Jumat, 26 April 2019

Pemuda Milenial Kalbar Wajib Ikut Program SATU Indonesia Award


Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Selasa, (23/4) saya dan teman-teman Komunitas Blogger Pontianak berkesempatan hadir pada agenda acara yang diselenggarakan oleh PT. Astra International Tbk yang bertajuk bincang inspiratif 10Th SATU Indonesia Award dengan tema “Eksprsikan Karya Terbaikmu, Jadikan Inspirasi Anak Bangsa” yang berlangsung di Hotel IBIS, Pontianak.

Dalam acara kali ini, turut hadir ratusan generasi muda yang berada di Kota Pontianak dan sekitarnya, para pegiat media seperti halnya para jurnalis dan BEM yang ada di Kota Ponianak. Selain dihadiri oleh pihak manajemen Astra, turut hadir pula Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Acara dibuka oleh kata sambutan yang diberikan oleh Cito Kurnia, selaku Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra. Pak Edi Rusdi Kamtono juga memberikan kata sambutannya yakni ia menyatakan bahwa ia sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap program SATU Indonesia Award.


Dalam bincang inspiratif kali ini, diisi juga oleh pemateri selaku dewan juri, terdapat pula perwakilan dari manajeman Astra. Sedangkan dari pemerintahan Kota Pontianak diwakili oleh Ketua Kominfo Bapak Uray yang memberikan sedikit penjelasan dan pencerahan alasan mengapa anak muda Pontianak wajib untuk mengikuti agenda ini.

Bukan hanya itu, hadir pula penerima apresiasi SATU Indonesia Award pada tahun sebelumnya, yakni Franly yang juga turut mempresentasikan program yang dimiliknya pada saat mengikuti ajang ini sehingga ia memperoleh penghargaan pada ajang bergengsi ini. Program yang diangkat oleh Franly ialah berhubungan dengan perlindungan dan pengelolaan hutan yang baik dan benar yang kemudian berdampak pada banyak sektor seperti halnya memperoleh madu, kualitas air yang baik, serta terciptanya listrik yang diperoleh dari pembangkit listrik yang dikelola seutuhnya oleh masyarakat sehingga dapat menghemat tarif pengeluaran listrik.

Besarnya antusiasme dan semangat rasa penasaran para peserta bincang inspiratif tampak jelas pada saat sesi pertanyaan dibuka, berbagai macam pertanyaan terlontar dari beberapa penanya tentang sistem penilaian SATU Indonesia dan lain sebagainya. Oleh karena besarnya antusiasme peserta ini, para pemateri juga terus turut mengajak para peserta mendaftarkan dirinya atau dalam program tersebut.


Untuk kamu yang penasaran  tentang apa yang dimaksud dengan SATU Indonesia Award, jawabannya adalah Satu Indonesia Award (SIA) merupakan bentuk aspresiasi Astra yang di peruntukkan bagi anak-anak bangsa baik individu maupun kelompok yang memiliki ide yang cerdas dan berdampak bagi sesama. Sejak tahun 2010, Astra mencari para pemuda dan pemudi yang memiliki semangat yang sejalan dengan Astra yakni senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat luas di lima bidang yakni dibidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha dan Teknologi.

Jika berbicara mengenai hadiahnya, PT. Astra International Tbk akan memberikan dana bantuan atau hadiah sebesar Rp. 60 juta serta pembinaan kegiatan kepada masing-masing penerima apresiasi. Selain itu, akan ada penerima apresiasi dari setiap provinsi yang akan diberikan dana bantuan.


Pada tahun 2019 ini pelaksaaan SATU Indonesia Award telah memasuki tahun ke sembilan. SATU Indonesia Award 2019 mencari warga negara Indonesia yang berusia antara 15-35 tahun yang memiliki kegiatan bermanfaat dibidang-bidangberikut ini.
SATU Indonesia Award 2019 mencari warga negara Indonesia yang berusia antara 15-35 tahun yang memiliki kegiatan bermanfaat dibidang-bidang berikut ini:
1.       Pendidikan
2.       Lingkungan
3.       Kewirausahaan/UMKM
4.       Kesehatan
5.       Teknologi Tepat Guna/Pemanfaatan Teknologi.
6.       Serta satu kategori kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Syarat dan ketentuan kandidat penerima apresiasi SATU Indonesia Award 2019 antara lain:
1.       Berusia maksimal 35 Tahun
2.       Individu atau kelompok (minimal 3 orang)
3.       Kegiatan harus orisinal
4.       Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun
5.       Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
6.       Bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Grup

Adapun dewan juri dalam pelaksanaan SATU Indonesia Award 2019 antara lain:
1.       Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia)
2.       Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia)
3.        Prof. Fasli Jalal (Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta)
4.       Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan)
5.       Onno W. Purbo  Ph.D (Pakar Teknologi Informasi)
6.       Serta dari PT. Astra International Tbk dan Tempo Media Grup.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Yuk silahkan daftarkan diri kamu dalam program SATU Indonesia Award 2019. SALAM SATU HATI!

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html