Jumat, 06 Desember 2019

Cara Cepat Berhenti Merokok dan Kembali Sehat


Selamat siang teman-teman deguh dimanapun kalian berada, apa kabar kamu diawal bulan desember ini? Semoga selalu diberikan nikmat sehat ya, Aamiin. Oh iya, 2019 sudah mau selesai apa perubahan yang sudah kamu lakukan untuk hidupmu? Sudah bisa mengelola keuangan agar tidak menjadi boros? Atau sudah melakukan pola hidup sehat?


Bicara soal hidup sehat, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan informasi untuk kamu  seputar dunia kesehatan. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya banyak dilingkungan yang menjadi seorang peokok. Di Indonesia, rokok sangat mudah untuk didapatkan bahkan usia anak-anak sudah bisa membeli rokok diberbagai tempat dan dihisapnya. Bahaya dari kebiasaan merokok sudah diketahui oleh banyak orang. Sayangnya bagi perokok aktif, hal ini diabaikan oleh mereka dan dibungkus rokok juga sudah tertera bahaya menjadi seorang perokok aktif dan perokok pasif yang terkena dampak dari asap paparan mereka.

Dampak Negatif Rokok Bagi Kesehatan Didalam Tubuh

Kecanduan rokok sangat berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya yang bisa saja masuk ke dalam tubuh. Misalnya saja kanker, jantung, stroke, hipertensi, diabetes ,gangguan kehamilan dan janin. Gimana hal ini bisa terjadi simak beberapa penjelasan mengapa rokok bisa menyebabkan penyakit yang tergolong berbahaya.

1. Kanker

Pertama adalah kanker, tahukan kamu bahwasannya lebih dari 60 bahan kimia yang terkandung didalam sebatang rokok bersifat karsinogen atau dapat menyebabkan kanker. Asap rokok nyatanya bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu pertumbuhan sel tidak normal. Banyak jenis kanker yang dapat dipicu dari kebiasan merokok, mulai dari kanker paru, kanker usus, kanker mulut, hingga kanker pita suara dikaitkan dengan kebiasaan merokok.

2. Penyakit Jantung

Penyakit selanjutnya yang dapat menjadi pemicu masalah kesehatan dari rokok adalah penyakit jantung. Sebagian besar pasien penyakit jantung koroner atau yang pernah terkena serangan jantung adalah seorang perokok. Sebatang rokok nyatanya mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan kerusakan struktur otot jantung dan juga pembuluh darah jantung. Kandungan nikotin pada rokok menjadi penyebab utama terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.


3. Stroke

Bukan hanya menjadi pemicu kanker dan serangan jantung. Menjadi seorang perokok juga bisa menyebabkan menyebabkan rusaknya pembuluh darah, termasuk di otak. Aliran darah ke otak akan menjadi terganggu akibat dari sumbatnya pembuluh darah di otak. Intinya para perokok lebih mudah terkena stroke daripada orang yang tidak merokok.

4. Hipertensi

Masalah selanjutnya yang bisa menjadi pemicu penyakit bagi seorang perokok adalah penyakit hipertensi. Kandungan zat-zat berbahaya pada rokok menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit dan keras karena penumpukan plak. Kondisi inilah yang membuat jantung harus memompa lebih exstra dan memicu hipertensi ataupun tekanan darah tinggi. Berawal dari hipertensi, nyatanya bisa menimbulkan berbagai penyakit lain jika tekanan darah sering tidak terkontrol.

5. Diabetes

Ternyata masalah diabetes juga bisa disebabkan oleh rokok yang dihisap. Asap rokok yang mengandung radikal bebas nyatanya dapat mengganggu kinerja insulin yang dihasilkan pankreas. Sedangkan, insulin dibutuhkan oleh tubuh guna mengubah glukosa menjadi energi. Tanpa insulin, gula tetap berada dalam darah yang menyebabkan gula darah tinggi. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe dua.

6. Gangguan kehamilan dan janin

Para perokok bukan hanya berasal dari kaum pria, namun bukan menjadi rahasia lagi jika banyak pula wanita yang menjadi seorang perokok aktif. Merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan seorang wanita yang sedang hamil serta berbahaya pula bagi janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang merokok atau sering terpapar asap rokok akan berdampak pada menghambatnya pertumbuhan pada sang bayi dikarenakan kandungan nikotin dapat menghalangi asupan nutrisi dan oksigen ke bayi melalui plasenta. Bukan hanya itu, ibu hamil yang menjadi seorang perokok juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lebih rendah dan gangguan penyakit lain. Selain itu, wanita perokok juga berisiko mengalami infertilitas atau ketidaksuburan.

Perubahan Fisik Pada Seorang Perokok

Seperti yang sudah disebutkan diatas, merokok nyatanya memiliki dampak negatif yang sangat amat banyak. Mulai dari kesehatan hingga bedampak pada berubahnya penampilan fisik seseorang. Mulai dari wajah, rambut, hingga kulit sekalipun akan nampak perbedaannya antara perokok aktif dan mereka yang tidak merokok. Penting bagi kamu untuk mengetahui perubahan apa saja yang terjadi pada seseorang yang perokok aktif.

Patut diingat bahwa dengan semakin mudahnya mencari informasi diera sekarang ini, banyak para perokok yang mencari tahu cara berhenti merokok, dan mengetahui bahayanya, akan tetapi masih saja tidak mengemplementasikannya dikehidupan mereka. Rokok mengandung nikotin yang membuat para penikmatnya menjadi kecanduan. Bukan hanya berdampak pada kecanduan, namun dampak negatif yang nyata merugikan seseorang perokok adalah gigi menjadi kuning, rambut yang akan menjadi lebih mudah rontok hingga wajah yang berseri dan tampak lebih tua.

1. Munculnya Kantung Mata

Perubahan nyata yang terlihat dan pertama yang muncul dari seorang perokok aktif adalah susah untuk tidur dengan nyenyak. Apabila seseorang sulit untuk tidur maka akan membuat tubuh perokok menjadi lebih mudah kelelahan, dan bahkan tidak berenergi pada saat melakukan berbagai macam aktivitasnya.

Lama-kelamaan, kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan timbulnya efek samping berupa kantung mata dan lingkaran gelap di sekitar mata atau yang biasa disebut mata panda. Bukan hanya itu, parahnya lagi bahan kimia yang terkandung didalam rokok bisa merusak struktur kulit sekaligus pembuluh darah yang ada di sekitar area mata.

2. Gigi Menjadi Kuning

Masalah lain yang menghampiri seorang perokok adalah masalah gigi dan mulut. Bukan hanya bau mulut, namun parahnya rokok dapat menyebabkan kanker mulut, salah satu dampak yang paling parah. Akan tetapi, dampak yang paling mencolok dari kebiasaan merokok adalah gigi akan tampak lebih kuning dan bibir menjadi berwarna hitam. Hal ini disebabkan kandungan zat kimia yang terkandung didalam rokok akan menempel pada gigi dan mulut sehingga sisa-sisa zat kimia akan menimbulkan plak yang menempel pada gigi dan membuat gigi tampak lebih kuning serta membuat mulut tampak lebih menghitam.

3. Tampak Lebih Tua

Selain bisa membuat gigi dan mulut menjadi kuning, merokok dapat mempercepat penuaan dini pada diri seseorang. Hal ini membuat para perokok aktif umumnya terlihat sekitar 2 tahun lebih tua daripada usia aslinya. Melihat dampak tersebut, maka kamu harus segera mencari tahu dan mengimplementasikan cara berhenti merokok agar dapat pola hidup kamu menjadi lebih sehat.

Cara Cepat Dan Tepat Untuk Berhenti Merokok

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat berhenti merokok, salah satu acara untuk dapat berhenti merokok adalah stop merokok dengan olahraga secara rutin agar tubuh kembali bugar dan sehat. Stop merokok dengan olahraga menjadi salah satu cara terbaik agar kamu bisa berhenti merokok secara permanen. Bukan tanpa alasan, olahraga dapat membuat tubuh kamu kembali bugar, sehat, serta mengeluarkan racun rokok dari tubuh melalui keringat yang keluar ketika kamu berolahraga. Disaat kamu berolahraga maka kamu juga tidak sempat untuk bersantai sembari merokok. Dikatakan jika seseorang merokok dikarenakan waktu luang yang mereka miliki maka dari itu, mulailah isi waktu luangmu dengan berolahraga.

Pada saat memulai pola hidup sehat tentunya sangat sulit dan pasti diantara kamu kebingungan gimana caranya. Maka dari itu, penulis akan membagikan tipsnya untuk kamu. Caranya adalah tergolong mudah apalagi dapat kamu lakukan setiap saat. Pertama, kamu wajib membuat jadwal untuk melakukan olahraga secara rutin. Sempatkanlah waktu yang kamu miliki kurang lebih 30 menit untuk melakukan olahraga.Pada saat berolahraga, maka keinginan untuk merokok sedikit demi sedikit akan berkurang. Sehingga, jika olahraga rutin dilakukan, maka kamu pun bisa terbebas dari menghisap rokok.


Banyak jenis olahraga yang mudah dan murah untuk kamu laksanakan mulai dari jogging, bersepeda, ataupun senam yang bisa dilakukan dirumah. Demikianlah cara berhenti merokok yang bisa kamu terapkan dengan mudah dan murah. Disaat kamu berhenti merokok maka perubahan fisik akan kamu rasakan, referensi lainnya bisa kamu baca di https://www.cekaja.com/info/cara/-berhenti-merokok-dan-meningkatkan-stamina-untuk-perokok-aktif/.

Jadi, pada kesimpulannya adalah apabila kamu sayang pada dirimu maka berhentilah merokok dan bukan cuma kamu yang meraskan dampak buruk dari kebiasaan merokok, akan tetapi orang disekitarmu juka akan menjadi seorang perokok pasif. Segeralah hentikan kebiasaan merokok dan rutinlah berolahraga agar tubuhmu menjadi lebih bugar. Jangan betele-tele, segera buat jadwal olahraga rutin dan segera bebaskan diri kamu dari rokok. Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.


18 komentar:

  1. Suami saya perokok aktif dari sejak remaja, bikin sesal lihatnya karena susah berhenti. Saat saya baru melahirkan sudah minta dia berhenti tetapi masih sulit dihentikan karena tidak mau dam masih bergantung.
    Sekarang kalau saya minta dia berhenti atau mengurangi merokok, malah kena omel. Hu hu. Jatanya dia yang cari uang dn beli rokok pakai uangnya.
    Iya, saya tahu, tetapi saya khawatir pada kesehatannya.
    Olahraga untuk berhenti merokok? Doi sibuk kerja jadi kuli bangunan dan tani. Merokok baginya semacam me time.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak terimakasih sudah mampir diblog saya, memang agak susah sih mbak untuk lepas dari yang namanya rokok jikalau telah menjadi perokok aktif. Tapi mbak jangan berhenti untuk terus mengingatkan suaminya untuk berhenti merokok ya mbak.

      Hapus
  2. Satu bulan yg lalu saya pernah ngobrol dgn seorang teman pria tentang usahanya berhenti merokok. Caranya dgn mengurangi step by step asupan rokok setiap hari. Bukan dgn berhenti mendadak, tapi dgn mengurangi keinginan terlebih dahulu, sampai akhirnya benar-benar berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh bener banget tuh mbak, cara itu juga terbilang efektif.

      Hapus
  3. Berhenti merokok segera.. atau kalau tidak rokok yang akan memberhentikan umur kita... dulu saya diingatkan seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bener tuh mas kata-katanya untuk cerminan kita supaya berhenti merokok.

      Hapus
  4. Typo kak, sudah mau selesai 2019 bukan 2018 hehe.
    Semoga teman-teman perokok yang baca postingan ini bisa terbantu untuk berhenti merokok :) atau setidaknya berhenti merokok di tempat umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak typo, makasih sudah dikoreksi. Aamiin mudah-mudahan mbak, apalagi ditempat umum sangat menganggu apabila ada perokok yang merokok disembarang tempat.

      Hapus
  5. Aku juga gak suka dengan perokok mas. Asap nya bikin yang menghirup serasa sesak napas. Para perokok ini sama halnya tidak sayang pada tubuhnya sendiri, dia hanya menginginkan kepuasan sesaat saja tanpa memperhatikan resiko yang bakal menimpanya. Semoga kedepannya makin banyak yang meninggal rokok dan kembali hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mudah-mudahan mbak angka perokok aktif di Indonesia semakin berkurang. Bahaya dari rokok juga asapnya bisa membahayakan kita dalam hal ini orang yang tidak merokok (perokok pasif).

      Hapus
  6. Kalau udah akut dan adiksi memang susah banget buat ngelepas katanya ya kak, butuh pelan-pelan dan berangsur alias jangan nunggu parah dulu :), bener karena kalau stop ngerokok badan jadi gemukan, memang perlu usaha keras dalam berolahraga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, intinya niat, usaha dan tekad.

      Hapus
  7. Saya tambahkan juga, karena suami saya juga dulunya perokok, tapi Alhamdulillah, sudah setahun ini berhenti merokok.

    Caranya memang kudu pelan-pelan banget, kalau belum bisa langsung berhenti, cara pertama mengurangi jumlah rokok per harinya.

    Kedua, setelah berhasil mengurangi rokok per hari, selanjutnya jangan beli rokok lagi. Jadi, merokok kalau dikasih temen aja.

    Ketiga, mulai menolak tawaran temen, terus kalau pengen ngerokok ganti dengan permen atau makan.

    Dan itu enggak butuh waktu yang sebentar... tapi harus konsisten.

    BalasHapus
  8. Aduuuh kalau udah bicara rokok, buatku tidak ada toleransi deh
    Galak aku klo lihat orang ngerokok di ruang publik apalagi banyak anak kecil, rasanya pengen ngamuk

    Memang sih, berhenti merokik itu yang utama kesadaran dari dalam diri sendiri deh. Dan harus konsisten

    BalasHapus
  9. Rokok wmang bahaya banget buat kesehatan. Selain banyak efek buruknya seperti penyakit, ia juga menguras kantong sia-sia, kenapa sia-sia, iya mubazir aja uangnya di bakar

    BalasHapus
  10. Wahh.. terimakasih nih tips nyaa. Semoga setelah baca ini temen2 ku segera insaf deh ya wkwk

    BalasHapus
  11. Waktu taaruf dgn Suami.. aku mensyaratkan harus tidak merokok.. bukan apa apa.. ayahku termasuk yg meninggal muda. Beliau dulu merokok kretek yg brandnya angka itu loh. 2 bungkus sehari. Dan buktinya gitu deh. Jadi sakit Dan meninggal diusia muda

    BalasHapus
  12. alhamdulillah sekiataranku udah jrg yg ngrokok kak,, sneng

    tapi bbuat temen2 yg ngrokokpun aku gak pernah nglarang2,, resiko tanggung sndiri,,,

    asep jangan smpe yyyaaa kena aku,, wkkwkw

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html