Selasa, 26 Maret 2019

Tips dari Astra Motor Tentang Hal yang Diperhatikan Pada Saat Persiapan Touring


www.deguh.com - Tips dari Astra Motor Tentang Hal yang Diperhatikan Pada Saat Persiapan Touring. Bagi para pecinta sepeda motor, touring jadi sebuah kegiatan yang wajib dilakukan. Pada beberapa komunitas motor, touring juga jadi sebuah agenda kegiatan yang wajib. Namun untuk melakukannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persiapan touring diantaranya barang-barang yang wajib dibawa dan apa saja yang digunakan saat touring.


Touring merupakan perjalanan jarak jauh, biasanya jarak yang ditempuh minimal 500 kilometer. Untuk hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan persiapan sebelum melakukan perjalanan touring diantaranya sebagai berikut.

1. Surat kendaraan

Salah satu hal penting dalam persiapan touring adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti  Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh. Lain halnya jika melakukan touring lintas Negara terdapat beberapa surat-surat yang juga harus dipersiapkan seperti SIM Internansional, Paspor dan Carnet.

2. Apparel

Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, penggunaan apparel harus diperhatikan sedetail mungkin untuk persiapan touring seperti helm, gunakan helm dengan tipe fullface hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi cedera kepala berat saat terjadi kecelakaan. Selain itu helm juga dapat mencegah terpaan angin yang bisa saja menimbulkan berbagai penyakit dan menggangu konsentrasi pengendara. Selain helm, jaket dan celana panjang dengan proteksi juga wajib dikenakan sebagai langkah antisipasi bila terjadi kecelakaan. Selain itu ketika touring, pengendara sebaiknya menggunakan sepatu yang tingginya menutupi mata kaki.

3. Tas barang bawaan

Untuk barang bawaan sebaiknya pengendara menggunakan tas yang peruntukkanya khusus untuk sepeda motor seperti tank bag, tail bag, maupun side bag. Selain itu bisa juga gunakan box khusus sepeda motor. Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan agar tidak mengganggu keseimbangan saat bermanuver.

4. Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, kendaraan wajib dipersiapkan secara baik. Cek sepeda motor secara keseluruhan jika perlu lakukan servis pada bengkel resmi agar pemeriksaan kendaraan dilakukan secara detail dan keseluruhan.

5. Spare part

Siapkan spare part cadangan sebagai langkah antisipasi dan memudahkan pengendara saat terjadi gangguan pada sepeda motor yang digunakan. Spare part yang umumnya dibawa adalah, tali kopling, kampas rem, minyak rem, bohlam, olie, tali gas, dan beberapa baut.

6. Cek kesehatan

Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi baik, jika perlu cek kesehatan pada dokter untuk memastikan kesehatan untuk kesiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Dan hindari mengkonsumsi obat-obatan selama dalam perjalanan touring.

7. Cek Jalur Tujuan

Cek Jalur yang akan dilewati adalah hal penting dan jangan sampai terlupakan. Sebelum kita melakukan perjalanan, harus mengetahui tujuan yang kita tuju dan jalur yang akan kita lewati. Beserta beberapa opsi jalur lainnya jika jalur utama terjadi kendala dan tidak dapat dilewati. Selain itu gunakan GPS jika memang memungkinkan, sehingga memudahkan pada saat menemui persimpangan.  Pastikan GPS terpasang diholder dengan posisi  tidak menghalangi pandangan dan berfungsi dengan baik.

8. Tentukan tempat pemberhentian istirahat

Hal yang sering terlupakan oleh rider adalah tidak mempersiapkan tempat berhenti untuk beristirahat, sehingga rider sering memaksakan sampai ketempat tujuan dan melupakan istirahat ataupun menunda. Sangat berbahaya jika dibandingkan dengan meluangkan waktu beberapa saat.Riders  Disarankan 2 jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus

9. Catat nomer penting di setiap daerah

Memiliki nomer penting disetiap daerah yang dilewatit seperti polisi terdekat, rumah sakit terdekat, maupun diler motor honda terdekat adalah hal wajib. Sehingga ketika terjadi hal hal darurat yang tidak diinginkan kita dapat segera menghubungi.

Nah itu dia beberapa tips yang harus Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan jauh ataupun touring

0 comments:

Posting Komentar