Sabtu, 07 Desember 2019

Cara Mudah Mengecek Nomor IMEI Pada iPhone yang Asli


Benar kata kebanyakan orang jika sekarang dunia dalam genggaman. Berbahagialah kita sekarang sebab kini sangat mudahnya kita mencari berbagai macam informasi dengan cepat dan tepat. Kemajuan teknologi yang sangat pesat terutama dalam dunia smartphone membuat berbagai macam produk terbaru yang sangat canggih.

Salah satu wujud dalam smartphone adalah IMEI. IMEI merupakan sebuah nomor yang terdiri dari 14 hingga 16 digit. IMEI digunakan sebagai tanda identitas dari sim card. Fungsi adanya IMEI pada smartphone ialah untuk melihat keaslian dan kelegalan dari smartphone. Hal semacam ini juga tidak boleh dipandang remeh oleh pengguna iPhone.


Kamu pengguna iPhone dan belum mengetahui gimana cara untuk mengetahui iPhone yang kamu miliki atau kamu ingin beli iPhone maka kamu harus tahu gimana cara mengecek iPhone yang kamu miliki ataupun yang akan kamu miliki asli atau tidak. Bayangkan saja iPhone yang kamu miliki ternyata tidak resmi dan akan terblokir, sayang bukan ? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi kepada Anda tentang cara cara cek IMEI iPhone asli berikut caranya.

Menemukan Nomor Seri IMEI Pada iPhone 

Banyak orang yang masih bingung bagaimana mengecek iPhone yang mereka miliki asli ataupun legal. Untuk melihat keaslian dari nomor IMEI atau mengecek apakah nomor IMEI tersebut telah terdaftar dalam database Kemenperin, maka kamu harus mengetahui nomor IMEI smartphone-mu terlebih dahulu. Untuk kamu yang bingung dimana bisa menemukan nomor IMEI, caranya banyak sekali mulai dari di pengaturan iPhone, perangkat fisik, pada iTunes, hingga pada box kemasan iPhone yang kamu miliki.

Pada bagian pengaturan, kamu bisa mencari menu umum dan memilih opsi mengenai atau About Phone. Carilah nomor seri IMEI pada perangkat yang kamu miliki, mungkin untuk menemukan nomor ini kamu harus menggulir ke bawah menu untuk menemukannya. Menu IMEI terdapat bersamaan dengan informasi nama perangkat dan model atau versi perangkat iPhone.

Jika kamu kesulitan pada cara yang pertama, maka ada cara lainnya yakni dengan Cara cek IMEI iPhone asli menggunakan iTunes. iTunes memang umumnya digunakan sebagai penyimpan lagu, akan tetapi faktanya kamu juga bisa melihat nomor IMEI kamu melalui iTunes. Untuk melihat IMEI dengan iTunes, kamu perlu menyambungkan terlebih dahulu perangkat iOS kamu ke komputer. Selanjutnya, buka iTunes dan temukan perangkat anda. Klik menu Ringkasan, untuk melihat seluruh informasi dari iPhone yang kamu miliki.

Pada menu Ringkasan ini kamu dapat melihat beberapa informasi diantaranya ialah kapasitas memori, nomor telepon, jenis atau versi iPhone, hingga nomor seri IMEI. Klik nomor telepon untuk menemukan IMEI iPhone kamu dan apabila kamu menggunakan iPad model seluler maka kamu dapat menemukan IMEI dengan klik pada menu Nomor Seri. Kamu bisa menyalin nomor IMEI tersebut, dengan klik edit dan pilih Salin Nomor Seri.

Menemukan IMEI Pada Setiap Jenis iPhone

Jika cara diatas tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini. Nomor IMEI pada iPhone nyatanya terletak di posisi atau lokasi yang sama. Apabila kamu tidak bisa menemukan box iPhone dan cecer entah kemana maka kamu bisa melihat nomor IMEI pada bagian perangkatnya. Untuk iPhone seri 11, XS, 8, dan 6s, nomor IMEI terdapat pada slot kartu sim pada bagian salah satu bidangnya.


Sementara itu, pada iPhone 3G, 3GS, 4S, dan iPhone 4 model GSM, nomor IMEI bisa dengan mudah ditemukan pada bagian slot kartu SIM dibagian atas dan bawah slot kartu. Untuk iPhone jenis 6, SE, 5s,5c, dan 5, nomor IMEI terdapat pada bagian belakang casing iPhone, sehingga kamu tidak perlu lagi membuka bagian belakang casing dan membuka baterai. Cara cek IMEI iPhone asli ini juga bisa kamu lakukan pada perangkat iPad dan iPod touch, nomor IMEi akan terdapat pada bagian belakang perangkat. Pada iPad model seluler, IMEi akan terletak di bawah tulisan iPad yang ada di belakang casing.

Menemukan IMEI dengan Menggunakan ID Apple

Menemukan IMEI juga dapat dilakukan dengan halaman akun Apple. Caranya adalah buka halaman akun ID Apple pada browser komputer kamu, lalu masuk dengan ID Apple yang kamu gunakan. Setelah berhasil untuk masuk, maka pilihlah menu Perangkat untuk melihat nomor Seri dan IMEI perangkat.
Apabila masih kebingungan dengan cara tersebut, maka kamu dapat melihatnya melalui ID Apple pada perangkat yang kamu miliki. Cara cek IMEI iPhone asli ini dapat dilakukan, untuk iOS dengan versi 10.3 atau versi yang lebih baru. Pada perangkat iPhone, masuk ke menu pengaturan dan pilih pengguna atau nama kamu. Pada opsi tersebut, masuk ke ID Apple dan kamu bisa melihat nomor seri dengan mengetuk nama perangkat.

Melihat Keaslian dari IMEI iPhone

Setelah pembahasan diatas, nyatanya banyak sekali cara guna menemukan nomor IMEI pada iPhone dan kamu dapat melakukan seluruh caranya untuk memastikan bahwa nomor IMEI iPhone yang kamu miliki benar adanya dan legal. FYI, dikatakan legal apabila nomor IMEI telah terdapat pada database Kemenperin dan dikatakan ilegal atau perangkat black market apabila tidak terdaftar dalam database mereka.

Cara cek IMEI iPhone asli merupakan salin atau tulis nomor IMEI sembari membuka situs Kemenperin. Terdapat kolom yang telah tersedia untuk nomor IMEI, lalu copy-kan atau isi kolom tersebut dengan nomor IMEI iPhone kamu. Selanjutnya kamu bisa mengetahui apakah iPhone yang kamu beli telah terdaftar pada Kemenperin atau tidak, jika terdapat konfirmasi bahwa nomor telah terdaftar maka bisa dikatakan bahwa iPhone kamu legal.


Pada saat sekarang ini semakin maraknya keluaran ponsel dan peminat yang banyak membuat black market dapat dikatakan masih berkembang, serta menyebar dengan luas di kalangan masyarakat. Melihat hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian terus gencar memerangi ponsel ilegal yang beredar di Indonesia, karena peredaran barang yang sering disebut ponsel black market (BM) ini telah menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 1 triliun. Maka dari itu, untuk kamu pemilik dan ingin memiliki iPhone, sudah semestinya kamu mengecek dan melihat terlebih dahulu keaslian dari iPhone yang kamu miliki.


12 komentar:

  1. saya bukan pengguna iPhone sih, tapi kadang orang-orang pada nanyain kesaya. Akhirnya menemukan artikel yang dicari di diblog ini. Terima kasih deguh.com :D

    BalasHapus
  2. Walaupun belum pakai iphone sekarang, tapi makasih ya infonya. mana tahu nanti pakai iphone kan sudah tau cek keaslian nomor iMei ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaap, semoga bermanfaat ya kang infonya.

      Hapus
  3. gawat banget emang ini kalau beli ternyata black market, nanti ada wacana diblokir kan. baru tau juga kalau bisa ngecek lewat itunes yang disambungin ke perangkat PC :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, buruan di cek mbak hp nya, jangan sampe black market.

      Hapus
  4. Walau belum punya iPhone, semoga bisa segera beli deh. Penting banget nih, harus ku share ke temen2 nihh ya berarti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga cepat punya iPhone ya mas, siap thanks mas udah mampir.

      Hapus
  5. Meskipun bukan pengguna iphone, tapi ini info penting banget, biar ntar kalau pengen punya udah bisa antisipasi legal atau ndaknya.
    Thanks kak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa harus dicek dulu kak sebelum beli biar aman dan nyaman pas dipake.

      Hapus
  6. Ahirnya aku jadi tau cara cek emai di hp sendiri. Makasih kk, sangat bermanfaat sekali tilisannya

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html