Selasa, 13 Agustus 2019

Sweet Seventeen AHM Best Student


Jakarta - Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) memasuki tahun pelaksanaannya yang ke-17 tahun ini. Layaknya remaja yang mulai menginjak usia dewasa, kegiatan AHMBS yang digulirkan dari tahun ke tahun semakin berkembang untuk mendorong peningkatan kualitas generasi muda agar siap berkarya di tengah masyarakat. AHMBS bertransformasi sesuai perkembangan zaman untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman yang relevan bagi siswa setingkat SMA dari seluruh Indonesia.

Pada tahun 2003, PT Astra Honda Motor (AHM) melahirkan AHMBS pertamakalinya. Bekerjasama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia, AHM menyeleksi siswa-siswi terbaik berdasarkan nilai akademik untuk berkumpul di Jakarta. Peserta mendapatkan kesempatan mengenal lebih jauh industri dan teknologi sepeda motor, serta pengalaman untuk mengembangkan diri.


Mulai tahun 2006, AHMBS berkembang menjadi ajang yang mengajak siswa mengasah kreatifitasnya dalam bentuk kompetisi karya tulis nasional. Tema yang dilombakan pun beragam, sesuai dengan tren yang sedang ada di masing-masing periode waktu. Tema berkembang dinamis dari science innovation, lingkungan, dan kesehatan.  Pada tahun 2009, tema berfokus pada tema keselamatan berkendara. Selanjutnya pada tahun 2012, tema menjadi lebih beragam yaitu keselamatan berkendara dan 4 pilar program CSR (Corporate Social Responsibilty) AHM yaitu lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Dari tahun ke tahun, AHMBS tetap menjaga benang merahnya sebagai program pemberdayaan potensi anak muda atau youth empowerment untuk mendorong kemajuan generasi muda sesuai tuntutan zamannya.  Oleh karena itu, seiring dengan tuntutan perkembangan era milenial yang semakin membutuhkan entrepreneurs, AHMBS mulai melirik tema yang relevan dengan kebutuhan tersebut.



Dengan spirit era milenial yang disruptif, dinamis, dan menuntut banyak kreatifitas, AHMBS mulai mengangkat tema entrepreneurship sejak tahun 2016. Dengan konsep yang matang, AHM dan main dealer menjaring para pengusaha muda terbaik untuk saling berbagi dan berkompetisi di Jakarta. Tema ini menjadi unik sekaligus menantang karena untuk pertama kalinya di Indonesia, peserta setingkat SMA bersaing sehat melalui produk bisnis yang telah mereka jalani, bukan hanya pada tingkat konsep dan ide.

Kompetisi ini semakin menarik dengan menggunakan pendekatan kekinian yaitu sosial media dan video pendek. Para peserta ditantang membuat video iklan kreatifnya dan disebarkan melalui media sosial @sahabat1hati (Instagram, Facebook, dan Twitter).

AHMBS juga konsisten memperkaya pengetahuan dan memotivasi siswa dengan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Tercatat ada mantan presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie, presenter Alvin Adam, tokoh pendidikan Professor Arief Rachman, psikolog Rose Mini, pengusaha/penulis buku Iwan Setyawan, novelis Dewi Lestari, founder Kitabisa.com Alfatih Timur, social entrepreneur Nezatullah Ramadhan, hingga pengusaha/penulis buku best seller/alumni AHMBS 2004 Muhammad Assad.


Bermanfaat untuk Masyarakat

AHMBS diwarnai beragam karya kreatif yang bermanfaat untuk masyarakat. Beberapa diantaranya ada karya Deddy Pratama (pemenang AHMBS 2014 asal SMA Negeri 1 Praya NTB) yaitu karya tulis kontribusi Komunitas Petarung dalam mengatasi permasalahan penataan ruang di Kabupaten Lombok Tengah, dan Maria Ulfah (pemenang AHMBS 2015 asal SMA 10 Fajar Harapan Aceh) yaitu pengaruh penambahan gas hydrogen dan ekstrak rimpang jahe terhadap efisiensi BBM.

Ada juga Wendi (pemenang AHMBS 2016 asal SMK Negeri 1 Pangkal Pinang) yaitu Usaha Teh dan Keripik Nando (nangko belando/sirsak), Imron (pemenang AHMBS 2017 asal SMK Negeri 2 Koba) yaitu Usaha Junjung Lada Nano Partikel sebagai media tanam lada ramah lingkungan, dan Azizatus Sakdiyah (Pemenang AHMBS 2018 asal SMK Turen Malang) yaitu Usaha Dwizal Lampion yang memanfaatkan limbah kaca menjadi ornament lampu hias.


GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan bahwa layaknya usia remaja, AHMBS sedang dalam puncak energinya. Dengan energi inilah AHMBS berupaya mendapatkan siswa-siswi terbaik dari penjuru nusantara untuk ditempa menjadi generasi unggulan.

"AHMBS akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman dan tantangan generasi muda yang berbeda di setiap masanya. Kami berharap dapat terus menemani anak-anak muda cerdas ini dalam memperkaya masa mudanya secara positif," ungkapnya.

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html