Rabu, 13 Februari 2019

Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kalimantan Barat


    www.deguh.com - Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kalimantan Barat.  Aku merupakan mahasiswa yang kini sedang menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Pontianak. Aku lahir di kota sejuta pesona yakni Kota Pontianak, dengan keindahan alam berupa bentangan sungai kapuas yang membelah kota khatulistiwa. Dengan bentangan sungai yang sangat panjang serta sungai kapuas yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia membuat arus perkonomian dan mobilitas penduduk menggunakan jembatan penyeberangan. Di Pontianak, jembatan yang sangat padat dilalui oleh masyarakat dan selalu macet adalah jembatan tol kapuas satu. Jembatan ini sudah sepatutnya dibuat tambahan lagi sebab jembatan tol kapuas satu merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat.

   Selain hobi menulis, aku juga hobi jalan-jalan. Disela-sela waktu libur aktivitas perkuliahan, aku terkadang menyusuri beberapa daerah di Kalimantan Barat. Kalimantan Barat merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia, dengan berbagai macam kekayaan alam tropis yang menghiasi disetiap sudut hutan Borneo, sehingga dibalik kekayaan tersebut, sangat menarik dan wajib untuk diekspos terus menerus memperkenalkan keasrian yang ada di pulau borneo.

   Kalimantan Barat terdiri dari 14 kabupaten dan kota. Diantaranya yang pernah aku kunjungi adalah Kabupaten Sambas, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kuburaya, Kabupaten Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau. Selama aku jalan-jalan terdapat salah satu daerah yang tidak akan aku lupakan sampai kapanpun sebab susahnya medan jalan untuk mengakses kesana yakni daerah Kabupaten Landak, Kec Air Besar, Desa Sempatung Lawuk, Serimbu.

   Disini jalan sangat jauh dari kata layak, padahal objek wisata di Serimbu sangat banyak dan elok dipandang mata serta sangat baik jika dikelola dengan baik. Disini terdapat air terjun riam dait, riam mananggar, air terjun terinting dan masih banyak lagi. Masyarakat setempat juga mengeluhkan mahalnya bahan pangan dan bahan bakar minyak akibat dari susahnya jalan menuju ke pasar ataupun pusat perdagangan.

   Apa manfaat jika jalan dan jembatan di daerah serimbu diperbaiki?
   Pembangunan merupakan cara yang dilakukan oleh negara sebagai proses perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Pembangunan bertujuan guna mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Pembangunan bukan hanya dilakukan pada sektor industri pabrik saja, akan tetapi perbaikan dan pembuatan infrastrukur jalan dan jembatan merupakan organ penting dalam pembangunan. Hal ini dikarenakan akses jalan dan jembatan diperlukan untuk melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain guna kepentingan masyarakat daerah yang berada di sekitarnya.

   Dengan pembangunan infrastruktur di daerah serimbu, tentu saja akan banyak memberi manfaat yang kelak akan dirasakan oleh masyarakat sekitar diantaranya adalah memperlancar arus distribusi barang atau jasa yang berdampak pada harga barang yang tidak terlalu mengalami kesenjangan,  pemerataan pembangunan , membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sebab tentunya akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung kesana karena daerahnya yang masih asri dan indah akan air terjunnya.

Kesimpulannya?
   Pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan tentu saja akan membangun dan membuka konektivitas antar wilayah satu dan wilayah lain melalui pembangunan jalan dan jembatan guna memperluas lapangan pekerjaan, menekan angka kemiskinan, mencegah masalah kelaparan, mengurangi ketimpangan sosial , serta menciptakan kota dan komunitas yang berkelanjutan. Hal ini sangat berkaitan dengan jelas sebab dengan adanya pembangunan infrastruktur yang masyarakat butuhkan maka akan menekan arus mobilitas penduduk untuk melakukan kegiatan dagang serta secara langsung akan memperluas angka kemiskinan dan menekan angka kemiskinan.

0 comments:

Posting Komentar