristen. Sekilas bangunan ini sangat tampak seperti bangunan masjid, tetapi di ujung puncaknya terdapat sebuahtanda salib. Konon dari berbagai sumber cerita, hal ini merupakan simbol dari penaklukan Kristen Orthodoks pada saat itu atas Islam. Kazan sendiri adalah basis kaum muslim dan juga belum tergabung dalam Negara Rusia. Katedral ini dibangun yaitu pada tahun 1555 hingga 1561atas perintah dari emperor Ivan the terrible untuk dapat memperingati jatuhnya Kazan. Dan, pada saat sekarang ini katedral ini menjadi simbol arsitektur tradisional di Negara Rusia.

Baca juga : Kiswah yang Berfungsi Sebagai Penutup Ka’Bah

Tempat kedua yang sangat wajib Anda kunjungi ketika berada di Negeri Beruang Merah ini ialah kota Kazan, yang merupakan salah satu kota yang tertua di Negara Rusia yang menyimpan banyak sekali cerita tentang perkembangan agama islam di Rusia. Penemuan sebuah masjid yang tergolong berusia seribu tahun lebih, telah menjadi bukti kehadiran Islam di tanah Kzan. Lokasi di temukannya reruntuhan bangunan masjid ini, kini telah berdiri sebuah masjid yang memiliki nama Qolsharif.


Masjid Qolsharif pertama kali dibangun yakni pada abad ke 16 di kota Kazan Kremlin yang lalu diluluhlantahkan oleh pasukan Rusia di bawah pimpinan dari Ivan Chetvyorty yaitu pada tahun 1552. Dan di buka kembali pada tanggal 24 Juli 2005 yang menandai dalam perayaan 1.000 tahun Kazan yang ditandai dengan ribuan jemaah yang mana berkumpul untuk dapat melakukan Sholat Jum’at secara berjamaah. Bagian dalam masjid dapat menampung jama’ah sebanyak 1.500 jemaah sementara itu pada alun-alun masjid dapat menampung sebanyak sepuluh ribu jama’ah. Dan kini masjid itu telah menjadi masjid terbesar di negara Rusia dan Eropa.

Sebagai negara yang pernah dikuasai oleh Islam, menjadikan Spanyol menyimpan banyak sekali situs bernuasa islami yang sangat wajib Anda kunjungi pada saat berada disana. Terhitung  telah lebih dari tujuh abad, dari 8 M hingga 15 M, peradaban Islam pernah berakar sangat kuat di negeri ini. Bangunan yang masih berdiri sangat kokoh sebagai jejak peradaban Islam di Wilayah barat daya Eropa, masih dapat  ditelusuri hingga kini dan juga menjadi situs sejarah berharga sekaligus objek wisata di Negara Spanyol.

Baca juga : Tips Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Tanah Suci

Walaupun,sebagian dari pada peninggalan itu telah beralih fungsinya, seperti halnya The Great Mosque of Cordoba yang sekarang ini berubah menjadi sebuah Katedral, tempat beribadah dari kaum Kristen yang ada disana.  Masjid ini di bangun yakni pada masa pemerintahan Khalifah Abd al-Rahman I pada tahun 784 hingga 786 M. Dan juga pernah digunakan sebagai tempat beribah umat muslim selama kurun waktu lima tahun, yang kemudian akan beralih fungsi sebagai gereja sejak kekuasaan  Ferdinand III , raja Castile , yang mana mengambil wilayah Cordoba dengan cara pertumpahan darah dan juga pembantaian umat Muslim yaitu pada tahun 1236 .


Bukan hanya itu, Anda juga dapat melihat Medina Azahara, sebuah situs arkeologi pada abad pertengahan yang sangat bernilai sejarah tinggi. Obyek wisata yang selalu menjadi diincaran para wisatawan mancanegara ini hanyalah berjarak sekitar 13 kilometer dari kota Cordoba. Meskipun sekarang hanyalah tersisa reruntuhan dan juga puing-puingnya saja, akan tetapu situs ini masih menyisakan bangunan utama yang dapat mewakili kemegahan bangunan itu pada masa lalu. Wisatawan akan dapat menerawang ke masa silam bagaimana kemakmurannya Cordoba pada saat itu ketika Khalifah Abd Al-Rahman III pada tahun 936 membangun istana kota Medina Azahara.

Baca juga : Tahukah Anda Bahwa Ka'bah Tempat Ibadah Pertama Di Dunia?

The Great Mosque of Cordoba yang sangat cantik dan juga Medina Azahara yang megah telah menjadi dua destinasi wisata yang sangat wajib untuk Anda kunjung pada saat berada di Cordoba. Dan di wilayah Granada, Anda bisa berwisata ke Istana Alhambra yang adalah simbol puncak dari kejayaan Islam di Negara Spanyol. Istana ini berdiri sangat kokoh di bukit La Sabica, Granada, Spanyol. Ia telah menjadi saksi bisu sekaligus bukti dari sejarah kejayaan islam di Negara spanyol. Yuk Mari Berwisata Halal Ke Rusia Dan Spanyol Yang Kaya Akan Situs Peradaban Islam.


0 comments:

Posting Komentar