Kamis, 31 Oktober 2019

Millenial Suka Promo, Ya Pembayaran Standar QR Solusinya


Tidak dapat dipungkiri bahwasannya kini semakin majunya teknologi yang ada didunia membuat kita dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Memang tepat bahwasannya kata orang-orang jika “Dunia dalam genggaman” . Kini, kita bisa mencari berbagai macam informasi lewat smartphone yang kita miliki. Bukan hanya mencari berbagai informasi terkini lewat telphone pintar, tapi kini jikalau lagi malas keluar rumah untuk membeli makanan maka sudah banyak jasa ojek online yang memudahkan kita untuk melakukan sesuatu termasuk pula membeli makanan disaat perut sedang keroncongan.

Tidak berhenti pada itu saja, kini untuk belanja keperluan sehari-hari bisa melalui online, betapa majunya teknologi sekarang yang memudahkan kita semua. Bukan hanya belanja yang berbasis online, akan tetapi sistem pembayarannya juga bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone yang dimiliki. Kini tentu saja kita tidak asing lagi dengan yang namanya e-wallet.


Kini semakin maraknya dan sangat mudah untuk ditemui terutama di negara kita Indonesia bahwasannya pada saat ini banyak sekali bermunculan layanan keuangan berbasis digital yang dikenal dengan e-wallet. Dengan layanan ini kita bisa melakukan berbagai macam transaksi dengan saldo yang kita miliki di e-wallet tersebut.

Di Indonesia bisa dikatakan bahwas penggunalayanan ini sangat banyak. Hal ini dikarenakan layanan e-wallet sangat praktis untuk digunakan terutma pada usia produktif. Dengan menggunakan layanan ini kita tidak perlu lagi repor-repot menyiapkan uang tunai pada saat bertransaksi. Pada saat kita ketinggalan dompet maka tidak perlu lagi pulang kerumah untuk mengambilnya, hanya saja cukup melakukan pembayaran melalui e-wallet maka pembayaran telah bisa diselesaikan. Sementara itu keuntungan dari penjual adalah mereka tidak perlu lagi repot-repot menyediakan uang kembalian pada saat transaksi dilakukan sebab pembayaran pastinya dilakukan dengan nominal yang telah sesuai dengan transaksi penjualan dan pembelian.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui tentang QR Payment. QR Payment adalah sebuah alat ataupun cara pembayaran praktis terbaru yang saat ini sedang banyak digunakan oleh hampir semua orang yang ada di dunia. Alasannya tentunya sangat beragam, sistem pembayaran yang menggunakan Barcode. Dengan menggunakan sistem pembayaran praktis ini, maka para konsumen hanya perlu membawa smartphone pada saat melakukan transaksi. Terdapat beberapa keuntungan jika kaum Millenial melakukan pembayaran lewat QR :

1. Sangat Praktis dan Efisien

Sebelumnya juga saya bahas secara rinci bahwasannya penggunaan pembayaran lewat QR, sangat praktis dan efesien sebab pembayaran melalui QR bukan hanya bisa digunakan untuk pembayaran membeli makan ataupun pesan ojek online. Akan tetapi juga bisa untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, air, internet bahkan sampai untuk membayar BPJS Kesehatan dan beli pulsa. Kini, tidak perlu lagi repot-repot mencari ATM untuk menarik uang atau kini tak perlu lagi repot-repot ke kantor agen pembayaran PLN hanya untuk bayar listrik sebab kini semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi e-wallet saja.

2. Jauh Lebih Aman

Bukan menjadi rahasia umum lagi jiakalau kehilangan dompet merupakan nasib sial yang sedang menimpa. Hilang dompet artinya hilang juga SIM, KTP, ATM, kartu kredit dan pastinya uang. Akan tetapi, jika smartphone kamu yang hilang, maka saldo e-wallet kamu belum tentu ikut ilang. Hal ini disebabkan hampir seluruh aplikasi e-wallet dengan menggunakan QR Payment selalu mengharuskan pemiliknya untuk mengetik PIN transaksi terlebih dahulu setiap akan melakukan pembayaran ataupun pada saat membuka aplikasi. Jikalaupun smartphone yang kamu miliki hilang, maka kamu bisa langsung mengunduh lagi aplikasinya di hp yang lain untuk log out aplikasi pada hp lama. Atau kamu bisa mengunduh aplikasi khusus untuk mengunci aplikasi dompet digital kamu.

3. Top Up Saldo Sangat Mudah

Selain isi saldo dari mobile banking atau ATM. Kebanyakan e-wallet juga bisa top up saldo di gerai-gerai offline seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart dan masih banyak lagi. Ini membuktikan bahwa punya e-wallet tidak harus punya rekening bank dulu, dan semuanya bisa menggunakan aplikasi dompet digital asal mengerti aturan dan cara pakainya.

4. Banyak Promo dan Diskon

Bukan hanya hanya kartu kredit saja yang dapat memanjakan nasabahnya dengan berbagai tawaran reward dan diskon. Aplikasi e-wallet juga bisa memberikan hal yang sama untuk para penggunananya. Mulai dari point reward seperti OVO, cashback besar-besaran seperti Go-Pay, Buy 1 Get 1 tiket nonton seperti Dana dan masih banyak lagi.


Nah itu dia beberapa ringkasan menarik untuk kamu yang penasaran tentang e-walllet dan juga keuntungan e-walllet . Perlu diingat bahwasannya kemudahan yang sekarang banyak teknologi pembayaran tawarkan terkandang bisa membuat kita menjadi terlena dan akhirnya akan menjadi boros. Maka dari itu, cukup manfaatkan teknologi seperti e-wallet dan QR Payment untuk membuat kegiatan transaksi pembayaran menjadi lebih cepat dan keuangan menjadi lebih mudah diatur dan diawasi.

QR Code Indonesia Standard (QRIS)

Kini pastinya kita pernah mendengar QR Code Indonesia Standard (QRIS), nah apa sih yang dimaksud dengan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Bank Indonesia (BI) merilis standar untuk penggunaan QR Code di Indonesia atau QR Code Indonesia Standard (QRIS) pada bulan Agustus 2018 lalu. Implementasi QRIS ini dibuat dalam skala nasional akan mulai berlaku secara efektif pada 1 Januari 2020 mendatang. QR Code Standar Indonesia ini berfungsi agar satu kode bisa dipakai melalui layanan pembayaran yang berbeda. Misalnya, satu kode di satu penjual merchant bisa di-scan untuk membayar menggunakan Dana atau Ovo.

Standarisasi untuk QR Code ini dibuat dengan tujuan mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM dan tentunya mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Melalui keterangan resminya, Bank Indonesia menyatakan akan fokus terlebih dahulu untuk menerapkan standarisasi ini pada QR Code untuk pembayaran, seperti misalnya pembayaran lewat Go-Pay atau Ovo yang kini sudah banyak digunakan. Nantinya jika standarisasi QR Code ini sudah diimplementasikan dengan baik oleh para penjual yang menyediakan layanan pembayaran lewat QR Code, hanya cukup memiliki satu model QR Code saja. Kemudian bisa digunakan oleh lebih dari satu operator pembayaran. Karena saat ini ada sekitar 12 perusahaan yang telah mendapatkan izin Bank Indonesia untuk menerapkan sistem pembayaran berbasis QR Code.

FesKaBi (Festival Edukasi Bank Indonesia) 2019

Masih penasaran sistem pembayaran QR Code Indonesia Standard? Maka kamu tidak usah sedih sebab kamu dapat mengikuti event seru dan menarik di FesKaBi atau Festival Edukasi Bank Indonesia 2019. Pastinya di acara ini banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik seperti Talk Show bersama pakar-pakar ekonomi digital, Workshop, Pameran UMKM, Special Performance dan berbagai lomba menarik lainnya. Yuk tunggu apalagi segera hadir, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi https://site.medcom.id/feskabi/ bersama kita ikut #feskabi2019 dan ayo dukung serta sukseskan #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar #majukanekonomiyuk


18 komentar:

  1. Aduduh makin enak aja nih buat dapetin cashback atau promo lewat QRIS. Aku penasaran banget sama Feskabi namun nggak mampir kampusku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, cashback dan promonya sangat banyak, untung banget pastinya untuk kita sebagai mahasiswa.

      Hapus
  2. Kalau soal cari cash back atau promo tentu aku jagonya 😆 Btw, pake QR emang bikin hidup lebih praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa benar sekali mbak sangat praktis dan sangat mudah untuk digunakan

      Hapus
  3. saya suka promo, apalagi kalau bayarnya pake dompet digital yang cukup scan QR foila belanjaan kita sudah terbayar asik banget dong ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, aku juga suka promo apalagi e-wallet sangat sering ngadain promo ataupun cashback.

      Hapus
  4. Mahluk mana si yg gak suka yg namanya promo dan cashback?

    Mantap deh. Semakin hari semakin di mudahkan aja nih aktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap semuanya suka promo ya mbak hahaha

      Hapus
  5. saya paling suka ada pake QR daripada pake kartu karena perbedaannya sangat signifikan dari segi kemudahan dan keamanan juga bagus pake QR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mas. Pembayaran menggunakan QR sangat banyak keunggulannya dan memudahkan pastinya.

      Hapus
  6. ternyata penggunaan QR Code semakin banyak keuntungannya ya,, apalagi dengan adanya QRIS ini sangat memudahkan pembeli dan penjual. Omset penjualan pun bisa semakin meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, bukan hanya konsumen yang dimudahkan dan mendapatkan keuntungan dari sistem pembayaran ini. Akan tetapi para penjual juga memperoleh banyak sekali keuntungan dengan adanya QRIS.

      Hapus
  7. Skrang smuanya serba praktis ya kak.. QR jga salah satu hal yg praktis sbg sistem pembayaran di era millenial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar benget mbak, kini dengan diiringinya kemajuan dibidang teknologi maka kita sudah sepatutunya memanfaatkannya. Ya dengan kemajuan teknologi sudah selumrahnya membantu dan memudahkan aktivitas manusia.

      Hapus
  8. Kapan kapan mau coba pake QR ah, praktis banget gak bikin ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dicoba mbakk, banyak banget keuntungan dan kemudahannya.

      Hapus
  9. Aku emang ngerasa kalo pakai QR ini jadi lebih gampang pembayarannya, soalnya tinggal scan doang gitu loh, gak perlu ribet gesek kartu segala macam. Cepet banget rasanya kalau pake QR ini, mana sekarang e-wallet udah banyak dan diskon juga bertebaran

    BalasHapus
  10. Wahhh semua serba mudah yaa sekarang, jadi terbantu juga sih

    BalasHapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html