Senin, 04 Maret 2019

Honda Turut Serta dalam Millenial Road Safety Festival

www.deguh.comHonda Turut Serta dalam Millenial Road Savety Festival. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya  pengguna kendaraan bermotor di Indonesia tergolong sangat tinggi terkhusus lagi di kota Pontianak. Hampir segala bentuk aktivitas masyarakat menggunakan kendaraan, terlebih lagi sepeda motor. Sepeda motor digunakan untuk membantu pergi ke kantor, pergi kuliah ataupun digunakan para jurnalis untuk terjun kelapangan guna mencari berita dan lain sebagainya. 

Pada dasarnya para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) agar bisa mengendarai kendaraan. Pada praktek dilapangan memang benar bahwa banyak masyarakat yang sudah layak umur dan telah memiliki SIM hanya saja mereka belum mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar serta aman tentunya. Kasus kecelakaan di Indonesia sangat besar kuantitasnya, hal ini dikarenakan mudahnya memiliki kendaraan dan kurangnya kesadaran diri dalam berkendara sehingga kecelakaan dapat dengan mudah menimpa siapapun. Kecelakaan yang besar ini juga di dominasi oleh jalur darat dikarenakan mobilitas bepergian yang tinggi bagi semua orang dan tentunya karena menggunakan pribadi.

Dulu memang benar bahwa masyarakat lebih suka menggunakan transportasi umum, namun sekarang masyarakat perlahan berpindah menggunakan kendaraan pribadi dan yang paling banyak digunakan masyarakat Pontianak ialah sepeda motor. Namun sayangnya, tidak semua orang miliki tingkat kesadaran dalam hal berkendara.  Semua orang memiliki potensi menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Baik itu anak muda hingga lansia, baik itu pria maupun wanita. Seiring waktu tingkat kecelakaan di Indonesia terlebih lagi diusia muda terbilang tinggi.


Oleh sebab itu, pemerintah dan kepolisian Republik Indonesia melaunchingkan sebuah program yang bernama Millenial Road Safety Festival (MRSF) diseluruh Indonesia. Program ini nyatanya bertujuan untuk mengurangi tingkat korban kecelakaan dalam berkendara yang mana hingga saat ini didominasi oleh generasi muda atau generai milenial. Honda turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan dikatakan bahwasannya dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan
Faktor pertama yang bisa menjadi faktor kecelakaan ialah kendaraan. Sudah semestinya sebelum berkendara kita memastikan apakah kendaraan kita sudah fit. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca
Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Tahukah Anda bahwa pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

3. Faktor manusia
Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI,  jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan  sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Bukan hanya sebatas memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar, akan tetapi terdapat pula Honda Exhibition, Safety Riding dan Edukasi Teknologi Honda. Semoga acara ini memberikan manfaat untuk kita semua agar tingkat kecelakaan dijalan raya semakin hari semakin berkurang.

0 comments:

Posting Komentar