Rabu, 17 Juli 2019

Edukasi Safety Riding Berlangsung di Pemkot Singkawang


Pontianak – Keselamatan berkendara adalah hal yang paling utama dan rasanya wajib untuk setiap orang sadari. Berdasarkan data saja disebutkan bahwasannya kecelakaan dijalan raya, terutama yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas adalah pengendara sepeda motor. Mengingat pentingan keselamatan mengendara, maka dari itu Astra Motor tidak pernah berhenti untuk memberikan edukasi safety riding kepada lapisan masyarakat, baik itu instansi pemerintahan, swasta, hingga ke sekolah-sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi tentang bagaimana mengendarai motor yang baik dan benar serta aman.

Kemarin, dalam rangka meningkatkan tertib berlalu lintas pengendara motor, Astra Motor Roban menggelar Edukasi Safety Riding Berkendara yang aman dengan tema “ Meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara melalui Kampanye #Cari_aman untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada Pegawai Pemerintah Kota Singkawang. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 12 Juli 2019 yang berlangsung di halaman depan Kantor Pemkot Kota Singkawang bertepatan dengan senam sehat yang diikuti oleh kurang lebih 30 Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari berbagai unit di pemerintahan Kota Singkawang.


Pada agenda kemarin, banyak sekali program yang di tawarkan dari team safety riding guna mendukung kegiatan yang kaya akan manfaat ini, diantaranya adalah Edukasi Keselamatan berkendara yang di sampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding , Dony adrian. Dony Adrian, menambahkan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan

Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah faktor kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita harus memastikan apakah kendaraan yang kita gunakan sudah sangat aman untuk digunakan.  Rutinlah mengganti oli kendaraan yang Anda miliki, mengecek tali gas, mengecek tali dan minyam rem dan service kendaraan yang Anda miliki secara berkala. Jangan lupa juga taati peraturan misalnya saja selalu menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca

Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

3. Faktor manusia

Ketiga ialah faktor manusia, faktanya menjadi penyebab tingginya faktor kecelakaan di jalan raya ialah faktor manusia. Banyak sekali para pengendara yang tidak memperhatikan hal-hal wajib yang harus dikenakan pada saat berkendara. Hal ini meliputi menggunakan helm berstandar SNI,  menggunakan jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara.


Terdapat pula berbagai macam hadiah doorprice menarik yang telah di siapkan untuk para pegawai Pemkot Singkawang bagi mereka yang beruntung . Pada akhir sesi pemaparan teori tentang cara berkendara yang baik dan benar. Para peserta di uji coba dengan menggunakan unit riding test Honda CB150R dan Matik Honda dengan melewati beberapa tantangan cone dengan jalur yang sudah disiapkan team Safety Riding Astra Motor .

Marketing Region Head Astra Motor Pontianak, Julius Armando mengatakan bahwasannya lembaga pemerintahan instansi khuhusnya Pemkot Singkawang sama-sama memiliki peranan penting dalam upaya menjaga keselamatan berkendara. Keselamatan pengendara maupun keselamatan penumpang menjadi prioritas utama yang harus diedukasi. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami sangat berharap para peserta bisa menciptakan budaya tertib berlalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada para pengendara lainnya ” ujar Julius.

“Kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Yoga salah satu peserta.

0 comments:

Posting Komentar