Senin, 12 Agustus 2019

Ibu Kota Harus Asri, Supaya Sang Anak Berseri


Ibu Kota Negara merupakan jantung dari suatu negara. Ibu Kota negara adalah tempat pusat dari pemerintahan suatu negara. Ibu kota Negara adalah kawasan pusat perekonomian dan tempat tinggal para pejabat negara. Ibu kota ialah tempat pusat dari urusan administrasi suatu negara dan juga menjadi cerminan suatu negara.

Banyak pertimbangan dan alasan yang menjadikan suatu daerah menjadi Ibu Kota negara. Misalnya saja suatu kota yang berada di tengah-tengah suatu negara dan mudah dijangkau dari beberapa kota lainnya. Alasan lainnya adalah lokasi yang terbilang strategis dan aman serta mudah dijangkau, juga menjadi pertimbangan lainnya yang menjadikan suatu daerah menjadi Ibu Kota suatu negara.

Ibu Kota Negara Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari kurang lebih 17.504 pulau-pulau dan dengan total luas wilayah darat hingga mencapai 1.919.000 kilometer persegi. Ibu Kota Negara Indonesia adalah DKI Jakarta. Jakarta yang memiliki luas wilayah sebesar 664.01 km2 dengan kepadatan penduduk sebanyak 9.992.842 jiwa menjadikan Jakarta menempati urutan pertama sebagai kota dengan kepadatan penduduk yang paling tinggi. Jakarta juga selalu memiliki daya tarik untuk ratusan ribu orang datang ke Jakarta untuk menggantungkan nasib untuk kehidupan mereka yang kebih baik lagi kedepannya.

Masih Layakkah Jakarta Menjadi Ibu Kota?

Apakah DKI Jakarta masih dapat dikatakan layak menjadi Ibu Kota Negara? Bisa dibilang bahwasannya kini, DKI Jakarta tidak dapat dikatakan benar-benar layak menjadi ibu kota. Hal ini dikarenakan banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi di Jakarta. Misalnya saja masalah kemacetan. Kemacetan memang masih menjadi permasalahan kota Jakarta yang hingga saat ini masih sulit untuk dicari solusinya.

Permasalahan lainnya adalah banjir. Banjir di Jakarta menjadi agenda tahunan yang selalu saja terjadi. Permasalahan banjir tampaknya bukan hal yang sederhana di Jakarta . Hal ini tentunya disebabkan oleh sistem pengairan di Jakarta yang tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Hal lain juga disebabkan oleh Jakarta yang semakin amblas dan permukaan tanah yang semakin turun dengan kecepatan 1-12 cm/tahun secara variatif di berbagai daerah. Hal ini disebabkan oleh pembangunan infrastruktur berat seperti jalan, gedung, rumah, dan jembatan.

Kepadatan penduduk juga menjadi sebuah alasan yang menjadikan Jakarta tak layak lagi menjadi ibu kota.  Jakarta menjadi tidak nyaman untuk ditinggali dan kualitas air yang semakin memburuk. Jakarta tak dapat dielakan lagi dari pencemaran lingkungan baik tanah, air maupun udara.

Haruskan Ibu Kota Pindah dari Jakarta?

Beberapa negara pernah melakukan pemindahan ibu kota negara dan sebenarnya Indonesia dapat mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukan oleh negara lain. Misalnya saja Sejong (Korea Selatan), Brasilia (Brasil), Putrajaya (Malaysia), dan Canberra (Australia). Pada dasarnya fugsi dari ibukota negara yang baru ialah sebagai simbol identitas bangsa dan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif.

Wacana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke luar pulau Jawa masih mengalami sejumlah hambatan. Banyak pihak yang khawatir dengan dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kebijakan yang telah menjadi wacana sejak zaman Presiden Ke-1 Indonesia, Soekarno. Sebenarnya masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal ini, sebab satu-satunya dampak ekonomi yang disebabkan dari pemindahan Ibu Kota hanya berefek terhadap meningkatnya inflasi. Efeknya pun relatif sangat kecil dari total inflasi tahunan. Dampak tambahan inflasi hanya sebesar 0,2 persen itu bisa dibilang tidak sebanding dengan dampak positif ekonomi yang ditimbulkan dari kebijakan pemindahan Ibu Kota.

Lokasi yang Cocok untuk Menjadi Ibu Kota Baru

Proses awal rencana pemindahan Ibu Kota akan mulai dilakukan pada tahun 2020. kemungkian Ibu Kota baru akan pindah pada 2025 atau 2030. Untuk opsi pemindahan Ibu Kota 5 tahun maka pengerjaannya menjadi lebih cepat dan otomatis kebutuhan pembiayaan akan lebih besar dari opsi kedua yakni 10 tahun.Kemungkinan besar ibu kota akan pindah ke pulau Kalimantan, sebab Kalimantan dianggap sebagai lokasi yang sangat tepat untuk dijadikan ibu kota negara. Pulau ini jauh dari daerah batas konvergen tektonik, artinya relatif aman dari ancaman gempa bumi dan juga letusan gunung berapi.

Presiden Joko Widodo telah memastikan bahwasannya ibu kota negara akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Kalimantan. Namun belum disebutkan di provinsi mana yang akan menjadi lokasi pasti ibu kota baru itu. Kandidat daerah yang akan menjadi ibu kota baru adalah Kalimatan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.  Rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan diprediksi membawa dampak positif bagi perekonomian Provinsi DKI Jakarta. Akan banyak masyarakat pindah dari Jakarta, terutama aparatur sipil negara (ASN) yang harus mengikuti pemindahan kementerian atau lembaga pusat ke ibu kota baru. Dengan demikian, ruang yang ada di Jakarta menjadi lebih lapang, hal ini yang akan menciptakan efektifitas dan efisiensi. Jikalau mobilitas penduduk DKI Jakarta menjadi tidak selaju dulu makan pemerintah DKI dapat menata ulang daerahnya menjadi lebih mudah. Pemindahan ibu kota bisa mengurangi volume kepadatan kendaraan di jalan-jalan Jakarta.

Dimanapun lokasi pemindahan ibu kota ini, sudah sepatutunya kita sebagai warga negara mengharapkan adanya dampak positif diberbagai aspek untuk kemajuan Indonesia. Masyarakat juga harus mendukung program pemindahan ibu kota ini dari pemerintah, sembari mengawasi agar sesuai tujuan dan harapan.


TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM LOMBA YANG DISELENGGARAKAN OLEH BAPPENAS DENGAN TEMA "HARAPAN UNTUK IBU KOTA BARU"

Untuk Anda yang juga mau ikutan lombanya bisa disini. Yuk follow akun Kementerian PPN/Bappenas untuk info lebih lanjut :
Web                    : Bappenasri
Instagram           : @bappenasri
Twitter                : @bappenasri
Youtube              : Bappenasri
#Bappenas #IbuKotaBaru.

10 komentar:

  1. Besar harapan saya jika ibu kota negara pindah, maka perekonomian di Indonesia menjadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar sekali mbak, banyak dampak positif apabila ibu kota negara jadi pindah daru Jakarta.

      Hapus
  2. Kalimantan memang pas dijadikan sebagai Ibu Kota Negara yg Baru. Semoga dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara ini ada dampak yg lebih baik untuk kedepannya demi kemajuan Indonesia.

    BalasHapus
  3. Akhirnya tidak lagi jawasentris, tapi kini harapan saya pembangunan di Indonesia menjadi merata dan dirasakan oleh seluruh daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya semua daerah harapannya akan merasakan pembangunan yang merata, adil dan makmur.

      Hapus
  4. Saya sangat setuju apabila ibu kota negara dipindahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mendukung program pemerintah.

      Hapus
  5. Semoga dengan adanya ibukota baru dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dan harus mbak kesejahteraan masyarakat Indonesia meningkat.

      Hapus

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html