Senin, 25 Maret 2019

Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community

www.deguh.com - Astra Motor Gandeng HWBC Edukasi Safety Riding For Community. Tingkat pengguna kendaraan sepeda motor di Indonesia tergolong sangat tinggi terkhusus lagi di kota Pontianak. Hampir segala bentuk aktivitas menggunakan kendaraan, terlebih lagi sepeda motor. Sepeda motor digunakan untuk membantu pergi ke kantor, pergi kuliah ataupun digunakan para jurnalis untuk terjun kelapangan guna mencari berita dan lain sebagainya. Pada dasarnya para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat harus memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) agar bisa mengendarai kendaraan. Pada praktek dilapangan memang benar bahwa banyak masyarakat yang sudah layak umur dan telah memiliki SIM hanya saja mereka belum mengetahui bagaimana cara berkendara yang baik dan benar serta aman tentunya.


Kemarin, PT Astra International tbk Honda Cabang Pontianak ( Astra Motor ) mengajak para jurnalis Kalbar mengikuti edukasi safety riding yang diperuntukan untuk perwakilan Community Honda dibawah naungan HWBC (Honda West Borneo Community) untuk mengikuti pelatihan  Safety Riding Astra Motor. Agenda edukasi kali ini berlangsung di Main Dealer Training Centre  ( MDTC ) HSO Pontianak yang dihadiri puluhan peserta dari perwakilan community Honda di Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Honda untuk dapat menyebarkan etika dalam berkendara yang baik dan benar serta aman kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kepada perwakilan komunitas sepeda motor.

Kegiatan ini merupakan program Astra Motor untuk mengurangi resiko kecelakaan di kalangan komunitas motor serta mencetak agent safety riding dari Community Honda di Kalimantan Barat. Seluruh peserta di bekali dengan berbagai macam materi untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan juga kesadaran pada saat berkendara. Untuk selanjutnya,dengan ilmu dan keterampilan ini diharapkan akan menyebarkan virus keselamatan kepada member club lainnya.


Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian mengatakan, Community mempunyai peran yang penting dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Selain peduli terhadap keselamatan sendiri, para biker juga harus peduli untuk keselamatan biker lainnya dilingkungan community. Advisor Safety Riding dari Community nanti nya akan menjadi duta Safety Riding Honda dan menjadi role model untuk bagi Community lainnya.

“Pelatihan Safety Riding merupakan salah satu langkah yang akan tetap terus kami lakukan dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan atau skill antar Community Honda dan mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita sadari bahwa faktor terbesar penyebab kecelakaan lalulintas adalah kesalahan manusia atau Human Error. ” ungkap Dony.

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan Community Honda ini tampak antusias selama mengikuti pelatihan dan kompetisi. Mulai dari pengetahuan mengenai peraturan lalulintas, praktek yang meliputi tehnik menikung, tehnik berbelok, tehnik pengereman hingga ke praktek uji keseimbangan di jalur yang sudah disiapkan.  “Ini merupakan pelatihan yang menarik, kita dapat langsung mengukur kemampuan berkendara kita dalam pelatihan ini.“ Ungkap Febri salah satu peserta kompetisi.


Dony Adrian, juga menjelaskan bahwa dalam garis besarnya terdapat tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yakni:

1.Faktor kendaraan
Sudah semestinya sebelum berkendara kita memastikan apakah kendaraan kita sudah fit. Rutinlah mengganti oli kendaraan, mengecek tali gas, mengecek tali rem dan sebagainya. Jangan lupa juga menggunakan kaca spion dan klakson yang sesuai standar agar pada saat berkendara kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Lingkungan dan cuaca
Faktor kedua yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas ialah lingkungan dan cuaca. Cuaca di Indonesia hanya ada dua yakni kemarau dan hujan. Pada saat musim hujan sangat rawan timbul kecelakaan. Hal ini disebabkan jalanan yang licin dan disaat hujan para pengendara akan memacu sepeda motor mereka dengan kecepatan yang tinggi maka dari itu sangat disarankan pada saat hujan dan jalanan licin agar berteduh sejenak agar safety tentunya.

3. Faktor manusia
Faktor manusia faktanya menjadi penyebab tinggi kecelakaan di jalan raya. Pada saat sebelum berkendara sudah sepatutnya para pekendara menggunakan helm berstandar SNI,  jaket, sarung tangan,  celana panjang , dan  sepatu serta taat peraturan berlalu lintas agar bisa menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

Jika ada pihak sekolah maupun instasi pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding maka dari itu bisa menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor:

Dony Adrian (Hp. 085249819160).

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html