Rabu, 17 Juli 2019

Nama Lain dari Kota Mekkah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, Mekkah adalah kota yang sangat wajib untuk Anda kunjungi ketika menjalakan ibadah umrah ataupun ibadah umrah. Di kota Mekkah terdapat pusat dari kiblat yaitu Ka’bah, yang mana seluruh para jama’ah haji dan juga umrah akan menjalankan berbagai macam rangkaian ritual ibadah di tempat tersebut. Nama Mekkah telah ada di sebutkan didalam kitab suci Al-Quran, dan juga telah Allah SWT sebutkan di dalam Al-Quran. Bukan hanya nama Mekkah, ada beberapa nama lain lagi yang mana adalah sebagai julukan dari kota Mekkah Al-Mukaromah ini. Anda penasaran? Yuks simak pembahasannya hingga tuntas:

1. Mekkah

Nama ini telah sangat terkenal, dan juga para umat muslim di dunia ini pasti telah tak asing lagi mendengan kota yang satu ini.  Sebab disinilah tempat untuk beribadah bagi para umat muslim yang segera melaksanakan ibadah haji maupun umrah untuk dapat menemukan Baitullah, dengan berhadapan langsung dengan ka’bah sebagai mana kiblat dari umat muslim.

Perlu Anda ketahui bahwasannya pemberian nama Mekkah adalah sesuai dengan firman oleh Allah SWT dalam Q.S  Al-Fath Yang artinya: “Dan Dialah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.”

Dengan adanya firman tersebut maka jelaslah bahwasannya nama Kota Mekkah itu telah ada dalam Al-Quran sejak dari zaman dahulu yang mana langsung di berikan oleh Allah SWT. Bukan hanya terdapat di dalam Q.S  Al-Fath mengenai firman Allah yang menjelaskan atas penamaan kota Mekah, namun juga terdapat dibahas di dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat ke 40.

2. Bakkah

Yang kedua adalah bukan hanya telah lama familiar dengan kota Mekah, namun Mekkah juga memiliki nama julukan yaitu Bakkah yang memiliki arti kota dengan sangat penuh keberkahan seperti halnya yang disebutkan di dalam Al-Qur’an surah Al-Imran ayat ke 96 yang memiliki arti: “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.”


Sedangkan pendapat dari Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwasannya yang dimaksudkan Bakkah idalah tempat berdirinya Baitullah, sedangkan Mekah merupakan tanah suci yang seluruhnya.

3. Al-Balad

Yang ke tigaa adalah dengan nama Al-Balad yang telah Allah SWT berikan di dalam Q.S At-tiin ayat ke 3 yang artinya “Dan demi kota (Mekah) ini yang aman.”

Nah, maksud dari ayat tersebut ialah Allah SWT telah menentukan dan juga menjamin keamanan dari kota Mekkah untuk dapat dijadikan tempat beribadah bagi umat muslim dengan seksama dan tenang, serta umat muslim bisa menjalankan setiap perintah dari Allah SWT dan menjauhi berbagai macam bentuk larangan-Nya.

Nama dari Al-Balad juga telah sesuai dengan firman Allah yang berada di dalam Surah Al-Balad ayat ke 1 dan 2 yang artinya adalah : “Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah), dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini.”

4. Ummul Qura

Keempat adalah Ummul Qura yang memiliki arti induk negeri yang mana menjadi tempat ini sebagai berkumpulnya umat muslim untuk dapat menjalankan ibadah haji dan juga ibadah umroh. Penamaan dari Ummul Qura ini telah sesuai dengan firman Allah yang terdapat di dalam Surah Al-An’am ayat ke 92 yang memiliki arti: “(Al-Quran) ialah Kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekkah) dan orang-orang yang diluar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.”

Nama-nama yang telah Allah SWT berikan untuk kota Mekah semuanya telah jelas di dalam Al-Quran dan juga masih banyak lagi nama-nama yang lainnya seperti halnya Al-Baladul Amin , Al-Qaryah, Al-Baldah, dan lain sebagainya. Semuanya itu telah menjadi kelebihan dan juga semacam keistimewaan yang Allah berikan untuk dimiliki oleh Tanah Suci Mekkah. Sekian yang dapat kami berikan semoga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda mengenai agama Islam dan juga sejarah-sejarahnya yang sebenarnya harus kita pelajari, tak luput juga kami menyarankan untuk Anda sesering mungkin membaca Al-Qur’an agar tau isi dan paham akan dari makna tersebut. Jika Anda sekarang berada di tanah suci Mekkah maka penulis sangat mendoakan supaya kembali ke tanah air dalam kondisi yang baik dan sehat tanpa ada kekurangan sedikit apapun itu, dan untuk Anda yang akan berangkat penulis selalu mendoakan keberangkatan Anda kesana dipermudah oleh Allah SWT, Aamiin..


0 comments:

Posting Komentar