Minggu, 22 Desember 2019

Bagaimana Posisi Tubuh yang Baik Ketika Berkendara Menggunakan Sepeda Motor?

Astra Motor Pontianak selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat guna pendekatan dan pengabdian diri kepada masyarakat, terutama kepada konsumen setianya. Tidak dapat dihitung lagi berapa banyak dan berapa kali tim edukasi safety riding keliling sekolah ataupun instansi untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang arti pentingnya berkendara sepeda motor dengan baik dan benar serta aman.

Banyak sekali orang-orang yang beranggapan jika berkendara dengan menggunakan sepeda motor maka badan kita harus bisa lebih berkonsentrasi menyeimbangkan kendaraan. Belum lagi dipenghujung tahun seperti sekarang ini cuaca yang terkadang berubah, membuat setiap pengendara motor harus lebih waspada, seperti menyiapkan jas hujan dan perlengkapan lainnya. Sebenarnya terdapat beberapa cara agar kita bisa lebih tahan lama di atas sepeda motor. Salah satunya adalah dengan posisi tubuh yang benar.


Mengendarai sepeda motor sebenarnya memiliki posisi tubuh yang ideal. Dengan posisi tubuh yang terbaik ini maka pengendara akan lebih terhindar dari kelelahan yang sangat berat. Selain itu beberapa faktor lainnya adalah bahwa posisi tubuh yang ideal saat mengendarai sepeda motor akan membuat kita lebih aman dan nyaman.

Berikut ini adalah posisi tubuh yang baik dan benar pada saat berkendara dengan sepeda motor versi Dony Adrian, selaku instruktur safety riding Astra Motor Pontianak :

1. Posisi Tubuh Tegak Dan Rileks

Posisi yang baik bagi seorang pengendara sepeda motor adalah posisi yang tegak dan rileks. Dengan posisi yang tegak dan juga rileks maka pengendara juga tidak mudah capek. Bayangkan jika Anda berkendara dalam posisi membungkuk, tentu akan membuat Anda menjadi lebih capek. Nah posisi tubuh tegak ini bisa menghindari kelelahan saat berkendara dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Selain itu, posisi tubuh yang tegak juga akan lebih mudah menyeimbangkan kendaraan sepeda motor Anda. Anda juga akan lebih mudah membelokkan dan juga bermanuver dengan posisi tubuh yang tegak.

2. Posisi Lengan Jangan Terlalu Lurus

Posisi baik berkendara yang kedua adalah posisi lengan jangan terlalu lurus, ini adalah posisi saat Anda memegang stang motor. Harus ada jarak saat Anda memegang stang motor sehingga siku bisa di tekukan. Jika tangan terlalu lurus dan tidak ada tekukan di siku, kondisi tangan kita akan sangat lelah, terlebih saat melakukan pengereman dan juga jika menggunakan sepeda motor dengan kopling. Dengan posisi tangan ada tekukan di siku tentunya posisi kita menjadi lebih nyaman sehingga badan kita tidak mudah lelah.

3. Gunakan Semua Jari Untuk Menggenggam Tuas Stang

Gunakan semua jari untuk menggenaggam tuas stang, jangan pernah menggunakan jari kurang dari 4 jari karena akan membuat Anda tidak nyaman dalam berkendara. Selain itu penggunaan empat jari ini berfungsi sebagai salah satu standar keamanan dalam berkendara. Dengan menggunakan empat jari pada stang di tuas gas, kesalahan pada saat pengereman akan sangat jarang terjadi.  Pengereman dengan 4 jari ini juga adalah pengereman yang sudah banyak diajarkan pada acara event safety riding yang sering dilakukan.

4. Posisi Lutut Rapat Ke Arah Depan

Posisi lainnya ini sangatlah penting untuk diperhatikan, yaitu posisi lutut ke arah depan dengan posisi rapat. Posisi seperti ini sangat baik untuk melindungi badan kita saat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Selain itu posisi lutut yang rapat dan juga memudahkan Anda dalam menyeimbangkan sepeda motor. Posisi ini juga merupakan posisi standar keselamatan terbaik yang merupakan bagian materi dari safety riding.

5. Posisi Duduk Yang Nyaman

Agar Anda tidak merasa cepat lelah, tentunya Anda harus menerapkan posisi duduk yang pas. Cari posisi duduk yang nyaman. Jika kita merasa nyaman kita akan lebih mudah untuk menyeimbangkan posisi sepeda motor.

Demikian informasi yang dapat deguh sampaikan mengenai posisi tubuh yang baik dan benar serta nyaman pada saat berkendara menggunakan sepeda Motor. Semoga informasi  ini bermanfaat bagi Anda.

0 comments:

Posting Komentar