Minggu, 29 Desember 2019

Kegunaan Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda


Honda selalu hadir dengan berbagai pelayanan yang memuaska bagi konsumennya. Bukan hanya sering melakukan kegiatan-kegiatan yang menyentuh masyarakat, akan tetapi juga terus memberikan inovasi dan pembaharuan guna meningkatkan kualitas sepeda motor yang diproduksinya. Ssalah satu keunggula teknologi hebatnya yakni Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) menjadi keunggulan dari Astra Honda Motor (AHM) untuk motor-motor terbarunya. Fitur ACG Starter ini bisa dibilang yang menghilangkan suara keras pada saat Anda menyarter sepeda motor yang Anda miliki. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada Anda teknologi ACG Starter yang dimiliki motor Honda. Sebelum kita lebih jauh membahas teknologi ACG Starter, kami akan memberitahu terlebih dahulu keunggulan dari fitur ACG Starter ini.

Keuntungan dari Teknologi ACG Starter

  • Mengurangi getaran dan bunyi pada motor Anda saat menyalakan mesin motor.
  • Mengurangi konsumsi BBM karena terdapat sistem decompression yang mempermudah kerja piston.
  • Dapat mengisi aki secara otomatis.
  • Menjamin perawatan motor karena tidak menggunakan brus yang biasanya hanya terdapat pada dynamo biasa.

Apa itu? ACG Starter

Alternating Current Generator atau dikenal ACG Starter yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), dan starter yaitu alat untuk memulai kerja dari suatu alat atau mesin. Sehingga keduanya ini dikombinasikan menjadi ACG Starter. Teknologi ACG Starter ini pada awalnya sudah diaplikasikan pada motor keluaran Honda yaitu Honda PCX 125, namun kini teknologi ACG Starter ini dapat Anda temukan pada Honda Vario Techno 125 ISS. Pada dasarnya motor Honda ini menggunakan ACG Starter yang merupakan kombinasi dari teknologi ISS. Perbedaannya jika teknologi ISS bekerja dengan cara mematikan mesin motor dan mengurangi konsumsi BBM yang terbuang, ACG Starter ini justru bekerja untuk merawat mesin motor Anda yang mampu menyalakan mesin dengan lebih halus dan tidak berisik.



Perbedaan dengan Starter Konvensional

Berbeda dengan motor lain yang masih menggunakan sliding-gear starter-type system yang masih menggunakan cara lama dengan dynamo starter sehingga dapat menimbulkan hentakan atau suara kasar saat Anda menyalakan mesin motor.

Pada sliding gear starter-type system terdapat dua buah gir berukuran kecil dan besar yang harus bergesekan satu sama lain untuk menggerakan piston. Gesekan yang dihasilkan tersebut menghasilkan bunyi serupa yang biasanya terdengar saat Anda menyalakan mesin motor.

Perbedaan cara kerja Sistem Starter ACG dengan sistem Starter Konvensional

Pada ACG Starter terdapat beberapa komponan, diantaranya seperti flywheel, magnet flawwheel dan kumparan (startor). Cara Kerja ACG Starter bekerja saat mulai menyalakan mesin, ketika mesin dinyalakan maka arus listrik akan mengalir melalui stator yang berlaku sebagai magnet listrik atau electromagnet. Stator tersebut pada dasarnya hampir sama dengan alternator, hanya saja lebih mengandalkan mekanisme antar magnet. Cara kerja ini sudah diaplikasikan pada Honda Vario Techno 125 ISS terdapat 12 kutub magnet permanen dan 18 kumparan yang terdiri dari kutub magnet yang tidak tetap. Kumparan tersebut masih dibagi lagi menjadi 3 hall. Pada saat mesin dinyalakan, maka secara otomatis arus listrik akan langsung dialirkan ke FET Circuit yang terdapat pada Electronic Control Module (ECM) yang kemudian dibagi dengan 3 all tersebut sampai telah menjadi electromagnet.

Nah itu dia Kegunaan Teknologi ACG Starter Pada Motor Honda yang harus Anda ketahui. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya  mohon maaf. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia otomotif. Salam Satu Hati!


0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html