Minggu, 29 September 2019

Ratusan Driver Gojek Ikut Edukasi Safety Riding


Astra Motor Pontianak tidak pernah lelah untuk terus-menerus mengampanyekan dan memberikan edukasi safety riding kepada seluruh lapisan masyarakat. Edukasi safety riding merupakan pemberian informasi teori dan praktek tentang bagaimana berkendara yang baik dan benar serta mengedepankan keselematan pada saat berkendara. Edukasi safety riding yang diselenggarakan oleh Astra Motor Pontianak sangat sering diselenggarakan di sekolah-sekolah dan Instansi Pemerintah. Kemarin (28/09), ada yang berbeda sebab Tim Edukasi Safety Riding memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada para driver GOJEK .

Sumber foto : instagram @honda_kalbar

Tidak dapat dipungkiri bahwasannya para driver GOJEK pada setiap harinya selalu menggunakan sepeda motor, hal ini dikarenakan senjata atau peralatan yang mereka perlukan untuk mencari uang ialah sepeda motor. Dengan melihat hal ini, Astra Motor Pontianak mengadakan edukasi safety riding untuk para driver GOJEK bertujuan agar para driver ojek online ini mengetahui tata cara berkendara yang baik dan benar supaya selamat sampai tujuan pada saat bekerja. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Honda untuk dapat menyebarkan etika dalam berkendara yang baik dan benar serta aman kepada seluruh lapisan masyarakat  yang ada di Kalimantan Barat.

Sumber foto : instagram @honda_kalbar

Dulu memang benar bahwa masyarakat lebih suka menggunakan transportasi umum, namun sekarang masyarakat perlahan berpindah menggunakan kendaraan praktis nan murah, salahsatunya menggunakan ojek online. Dony Adrian, selaku Instruktur Safety Riding, mengatakan bahwasannya Team Safety Riding nyatanya sangat rutin menggelar agenda edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalimantan Barat. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan untuk para pelajar, komunitas sepeda motor Honda, dan para karyawan serta seluruh lapisan masyarakat. Tujuan dari edukasi safety riding ini ialah memberikan pengetahuan teori dan praktek dilapangan mengenai teknik dasar mengendarai sepeda motor yang benar. Bukan hanya memberikan edukasi mengenai teori dan praktek, akan tetapi pihaknya juga mengajarkan kepada para peserta edukasi untuk patuh terhadap undang-undang lalu-lintas beserta etika berkendara," ujar Dony.

Dony Adrian, menambahkan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan

Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah faktor kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita harus memastikan apakah kendaraan yang kita gunakan sudah sangat aman untuk digunakan.  Rutinlah mengganti oli kendaraan yang Anda miliki, mengecek tali gas, mengecek tali dan minyam rem dan service kendaraan yang Anda miliki secara berkala. Jangan lupa juga taati peraturan misalnya saja selalu menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca

Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

Sumber foto : instagram @honda_kalbar

3. Faktor manusia

Ketiga ialah faktor manusia, faktanya menjadi penyebab tingginya faktor kecelakaan di jalan raya ialah faktor manusia. Banyak sekali para pengendara yang tidak memperhatikan hal-hal wajib yang harus dikenakan pada saat berkendara. Hal ini meliputi menggunakan helm berstandar SNI,  menggunakan jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara.

Sumber foto : instagram @honda_kalbar

Dengan kegiatan edukasi safety riding yang diperuntukkan untuk driver GOJEK, Astra Motor sangat berharap kepada driver GOJEK untuk mengedepankan safety riding pada ssat berkendara sebab keluarga mereka tentunya telah menanti mereka dirumah seusai mereka bekerja.

0 comments:

Posting Komentar