Rabu, 20 Februari 2019

PCX Naga Ramaikan Perayaan Cap Go Meh


www.deguh.com - PCX Naga Ramaikan Perayaan Cap Go Meh. Honda tidak pernah lelah untuk memberikan pelayanannya kepada para konsumen. Salah satunya adalah bertepatan dengan Cap Go Meh, Astra Motor memamerkan sebuah motor PCX dengan desain naga.  Perayaan Cap Go Meh bukan hanya pertunjukan tatung, perayaan Cap Go Meh juga sangat erat dengan adanya replika naga. Tari naga atau sering disebut liong merupakan tarian yang menggunakan belasan tongkat yang terpasang di bawah perut naga tiruan.

Orang-orang mempercayai jika naga sebagai makhluk memiliki kemampuan lengkap, yakni bisa terbang di udara, bergerak di tanah, dan menyelam di laut. Mahkhluk legendaris ini juga dianggap sebagai penguasa langit. Pertunjukkan tari naga sangat populer di masa kekaisaran Tiongkok dan kini telah mendunia Warna replika naga (liong) dalam tarian ini terdiri atas warna merah, emas maupun kuning. Dalam kebudayaan Tionghoa, merah dimaknai sebagai kebahagiaan. 

Sumber foto : Instagram @honda_kalbar

Warna emas melambangkan kesuksesan dan kuning memiliki makna ketulusan. Tarian naga dimainkan secara beregu yang terdiri dari sembilan penari. Penari berbaris dengan memainkan belasan tongkat pada replika badan naga. Penari terdepan berperan sebagai pemimpin. Ia mengendalikan tarian dengan menggerakan posisi kepala naga seperti mengangkat, menyorongkan dan memutar kepala naga sesuai dengan alunan musik. Sementara penari lain kompak mengikuti gerakan itu. Gerakan para penari akan terlihat harmonis dan penonton seolah melihat naga sungguhan. Penonton juga akan tertegun saat melihat para penari menampilkan aksi yang memukau.
Sebelum naga diarak keliling kota, naga harus menjalani ritual buka mata. Ritual naga buka mata dilaksanakan pada hari ke-13 Imlek di sebuah vihata atau klenteng. Tujuan dari ritual ini sendiri yaitu untuk mengusir roh-roh jahat dan menangkal hal-hal negatif . Setelah Cap Go Meh berlangsung maka naga harus dibakar. Ritual bakar naga dipercaya sebagai sarana untuk mengirim mahluk kayangan itu ke negerinya, yaitu di langit setelah sebelumnya ia dipanggil dan merasuki replika naga, pada saat melakukan ritual buka mata. Pada 17 Februari 2019 yang lalu di Kelenteng Tridharma Bumi Raya, telah dilaksanakan ritual buka mata dengan total 12 replika naga dan terdapat replika naga yang panjangnya mencapai 105 meter yang dimiliki oleh Yayasan Borneo.

Dikarenakan makhluk dari kayangan itu sebelumnya dipanggil, maka setelah selesai Cap Go Meh, mereka juga dikirim lagi ke kayangan dengan cara replika naga tersebut dibakar. Ritual bakar naga tersebut dilakukan secara bergiliran, yakni satu persatu replika naga dari beberapa yayasan pemadam kebakaran dan kelenteng diletakkan di ruang terbuka yang telah disiapkan sebelumnya dengan posisi melingkar baru kemudian dibakar. Menurut kepercayaan warga Tionghoa, abu sisa pembakaran replika naga tersebut dipercaya bisa bermanfaat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Biasanya abu sisa pembakaran naga tersebut disimpan di tempat sembahyang dengan harapan bisa mendatangkan kebajikan dan menolak keburukan.

Untuk memeriahkan Cap Go Meh, Astra Motor menghadirkan sebuah motor Pcx Naga, motor ini sama seperti motor PCX pada umumnya yang mengusung  mesin dengan generasi terbaru 150cc, eSP dan memiliki konsumsi bahan bakar 45 Km/liter berdasarkan metode pengetesan ECE R40 standar Euro 3 dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS). Pada fitur fungsional, All new Honda PCX memiliki kapasitas daya tangki bahan bakar minyak sebesar 8 liter dan terdapat fitur praktis berupa tombol pembuka tangki dan jok yang terintegrasi dengan kunci kontak.

0 comments:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html